Cara pemasangan surge protection device (SPD) dan yang dikombinasi dengan RCCBO

 Assallammuakum, wr, wb.



Hai genks pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara pasang surge protection device (SPD) yang dikombinasi dengan Residual current circuit breaker over current protection (RCCBO). Nah mungkin setidaknya artikel kita kali ini bisalah memberikan suatu manfaat kepada agan-agan semua, semoga bisa dapat mencoba dan menerapkan tentang pemasangan surge protection device dengan RCCBO. Nah kita ke penjelasan dasar Genk.


Teori Dasar 

Pada penjelasan tentang Surge protection device atau surge arester adalah suatu alat yang digunakan untuk pengaman peralatan  listrik akibat lonjakan tegangan akibat petir. Surge protection device disingkat dengan nama SPD ada juga yang menyebutnya dengan nama surge arester dikarenakan alat ini untuk pengaman peralatan listrik rumah akibat yang ditimbulkan oleh petir.

Surge protection device ketika kita melihat bentuk dan kegunaannya hampir sama dengan bentuk dari MCB beda tipis lah genks yah. Berikut gambar dibawah ini mengenai surge protection device :

Cara pasang RCBO dan surge arester
Cara pasang RCBO dan surge arester

Cuma yang jadi pembeda surge protection device ini atau surge arester tidak memiliki tuas untuk menonaktifkan peralatan SPD ini. Pada dasarnya prinsip kerja dari surge protection device ini membuang arus kesalahan dari ketidak seimbangan tegangan sumber  ke grounding yang ditimbulkan akibat petir, agar peralatan listrik anda seperti kulkas, lampu, tv dan lain sebagainya aman dari bahayanya lonjakan tegangan yang ditimbulkan oleh petir ini genks.

Lalu saya coba membahas singkat penjelasan tentang RCCBO? Jadi menurut agan - agan sebenarnya sama ngk sih RCCBO dengan RCBO? Untuk hal ini ada beberapa artikel mengatakan beda tapi menurut saya pribadi hal ini RCCBO dan RCBO sama saja genks yah. RCCBO merupakan kepanjangan dari Residual Current circuit breaker over current protection sama juga dengan RCBO mungkin menurut saya untuk mempermudah penyebutan makanya jadi lebih familiar dengan kata RCBO. 


Koreksi jika saya salah.


Jadi genks RCCBO ini merupakan gabungan dari MCB dan ELCB yang dimana dikembangkan menjadi satu kesatuan yakni RCCBO, kita tentu tahu bahwa MCB sebagai perlindungan terhadap short circuit dan beban lebih, lalu untuk ELCB merupakan perlindungan untuk arus bocor dan beban lebih tidak untuk short circuit atau arus pendek.

Dengan kata lain untuk pemasangan rumah tinggal agan baiknya hanya membeli satu buah alat RCCBO saja untuk pemasangan keamanan listrik rumah lalu dikombinasikan lagi biar aman menggunakan surge arester atau SPD ini genks. Kenapa rumah wajib dipasang RCCBO? Dikarenakan RCCBO ini perlindungannya sangat lengkap dari mencegah kebakaran, tegangan sentuh, short circuit, kemudian beban lebih. Apabila anda ingin memasang RCCBO ini dengan MCB boleh saja dan boleh juga tidak dipasang MCB tersebut. Lantas seperti apa cara pasang RCBO atau cara pasang RCCBO ini dengan listrik satu phase : 

Surge protection device dan RCCBO atau RCBO
Cara pemasangan surge protection device (SPD) dan yang dikombinasi dengan RCCBO

Pada gambar diatas adalah sistem pemasangan MCB + RCCBO + SPD yang tergabung menjadi satu dengan protection yang ditingkatkan seperti penjelasan saya diatas.

Lalu pada gambar diatas terdapat grounding yang dimana nilai grounding tersebut harus dibawah 2 ohm untuk keamanan yang sangat baik.

Nah saya sudah bikin video singkatnya genks untuk skema pemasangan kabel dari surge protection device dengan RCCBO ini durasinya pun tidak lama genks cuma 6 menitan bisa klik link ke channel YouTube saya diatas dan bisa juga menonton video saya seperti dibawah ini :








Nah bisa klik link dibawah sini genks yah 
https://youtu.be/ylHqV9oRixQ

Jadi saya rasa itu saja yang dapat saya sampaikan untuk artikel kali ini genks semoga video ataupun artikel ini bisa bermanfaat untuk the next generasi yang belajar dikelistrikan.


Terima kasih sudah mampir disini..


Related Posts