Penyebab motor 1 phase dan 3 phase ngetrip

asalamuallaikum,  wr,  wb.

Pendahuluan

Halooo genks, para pengais rejeki halal dan berkah, beberapa hal yang perlu diketahui yaitu tentang penyebab motor 1 phase dan motor 3 phase trip Dan  kitapun  wajib menyelesaikan  kerusakan yang terjadi pada motor 1 phase dan 3 phase baik dari segi internal dan eksternal motor listrik ini. Mencegah lebih baik dari pada rusak parah (khusus rotor dan stator) 

Yuk ketahui penyebab motor listrik (1 phase / 3 phase trip) 

Teori penunjang

Penyebab motor 1 phase dan 3 phase trip. Webp
Penyebab motor 1 phase dan 3 phase trip

Motor 1 phase atau 3 phase ketika sedang beroperasi tiba-tiba mengalami kerusakan,  oleh karenanya thermal overload relay yang dipasang pada motor listrik mengalami beban berlebihan atau trip, Ketika indikator pada thermal overload relay trip (T), ini artinya menunjukan adanya indikator penyebab mati totalnya motor 1 phase / 3 phase. pada motor  listrik 1 phase atau motor 3 phase tersebut  banyak hal yang menjadi penyebab rusaknya motor listrik induksi ini. Kenali penyebabnya sebagai berikut :

Mari kita teropong.... 

Penyebab utama baik motor 1 phase dan 3 phase trip atau  penyebab motor listrik overload, Adalah beban berlebihan artinya banyak hal dapat terjadi penyebab dari  kerusakan tersebut. apa saja itu?

Kerusakan-kerusakan pada motor 1 phase / 3 phase trip :
  1. Bering
  2. Beban yang digunakan
  3. Arus pendek
  4. Kabel tekoneksi 2 phase
  5. Overload tidak sesui settingan
  6. Stator atau koil rusak
  7. Kapasitor
  8. Cooling fan
Pada kerusakan motor 1 phase dan 3 phase trip atau overload teman-teman bisa melihat uraian diatas dan saya akan memberikan titik terang / pencerahan biar kagak gelap dan meraba-raba pada uraian diatas:

1. Bering (penyebab motor 1 phase dan phase trip)

Penyebab dan  masalah  motor listrik 1 phase dan 3 phase trip adalah Bearing atau klaher, yang tidak pernah diberikan WD 40 (membersikan karat)
Atau umur bearing pada penggunaan jam operasi motor 1 phase dan 3 phase . Pada motor listrik tersebut sudah memang layak untuk rusak (umur),  karna motor listrik yang bekerja pada waktu 24 jam non stop dan yang pasti akan menyebabkan rusak (trip), buatan sang pencipta aja rusak, apalagi buatan manusia akan tetapi, dalam pencegahan  motor listrik agar tidak rusak dan trip  pada bearing. bisa kita gunakan wd tersebut dan memberikan sedikit gemuk atau grease anti panas terhadap gesekan.  itupun kalau motor tersebut memiliki nepal.

Note : berikan wd dan grease secukupnya agar bearing pada motor 1 phase dan 3 phase memiliki umur yang panjang.

2. Beban yang digunakan pada motor listrik

salah satu Penyebab yang sering terjadi pada motor 1 phase dan 3 phase trip adalah HP pada beban yang ditanggung motor listrik 1 phase dan 3 phase. Seperti yang kita ketahui motor listrik memiliki name plate dan motor listrik digunakan berdasarkan kapasitas beban yang akan ditanggung oleh motor listrik 1 phase atau 3 phase,  perhatikan HP pada motor listrik 3 phase dan 1 phase. Karna beban yang ditanggung motor induksi 1 phase dan 3 phase ini memiliki HP yang besar.

catatan :

jika beban lebih besar maka pilihlah motor induksi yang sesuai dengan HP ( horses power). Agar motor induksi tidak Trip.

3. arus pendek

Penyebab motor 1 phase dan 3 phase trip umumnya adalah short circuit Bisa saja motor induksi tersebut mengalami korsleting atau yang disebut juga dengan arus pendek (shor circuit), penyebab trip motor induksi biasanya kabel yang bersentuhan,  kabel power motor 2 phase,  terminal motor listrik pada kabel grounding sering lepas dan menyentuh kabel grounding.

