Cara mengukur dioda ( bridge / kiprok)

assalamualaikum wr.wb

1. Pendahuluan

Selamat sore para pencari rezeki, semoga selalu dalam lindunganya,  diblog saya kali ini, saya  akan menjelaskan cara mengukur dioda bridge atau yang disebut keep rock metal, hehhe kiprok bosku.
Basa-basi dulu ya atau intro, demi mencukupi seribu kata hehe. Umumnya dioda bridge ini digunakan di motor, pengecas aki, hoist crane mitsubishi dan lain sebagainya, oke langsung saja bosku.

2. Dasar teori

Dioda bridge adalah dioda jembatan, dengan isi 4 buah dioda, yang disambungkan per kaki, dioda bridge berfungsi sebagai penyarah (Arus DC) atau merubah arus AC menjadi DC. Umunya dioda bridge mempunyai  batasan kemampuan berdasarkan kode baca pada tulisan di dioda bridge itu sendiri misalnya contoh gambar dibawah ini :

Dioda-bridge.jpg / kiprock.jpg /dioda-penyearah.jpg
Cara baca kode dioda bridge / kiprok

Pada gambar diatas adalah contoh kode dioda bridge atau kiprock, 25 menunjukan kapasitas batas amper suatu dioda yaitu 25 amper dengan 10 adalah tegangan yaitu 1000 volt ini sepengetahuan saya. Untuk tanda + adalah arus DC dan disampingnya adalah simbol arus AC. Bagaimana cara mengukur dioda bridge atau kiprok simak ulasan dibawah ini :

3. Langkah kerja

Bagaimana cara mengukur dioda bridge atau cara cek dioda bridge Tidaklah begitu sulit jika teman-teman bisa menggunakan alat ukur multi tester, baca cara menggunakan alat ukur multi tester.

Baca juga :
Cara menggunakan multitester Analog
Cara mengukur dioda bridge atau kiprok ada pada gambar dibawah ini berikut caranya :

Cara-mengukur-dioda-bridge / kiprok.jpg
Cara mengukur dioda bridge / kiprok

Pada gambar diatas adalah cara mengukur dioda bridge dengan tanda ( + ) pada kabel probe merah multitester dan tanda ( - ) pada kabel probe hitam atur selektor multitester pada skala ohm, jika semua pada gambar diatas dilakukan lihat jarum indikator pada multitester jika bergerak berarti bagus (dioda bridge tidak rusak). Kemudian balik lagi kabel probe merah (-) dan kabel hitam (+) jika pada indikator jarum multitester  tidak bergerak berarti bagus (dioda bridge tidak rusak) artinya jika kondisi dioda brdige rusak maka kejadian indikator jarum sebaliknya, pada proses seperti diatas. Saya rasa cukup penjelasan diatas jika ada pertanyaan maupun saran tulis dikolom komentar, maaf jika ada kesalahaan pada penulisan ini. Tonton video youtubenya dibawah ini :




Terima kasih telah berkunjung.
Salam hangat.
Wasallamualaikum. Wr.wb.

Related Posts