Penjelasan Ukuran kabel yang layak digunakan untuk instalasi listrik rumah tinggal

Assalamualaikum, wr,wb.

Pendahuluan

Halo genks apa kabar, semoga sehat selalu dan dimurahkan rejekinya, jadi saya hari ini akan membuat artikel tentang judul ukuran kabel yang akan digunakan untuk instalasi listrik rumah tinggal dalam artikel ini saya ingin memberikan sedikit penjelasan mengenai ukuran kabel yang baik dan jenis kabel yang akan kita gunakan untuk standart kabel instalasi listrik rumah tinggal. Dalam pemasangan atau instalasi listrik pada saklar rumah, stop kontak, lampu dan lain sebagainya, akan tetapi sebelum kita masuk pada penjelasan tentang judul berapa ukuran kabel listrik yang bagus atau baik untuk pemasangan instalasi listrik rumah tinggal, ada baiknya agenk teropong atau melihat channel youtube mamang yang sederhana ini, semoga ada video yang sedikit memberikan faedah, jangan lupa untuk disupport ya gan.....demi kelangsungan hidup channel youtube mamang.


Okessssssss genks skuy diteropong.
Mari kita simak.

Teori Dasar


Penjelasan ukuran kabel untuk instalasi listrik rumah tinggal.webp
Penjelasan ukuran kabel instalasi kabel rumah 

Dalam penggunaan kabel listrik rumah tinggal untuk instalasi pemasangan alat kelistrikan seperti saklar, stop kontak kita harus mengetahui beberapa ukuran kabel yang akan kita gunakan. Agar kita tidak salah dalam menentukan  atau memilih kabel untuk pemasangan instalasi listrik rumah. Kabel seperti yang kita ketahui sebagai penghantar listrik dari sumber listrik PLN ke peralatan listrik atau perangkat pengguna yang membutuhkan aliran listrik agar dapat bekerja, hal ini perlu membutuhkan  kabel guna menyalurkan arus listrik ke peralatan listrik. 

Bagian kabel terdiri dari bahan konduktor dan bahan isolator, mari kita jabar :


Konduktor 

Seperti yang kita ketahui konduktor merupakan inti dari suatu kabel yang berbahan tembaga atau aluminium, serius amat gan bacanya...

Lanjut...

Semakin baik suatu bahan konduktor semakin baik juga arus listrik mengalir kata ini biasanya lebih dikenal dengan kuat hantar arus ( KHA )


Isolator

Isolator kabel adalah suatu alat kabel lebih kepada pembungkus atau sebagai media menjaga kabel agar terlindung dari temperatur suhu naik turun cuaca. Isolator lebih dikenal dengan bagian kabel yang tidak menghantarkan arus listrik, isolator pada kabel terdiri juga pada bagian inti dan bagian luar pada kabel, pada bagian luar isolator kabel seperti penjelasan di atas dan bagian dalam isolator kabel berfungsi membungkus kawat atau membungkus inti kabel tembaga dari hubungan singkat antara phase dan netral.

Mungkin sedikit teori ini memberikan pencerah mengenai kabel.

Pada ukuran kabel juga memiliki nilai rate tegangan yang bervariasi, tegangan menengah, tegangan tinggi, tegangan rendah, dalam menentukan ukuran kabel untuk jenis rumah tinggal atau ukuran kabel instalasi listrik rumah tinggal, kita dapat menggunakan kabel yang nilai rate tegangan rendah ( low voltage ) yakni 50 Volt sampai 1000 Volt saja.

Lantas apakah 220 volt masuk low voltage?! Iya bambang.

Untuk ukuran kabel pemasangan instalasi listrik rumah tinggal kita dapat memilih sesuai puil ( persyaratan umum intalasi listrik ) demi menjaga kendalan dan kesehatan kabel rumah agan, kalau kita menuruti standart umum intalasi listrik rumah tinggal kabel dalam jangka kurang dari 10 tahun harus atau wajib diganti baru atau ditarik ulang untuk mencegah hal - hal yang tidak diinginkan.

Perlu diketahui karena banyak sekali kita salah memilih kabel bahkan salah dalam membeli kabel yang terdapat  dobel termoplastik atau dobel isolator, untuk apa bambang membeli kabel dobel isolator?! Jelas hal ini adalah ketidaktahuan atau kurang memahami sesorang dalam memilih dan menentukan ukuran kabel serta jenis kabel yang layak digunakan untuk  instalasi listrik rumah, atau perumahan.

