Cara pasang MPCB ( Motor Protectio Circuit Breaker ) pada motor 1 phase

Assalammualaikum, wr ,Wb.

Selamat malam para pengais rejeki, kali ini Mimin sebagai penulis blog maintenance workshop ingin memaparkan atau menjabarkan tentang cara pasang MPCB ( motor protection circuit breaker ), bagi temen-temen yang belum mengenal apa itu MPCB kita simak dibawah ini genks ya....


Teori Dasar


MPCB ( motor protection circuit breaker ) suatu alat komponen kelistrikan yang  difungsikan untuk mengontrol atau mengendalikan motor listrik 3 phase, atau MPCB adalah suatu alat peralatan kelistrikan yang juga dikenal dengan sebutan motor proteksi berfungsi untuk menjaga keamanan motor listrik 1 phase maupun 3 phase dengan settingan current dibawah rate motor 3 phase, keunggulan dari MPCB ini dapat digunakan untuk mengontrol motor 1 phase dan 3 phase dimana tanpa menggunakan kontaktor maupun thermal overload lagi, dikarenakan pada MPCB terdapat proteksi untuk beban lebih,  short circuit dan kegagalan phase. Berikut gambar dari MPCB :



MPCB ( motor protection circuit breaker )
MPCB ( Motor Protection Circuit Breaker )


Gambar diatas dapat kita lihat yakni MPCB ( motor prtection circuit breaker ) ditunjukan bagian - bagian dari MPCB itu sendiri, MPCB ini terdapat 2 tombol yakni start dan tombol stop, selain itu juga terdapat settingan arus pada MPCB ini, untuk proteksi motor 1 phase ataupun motor 3 phase, adapun indikator Trip untuk mengetahui ketika motor 3 phase atau motor satu phase anda terjadi gangguan sistem pada kelistrikan. Indikator Trip akan menunjukan motor 3 phase anda tidak baik-baik saja ( gangguan )


Pada tombol MPCB ketika kita menekan tombol start pada MPCB maka tombol stop akan ikut tertarik keluar begitupun sebaliknya. MPCB dirancang atau kombinasi dari kontaktor thermal overload relay yang dirancang khusus menjadi satu gabungan. Tentu saja ini mempermudah kita dalam pemasangan rangkaian kontrol.

Biasanya MPCB dapat juga kita kombinasikan dengan rangkaian kontrol yang menggunakan kontaktor, thermal overload relay seperti rangkaian direct online starter ( sebagai contoh )

Lalu seperti apa cara merakit MPCB untuk rangkaian kontrol mengoperasikan motor 1 phase? Lalu bagaimana skema diagram cara merakit MPCB atau motor protection circuit breaker ini ?


Cara merakit MPCB dengan motor 1 phase :

  • Siapkan bahan
  • Box panel kecil atau besar
  • Siapkan MCB 1 phase
  • Motor 1 phase
  • Pasang kabel power suplai 220

Jadi saya sudah ada video mengenai hal ini, kawan-kawan dapat melihat di link sini dan akan diarahkan ke Youtube saya :


Silakan klik link diatas anda akan diarahkan ke YouTube saya untuk menonton video mengenai cara merakit MPCB ke motor satu phase.


Jadi kelebihan dari MPCB ini yang pasti lebih murah, dan sudah terdapat setting current alias proteksi beban lebih motor 1 phase.


Semoga artikel ini dapat membantu tentang cara merakit MPCB atau skema diagram MPCB dengan motor 1 phase.


Saya rasa ini saja yang dapat saya sampaikan 


Terima kasih banyak sudah mampir kemari.


Saya akhiri wassalamu'alaikum wr, Wb.









Related Posts