Cara pasang Ampere meter digital dengan tegangan 3 phase dan satu phase

Assalammualaikum, wr , wb.

Apa kabar brother semoga kalian dalam keadaan sehat selalu. Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara pasang Ampere meter digital dengan listrik 3 phase dan satu phase. Semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan mengenai  cara pemasangan Ampere meter digital. Gas disimak.


Teori Dasar


Ampere meter digital panel
Cara pasang ampere meter digital 3 phase


Pada umumnya Amper meter digital pada alat instrumentasi panel listrik digunakan sebagai indikator pembacaan volt, Amper dan frekuensi (Hz), adapun pembacaan yang dapat kita lihat seperti tegangan pada listrik 3 phase yakni phase to phase, seperti R dan S T dan S dan lain sebagainya. Alat ukur ampere meter digital pada panel memudahkan kita untuk melihat ganguan baik dalam tegangan ataupun beban. 

Biasanya Ampere meter digital pada panel digunakan pada genset, rangkaian motor 3 phase dan lain sebaginya.

Jadi seperti apa sih cara pemasangan Ampere meter digital pada panel atau pada pembangkit seperti genset.

Jadi Ampere meter digital panel ini tergantung dari Amper yang agan beli, walaupun seperti itu menurut saya terminal pada pemasangan kabel ampere meter digital hampir sama saja, yang perlu diketahui dalam pemasangan Ampere meter digital ada juga harus memasang trafo CT. Karena ini tiga phase yakni cara pasang Ampere meter digital 3 phase anda juga akan langsung sekaligus memasang CT 3 phase yakni cara pasang CT 3 phase.

Adapun sekala pembacaan Amper pada terminal seperti IA IA, IB IB dan IC IC.

Lalu ada auxiliary untuk dapat menggunakan tombol atau keypad yang ada seperti up, down, left, right dan sebagainya.

Pada penjelasan kali ini saya akan membahas bagaimana cara pemasangan Ampere meter digital pada listrik 3 phase dan satu phase untuk mempermudah agan - agan dalam pemasangan mari kita bahas :

  • Pada terminal Ampere meter digital terdapat pembacaan untuk pemasangan listrik 3 phase seperti UC UB UA dan UN. Nah UN ini lebih kepada netral. Sedangan UC, UB dan UN lebih kepada phase 380 volt
  • Lalu agan - agan dapet memasang kabel 3 phase seperti penjelasan saya diatas dengan kabel R, S, T dan UN tinggal masukin dari out power in masuk ke ampere meter digital.
  • Lalau karena ada terminal source pada ampere meter digital atau auxiliary yang bertegangan 220 volt maka agan tinggal menjumper kabel tersebut dari listrik 3 phase masuk ke listrik 1 phase
  • Kemudian pada bagian terminal IC, IB dan IA dobel terminal agan harus menyambung kabel tersebut dari trafo CT atau trafo pembacaan arus masuk ke terminal IA IA, IB IB dan IC IC. Dari CT ke terminal ampere meter digital
Lalu dalam cara pasang ampere meter digital 3 phase dan satu phase agan, tinggal menggantikan kabel tiga phase di terminal ampere meter digital dengan listrik satu phase dan jumpernya jangan lupa juga dipasang.


Oke Genk ya kalau agan belum dapat memahami artikel ini saya punya video tentang cara atau tutorial pemasangan Ampere meter digital seperti dibawah ini genks untuk ke link Channel saya : 



Untuk video nya ada dibawah artikel ini.


Agan tinggal mengklik link diatas dan diarahkan ke YouTube channel maintenance workshop.

Oke  dan sip ya, semoga artikel kali ini dapat membantu agan - agan dalam cara pemasangan ampere meter digital pada panel atau genset semoga bisa bermanfaat, terima kasih sudah mampir diblog kita.


See you next time diartikel selanjutnya.











Baca juga artikel lainya :





Related Posts