Memang kabel berjenis dobel isolator bagus atau kabel NYM bisa digunakan untuk rumah atau lainya. Tapi ketika untuk pemasangan instalasi rumah pada saklar dan stop kontak tanam apakah bisa masuk ke lobang pipa PVC? Agan paham kan maksud saya, nah kabel jenis NYM ini lebih kepada untuk instalasi bagian diluar, bagian dalem atau tanam kurang bisa. Kalau agan banyak duit kagak masalah sih.

Jadi kabel yang seperti apa yang akan kita gunakan untuk instalasi listrik rumah?

Lantas berapa ukuran kabel yang akan kita gunakan untuk instalasi listrik rumah tinggal?!

Dalam menentukan ukuran kabel serta pemasangan kabel untuk listrik rumah tinggal kita dapat memilih kabel berjenis NYA ane jabar dulu kabel NYA seperti apa :


  • NYA

Penjelasan kabel NYA untuk instalasi listrik rumah tinggal.webp
Menentukan ukuran kabel untuk rumah tinggal

Kabel NYA atau kabel listrik rumah tinggal standart PLN (perusahaan listrik negara)  adalah jenis kabel berinti tunggal, yang dilapisi satu termoplastik ( 1 isolator ), ukuran kabel untuk instalasi listrik rumah tinggal adalah 1.5 mm dan 2,5 mm, serta pemasangan kabel dengan ukuran kabel yang mana yang layak untuk stop kontak dan yang mana untuk lampu. Kabel NYA untuk rumah biasanya terdiri dari 2 kabel merah dan biru, merah untuk phase ( api ) dan netral untuk biru ( nol ) akan tetapi ada juga yang pemasangannya menggunakan kabel merah dan kabel hitam. Hitam lebih kepada Netral.

Apakah perlu pipa pvc untuk lapisan isolator kabel NYA?! Perlu banget genks, hal ini menjaga kabel biar lebih awet dari temperatur cuaca dan gigitan hewan seperti tikus.

Jika anda bertanya pada penggunaan merek kabel listrik standart pln maka disini saya coba jelaskan untuk pertanyaan merek kabel listrik standart pln jelas tidak ada paksaan untuk memilih mana yang baik untuk penggunaan merek kabel listrik standart pln.

Akan tetapi saya coba luruskan jika kalian ingin menggunakan merek kabel listrik untuk instalasi rumah yang bagus dan baik maka merek supreme adalah kabel dengan kwalitas yang sangat baik. Baik isolasi maupun konduktornya.

Nah inipun tergantung budget anda. Silakan pilih.

Nah jadi ketika kita menentukan ukuran kabel instalasi rumah tinggal serta pemasangan instalasi kabel rumah pada pengelompokan komponen seperti saklar, stop kontak dan lampu ada baiknya ukuran kabel instalasi rumah digunakan pada pengelompokan misalnya :

2,5 mm2 di gunakan untuk stop kontak rumah dan 1, 5 mm2 untuk lampu. Bisa dipahami.
Karena stop kontak atau jalur penghantar dari sumber ke stop kontak yang digunakan untuk beban wajib memiliki tahanan kamampuan hantar arus kabel yang besar agar jika terjadi penumpukan beban pada stop kontak hal ini tidak menyebabkan kabel hangus, jadi jika teman-teman hendak membeli kabel untuk standart rumah tinggal , teman-teman tinggal bilang saja kabel untuk rumah tinggal dengan tipe kabel NYA 2,5 mm. Untuk pemasangan tanam atau indoor.

Sebenarnya saya bisa menjelaskan diawal artikel tapi tanpa teori kurang pas atau kurang bagus.


Penutup

Saya rasa cukup, mohon maaf jika ada perkataan yang kurang berkenan atau salah dalam penulisan berkaitan dengan judul artikel penjelasan ukuran kabel yang layak digunakan untuk instalasi listrik rumah tinggal.

Itulah sedikit ilmu yang bisa saya berikan, kepada agan - agan semua.

Saya akhiri wassalamu'alaikum, wr, wb.







Related Posts