Cara cek kapasitor Kipas angin dan motor listrik

Assalamulaikum, wr, wb.

1. Pendahuluan

Selamat pagi, brother apa kabar ?semoga dalam keadan baik-baik saja hari ini, saya ingin menulis tentang cara cek kapasitor kipas angin dan kapasitor motor listrik 1 phasa. Bagaimana mengetahui kapasitor itu baik atau rusak, begini bos ku mari kita simak.

2. Dasar teori 

Fungsi kapasitor kipas angin adalah sebagai alat yang digunakan untuk membantu motor listrik 1 phasa mendapatkan putaran awal pada star awal, hingga mencapai batas pucak running suatu motor listrik.

Lalu bagamana cara megetahui kondisi kapasitor atau  cara cek Kapasitor kipas angin.

Cara cek kapasitor kipas angin Sebenarnya sama saja, karna prinsip kerja kapasitor menyimpan energi listrik lalu melepaskan dengan cepat dan memperbesar arus listrik membantu motor 1 phasa  untuk mendapatkan  star awal hingga pada putaran maksimal. Tentunya kita tahu pada motor listrik 1 phasa ada kumparan bantu dan kumparan utama yang dimana kumparan utama inilah yang akan mengerakan rotor pada motor listrik 1 phasa karna sedangkan kumparan bantu hanya bekerja sementara ini penjelasan singkatnya untuk mengetahui lebih lanjut baca disini :

Prinsip kerja motor listrik 1 phasa

Cara cek kapasitor kipas angin.jpeg
Kapasitor kipas angin

Jadi jika teman-teman ingin tahu cara mengukur atau cara cek kapasitor baik / rusak  mapun cek kapasitor terbakar, teman-teman wajib gunakan multitester (avometer) dengan mengukur (mengatur ke skala ohm ) atau C(mf) atau baca disni :


Saya anggap teman-teman sudah paham cara menggunakan multimeter dan avometer.

Langkah-langkah pengukuran  kapasitor guna mengetahui kondisi kapasitor baik dan rusak

Setalah kita mengatur ke skala ohm pada multimeter/multitester gunakan kabel probe pada multitester/avometer untuk mengetahui kapasitor kipas angin kondisinya baik dan kapasitor motor listrik rusak, saat jarum pada indikator multimeter bergerak naik degan cepat dan besar kemudian turun ke 0 kembali maka dipastikan bagus.

Untuk pengujian cara cek kapasitor kipas angin  dan motor listrik yang kedua :

Atur multitester analog ke skala C (mF) guna mengukur kondisi suatu kapasitor baik atau rusak, kapasiyor kipas angin maupun kapasitor motor listrik sama saja lihat gambar dibawah ini:

Cara mengukur kapasitor baik / rusak

Bagaimana cara mengukur kapasitor kipas angin dengan multimeter / avometer analog gunakan kabel probe multitester / avometer analog untuk mengukur dan mengecek kapasitor motor listrik dan  kapasitor kipas angin, kapasitor yang baik  dan bagus nilainya akan sama pada name plate kode pada kapasitor atau kapasitor kipas angin. Baca jarum OHM pada multimeter yang ada diatas (jarum bergerak dari kanan kekiri) misalkan pada name plate kapasitor nilainya 8 mf maka nilai terbaca tidak jauh dari nilai name plate  kapasitor tersebut.

Dengan catatan pengukuran dan pengecekan kapasitor kipas angin mengunakan multimeter analog.

Catatan

Initinya sama saja untuk mengukur dan cara mengecek kapasitor kipas angin ,motor listrik, pompa air, kipas angin, yang terbakar atau short (rusak) cara mengukurnya sama saja. Hanya saja kita kurang megetahui, semoga dengan adanya artikel ini sedikit memberikan pencerahan.

3. Penutup

Semoga dengan adanya artikel ini dengan judul artikel cara cek kapasitor kipas angin bisa mendapatkan pencerahan untuk teman-teman. Tolong share jika dirasakan artikel ini bermanfaat untuk teman-teman yang lain, guna membagi pengetahuan.

Semoga bermanfaat, saya ucapakan

Wassallam..

Bye-bye.

Related Posts