Arti Huruf dari R S T G Dan N pada sistem kelistrikan 3 phase

 Assallammualaikum, wr, wb


Hualow brother, bukan kasut swallow ya, heheh. Apa kabar genks sehat ya. Semoga amin. Jadi judul kali ini kita akan mengangkat arti dari Huruf R, S, T, G dan N pada sistem kelistrikan 3 phase atau penulisan huruf R S T  pada penghantar 3 phase memiliki arti , nah berhubung ada yang koment dicahnnel youtube ane untuk itulah kita luruskan tentang hal ini.

Waduh berasa pro....ekkek.


Santai kita ngopi dan ngudut dulu sambil bekelakar ( bahasa belitung)


Kita masuk pada pembahasan


Teori Dasar


Arti Huruf dari R S T G Dan N pada sistem kelistrikan 3 phase
Arti Huruf dari R S T G Dan N pada sistem kelistrikan 3 phase


Listrik 3 phase indentik dengan huruf atau kode pembacaan R, S, T dan N atau penulisan huruf pada R S T N pada penghatar kabel memiliki arti akan tetapi kita juga dapat menambahkan huruf G pada listrik 3 phase sebagai tanda, huruf G adalah grounding. Lantas apakah ada yang penasaran tentang arti hurus R, S, T  pada kabel ini. Mungkin N teman-teman sudah paham. Tetapi R, S, T ini saya sendiri masih belum paham.


Lalu Apa sih arti dari R, S, T, G dan N pada listrik 3 phase atau kepanjangan dari R, S, T, G dan N pada listrik 3 phase, nah mungkin kebanyakan dari kita memang mencari arti dari kode dan kepanjangan R, S, T, G dan N. Akan tetapi semua punya pendapatnya masing-masing.


Jadi kemarin ada yang komentar dichannel ane tentang R, S, T, G Dan N ini, katanya jelasin bang tentang R itu apa dan S itu apa, saya dulu pernah mencari arti huruf pada listrik 3 phase ini akan tetapi tidak ada yang bener-bener kongkrit. Nah kita lanjud ke pokok pembahasan, nah kalau kita melihat dari kode huruf R, S, T, G dan N memaang masuk akal ada arti dibalik huruf yang dipasang pada sistem kelistrikan 3 phase, kenapa saya bilang masuk akal jika kita melihat huruf G dan N jelas ini mempunyai arti G sama dengan grounding dan N sama dengan Netral atau Nol lalu apa arti dari huruf  R, S, T ini? (baca-baca lah dikit)


Nah kata temen yang koment dichannel youtube ane R ini adalah running dan S ini adalah start sedangkan T nya dia ngk jelasin. Akan tetapi pertanyaan saya sederhana dari mana brother ini dapat sumber yang siap untuk dipakai pendapatnya.


Lalu katanya begini tidak mungkin Running dulu baru start. Kemudian saya icak-icak berpikir lah, iya bener dalam hati. Kemungkinan memang masuk akal jika kita mencari tahu tentang kode pembacaan huruf pada R, S, T, G dan N ini adalah running, start, kemudian T sama dengan torque (T ini pendapat saya pribadi ) lantas apa yang membuat anda mencari tahu tentang arti huruf R, S, T, G dan N pada sistem kelistrikan 3 phase ini?

Jadi gini genks jika kita melihat sistem kelistrikan 3 phase pada motor listrik saya pernah melihat suatu percobaan untuk motor listrik, nah karna memang terdapat tulisan yang mengacu pada Rpm, Speed, Torque, jika di simbol kan pada Arti huruf sistem kelistrikan pada penghantar 3 phase R S T adalah Rpm, Speed, Torque. Mungkin ini lebih masuk akal.

Tapi bisa salah dan bisa benar......boleh ditampung

Jika kita mecari tahu arti kode pada sistem kelistrikan 3 phase maka tidak fair kita tidak mencari tahu arti huruf  pada motor listrik 3 phase ( U,V dan W) lantas apa arti kode huruf pada motor listrik 3 phase ini? Pusing kan pertanyaanya.


Jadi secara gamblang memang tidak ada referensi yang menjadi sumber untuk kita agar, dapat memahami arti huruf dari sistem kelistrikan 3 phase maupun arti huruf dari motor listrik 3 phase, setiap orang punya pendapatnya masing-masing. Namun jika brother ada yang lebih paham untuk kita menambah ilmu bolehlah coret-coretnya dibawah kali aja ada pencerahan tentang arti huruf pada listrik 3 phase ini.


Saya punya pendapat pribadi

mungkin huruf pada sistem kelistrikan 3 phase hanya pada penyebutanya saja atau untuk membedakan phase 1, phase 2 dan phase 3, agar setiap phase yang telah diberi kode tidak salah membedakan, nah pada huruf R, S, T, G dan N ini adalah dasar dimana kita dapat mengetahui phase atau api serta pembagian phase agar tidak salah dalam menyalurkan arus listrik ke prangkat pengguna.


Nah jika teman-teman mempunyai pendapat akan arti dari kode huruf R, S, T dan N silakan koment dichannel ane itung - itung menambah wawasan saya dalam memperbaiki diri didunia listrik, cak ilah. Gayanya. Hehehe.


Jadi saran saya biarlah waktu yang menjawab apa arti kode dari huruf R, S, T, G dan N pada listrik 3 phase. Saya pikir untuk sumber referensinya sangat sulit dicari. Kalau hanya berdasarkan pendapat sangat mudah dijawab. Akan tetapi jika jika tujuan kita baik dalam segi memperbaiki diri belajar dan terus belajar tidak ada salahnya pendapatnya diterima tetapi harus mencari lagi yang lebih baik pendapat yang lain ( ditampung dulu genks).


Penutup


Semoga kita selalu diberikan fikiran yang positif dan semoga artikel ini menjadi wadah untuk proses kita belajar lebih baik lagi. Jika saya salah mohon maaf mohon diluruskan saya juga proses belajar. 


Salam hangat 









Related Posts