Teknik cara merubah listrik 3 phase (380 V) menjadi 1 Phase ( 220 V ) untuk pemula

assallammualikum, wr, wb.

Pendahuluan

Halo brother apa kabar..?! Hari ini saya ingin memberikan artikel tentang kelistrikan yang dimana berjudul tentang teknik cara merubah listrik 3 phase menjadi 1 phase untuk pemula atau cara merubah tegangan 380 menjadi 220V atau merubah phase 380 V menjadi phase 220 V. Karna memang artikel ini sangat dibutuhkan bagi listrik industri yang bekerja sebagai mekanik listrik di suatu pabrik, ya iya lah..masak di rumah sendiri.heheh.

Engkol bambang....


Teori Dasar

Cara merubah 3 phase menjadi 1 phase.Png
Cara merubah listrik 3 phase menjadi 1 phase


Umunya listrik 3 phase atau dikenal 380 V digunakan untuk listrik pabrik industri dimana listrik 3 phase (fase) ini digunakan untuk menjalankan motor listrik 3 phase, listrik tegangan 380 V atau listrik 3 phase terdiri dari 4 kabel R, S, T, N atau sama dengan 380 V.

Lalu berapa tegangan yang ada dirumah teman-teman? Yups bener sekali genk listrik dirumah itu pada stop kontak atau sumber PLN dirumah teman-teman memang tegangan 220 V atau 1 phase terdiri dari 2 kabel phase (api) dan netral (nol).  Listrik 220 V ( 1 phase) biasanya indentik dengan kabel berwarna merah dan biru. Ingat merah dan biru, kabel merah biasanya phase dan biru netral.


Memang artikel ini saya buat untuk teman-teman yang pemula berdasarkan judul merubah listrik 380 V menjadi 220 V atau 1 phase.
Jadi dalam merubah listrik 3 phase menjadi 1 phase ini agar teman-teman dapat menghidupkan lampu rumah atau lebih tepatnya peralatan rumah tangga yang membutuhkan tegangan 220-240 VAC.

Pertanyaannya apakah bisa listrik 380 V digunakan untuk peralatan rumah tangga?! Siapa tau dalam benak anda ada pertanyaan semacam ini. Jawabnya tidak dapat digunakan.

Seperti yang saya jelaskan diatas 380V sama dengan listrik untuk pabrik industri.

Listrik 1 phase sama dengan listrik rumah untuk teman tegangan 220 V.

Lantas bagaimana cara merubah 3 phase ke satu phase agar listrik trsebut bisa digunakan untuk menjalankan peralatan rumah seperti lampu, kulkas, AC, komputer dan lain sebaginya.

Merubah listrik 3 phase ke 1 phase sangat mudah sekali teman-teman.

Kita dapat menggunakan salah satu phase dari ke 3 phase untuk merubah listrik 3 phase ke 1 phase, misalnya seperti ini :

Misalnya kita dapat mengambil phase satu saja dari 3 kabel 3 phase, ntah itu merah, hitam, dan biru. Kemudian seperti yang saya jelaskan diatas 1 phase sama dengan kabel merah dan biru alias phasa dan nol.

Artinya dalam perubahan 3 phase ke satu phase kita membutuhkan kabel merah dan kabel nol ( netral)

Bisanya 3 phase ini terdiri dari kabel merah, hitam, biru dan kuning. nah kuning ini biasanya netral.

1 phase sama dengan merah dan kuning, merah sama dengan phase dan kuning sama dengan netral.

Sampai disini pusing? Pusing minum oskadon pance oke.

Kita masuk pada gambar sekarang semoga dengan gambar bisa memperjelas teman-teman :

Cara merubah 3 phase menjadi 1 phase.png
Cara merubah 3 phase menjadi 1 phase

Gambar diatas yakni penjelasan cara merubah 3 phase menjadi 1 phase atau cara merubah 380 V Menjadi 220 V. Nah gambar ini bisa teman-teman simpan dan diperbesar biasanya satu phase indentik dengan satu buah mcb 1 pole dan 3 phase identik dengan mcb 3 pole, kemudian yang hitam adalah mccb yang digunakan untuk power in PLN dan out ke listrik pembagi.

Sampai disini pusing....oskadon obatnya.

Hehehe.

Satu phase diatas, menggunakan kabel hitam dan biru. Karna mcb 1 pole yang diatas out bagian bawah ke beban yang kita gunakan seperti kulkas, lampu dan stop kontak.

Pada artikel ini saya coba jelaskan seperti apa pengukuran mcb dengan multitester atau cara cek mcb dengan multitester digital, bagi teman - teman video dibawah ini juga akan menjelaskan seperti apa pengecekan mcb menggunakan multitester baik 3 pole ataupun 1 pole dengan kata lain cara cek mcb 3 phase dan satu phase menggunakan multitester. Nanti kawan-kawan bisa tonton videonya dibawah yah....atau langsung ke channel youtube saya saja. Gasskuen diatas.

Bagaiman apakah teman-teman paham, semoga saja paham yahks, oh ya genks ni ada video untuk lebih memantapkan penjelasanya :





Oh ya genk jangan kagak di subscribe ya...apalah daya mamang tanpa subscribe kalian.
Jika kurang puas dengan tampilan kecil ini silakan langsung klik ke link di bawah :
Nanti anda akan diarahkan ke video youtube sesuai judul ini :


Penutup

Semoga pada artikel ini cara membagi 3 phase menjadi 1 phase atau cara merubah 3 phase ke satu phase dapat dimengerti oleh teman-teman. Saya rasa cukup dan mudah dipahami.

Semoga bermanfaat.



Salam hangat untuk teman-teman.

Perlu diingat kata-kata ini ambil baiknya buang buruknya.

Bye-bye...




Related Posts