Cara memperbaiki (cosmos / penanak nasi ) tidak bisa ke warm

Assallamualaikum, wr. Wb

1. Pendahuluan

Halo sahabat teknik maintenance workshop , apa kabar mas brother ?! hari ini saya ingin menjelaskan  tentang cara memperbaiki rice cooker / penanak nasi yang nasinya gosong , dimana cosmos atau penanak nasi yang rusak menyebabkan nasi gosong. Apa penyebabnya pada cosmos, yang membuat  nasi tersebut  hangus dan gosong simak ulasan artikelnya berikut ini.


2. Dasar Teori



Cara mengatasi cosmos yang tidak bisa ke mode warm

Pada dasarnya cosmos atau rice cooker adalah suatu alat rumah tangga yang digunakan untuk menanak nasi. Dari yang berbentuk beras menjadi nasi yang pulen, dimana pada cosmos ( penanak nasi) terdapat 2 buah  elemen, dengan spesifikasi arus listrik yang digunakan yakni 220VAC.

Pada cosmos juga terdapat saklar switch (limit switch)  kontak NO dan NC, dimana fungsi saklar switch (limit switch)  pada cosmos ini sebagai pemindahan mode cook ke warm dengan kata lain merubah beras menjadi bentuk nasi dengan thermal pada elemen cosmos tersebut, berikut penampakan saklar switch (limit switch)  cosmos :

Cosmos, magic com, penanak nasi, rice cooker.
Saklar switch atau limit switch cosmos / penanak nasi

Pada gambar diatas adalah bentuk saklar dimana pada saklar inilah yang akan memindahkan mode warm (pemanas) dan mode cook (memasak)  Pada skalar cosmos terdapat switch tombol yang memindah ( kontak NO dan NC). Saklar switch cosmos terdapat kaki terminal kontak NO dan NC biasanya kaki saklar switch ini  terhubung pada elemen dan pada lampu indikator mode warm dan mode cook.

Jadi bagaimana cara memperbaiki cosmos / penanak nasi yang membuat nasi hangus.

3. Langkah pengerjaan memperbaiki cosmos rusak (tidak kembali ke mode warm)

1. Peralatan membuka cosmos / penanak nasi yang rusak
  1. Obeng 
  2. Av Meter
  3. Pisau (untuk membuka tutup cosmos)
  4. Tespen dan lain sebagainya


2. Setelah teman-teman membuka  Dari setiap bagian-bagian penutup cosmos, maka kita masuk pada pengecekan tegangan terlebih dahulu yang berguna untuk memastikan input suplai power pada cosmos apakah sudah betul terukur 220 VAC, jika sudah maka lanjut ke langkah perbaikan cosmos.

3. Tes uji tuas penekan kosmos

Tuas penekan tombol saklar switch pada cosmos


Pada gambar diatas adalah langkah pengujian dimana tuas  cosmos atau penanak nasi ini biasanya berfungsi untuk menekan saklar switch pada cosmos, dari menekan hingga melepas tuas agar bisa merubah mode warm ke mode cook. Untuk memasak maupun memanas nasi saja.

 Pada langkah ini teman-teman bisa memainkan tuas tersebut dengan cara menekan dari dalam cosmos  biasanya ini adalah penyebab utama dari cosmos yang tidak bisa beralih ke mode warm karna pada saklar switch cosmos bisa terjadi kerusakan, teman teman bisa mengukur menggunakan multitester pada skala suara ataupun skala Ohm. Ukur dan cek saklar cosmos jika rusak ganti, jika tidak rusak dan masih juga tidak bisa kembali ke mode warm maka  1 opsi terakhir teman-teman bisa, cek tuas  cosmos yang menekan tombol switch tersebut dengan catatan tuas pada cosmos harus menekan penuh tombol switch tidak boleh setengah-setengah yak.

Karna pada dasarnya tuas inilah yang menekan saklar switch cosmos untuk beralih mode...warm dan mode cook

Saya rasa cukup dan jelas bagaimana cara memperbaiki cosmos rusak yang tidak bisa kembali ke mode warm (membuat nasi hangus) dan sekarang giliran teman-teman yang menolong saya share sebanyak-banyaknya artikel ini jika dirasakan bermanfaat, wkwkwkw maksa banget yaks...ah sudahlah share sukur ngk share ora popo.

Saya tambahkan sedikit :

Berdasarkan pengalaman tentang cosmos  atau magic com yang tidak bisa kembali ke mode warm dipastikan skalar switch pada kosmos tidak menekan artinya kondisi ini dimana kontak skalar switch di posisi NC dengan anggapan arus listrik mengalir secara terus menerus hingga menanak nasi secara gosong atau hangus. lain hal jika tuas pada cosmos benar-benar menekan kontak switch dengan pas.

Bisa dipahami?!


Tonton juga video youtubenya dimarik genks :





Penutup

Mohon maaf apabila terdapat kesalahan tulisan maupun ucapan, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Salam hangat dari saya mekanik kaleng-kaleng.


Bye-bye....


Baca juga artikel terbaru :

Related Posts