Catatan :

Jika motor induksi  baik 1 phase atau pun 3 phase ngetrip lakukan pengecekan setiap bagian stator, kabel, rotor dan lain sebagainya untuk memastikan kondisi motor induksi tersebut baik-baik saja.

4. Kabel terkoneksi 2 phase

Pada bagian dan penyebab motor 3 phase trip adalah motor yang terkoneksi 2 phase (penyebab tripnya motor 3 phase)  dalam kasus kerusakan ini,  motor 3 phase yang salah sambung pada power motor menyebabkan trip biasanya tanpa kita sadari grounding. Pada kabel power salah pasang, Contohnya : tanpa sengaja dan kita sadari Kuning kita pasang ke body motor sedangkan hijau kita pasang ke koil motor (hijau mestinya phase)  nah pada bagian ini kita sering salah dan tanpa disengaja, begitupun saya sendiri. Hehehe. 
Kemudian adalagi contoh yang terkoneksi 2 phase misalnya kabel salah satu phase terputus ditengah,  atau lepas di terminal motor alhasil motor tersebut ngetrip Dan ada lagi masalah yang terjadi dengan kerusakan pada kontaktor pada salah satu solid konduktor kontaktor kontak utama yang menyebabkan panas pada kontaktor alhasil kontaktor hanya menyuplai listrik 2 phase saja kita tahu sendiri motor listrik akan pincang jika terkoneksi 2 phase.

Catatan :

Lakukan pengecekan pada kondisi  rangkaian kontrol menyala kemudian cek setiap kontak utama kontaktor dengan menggunakan tespen jika salah satu dari ke tiga kontak utama kontaktor pada lampu tespen tidak menyala ini artinya salah satu penyebab motor 3 phase atau satu phase ngetrip.

5. Overload tidak sesuai settingan

Indikasi pada motor 1 phase atau 3 phase trip penyebabnya bisa jadi overload tidak sesuai rate yang digunakan untuk motor induksi, karenanya kita membutuhkan overload yang sesuai pada name plate motor contohnya misalkan motor tersebut memiliki amper 5 maka kita setting diangka 5 kebawah,  kisaran 4 atau 3,5 saja agar motor memiliki proteksi beban lebih.

Adalagi biasanya overload tidak sesuai pada penggunaan motor listrik, motor yang besar kapasitasnya kita pasang overload yang lebih kecil pertama akan jelas trip dan lama kelamaan akan terbakar pada overload ini.

Dengan catatan :

Cek terlebih dahulu rate arus penggunaan motor 1 phase atau 3 phase baik tanpa beban dan menggunakan beban, dengan tang ampere fungsinya agar kita dapat melihat  settingan pada thermal overload relay untuk motor 3 phase dan 1 phase agar tidak ngtrip ketika beroperasi.

6. Stator (koil rusak)

Umumnya motor induksi  1 phase atau  motor induksi 3 phase yang trip diakibatkan motor tersebut panas,  pada koil (stator) yang mengalami kurasakan diakibatkan banyak macam kejadian seperti yang saya jelaskan, jika motor 1 phase atau 3 phase trip bisa jadi kerusakan pada koil mengalami putus pada gulungan kumparan akibatnya motor  menjadi mati dan pada overload relay trip,

Catatan :

Lakukan pengecekan pada koil motor listrik entah itu satu phase atau 3 phase dengan menggunakan multitester atau dengan visual anda.. Dalam arti ketika dilihat ada yamg tidak beres secara visual sudah tenggelamkan saja.


Klik disini : cara cek motor listrik 3 phase

Untuk cara mengetahui kondisi motor 1 phase trip klik disini : cek kondisi motor 1 phase 


7. Kapasitor

Pada bagian penyebab motor 1 phase pada penggunaan kapasitor teman-teman bisa melihat secara visual kapasitor motor 1 phase yang sering trip,  karna bisa jadi rusak dan bisa jadi juga menyentuh body motor sehingga menyebabkan tripnya motor induksi ini. 

Catatan :

Ganti baru kalau visual kapasitor sudah tidak layak pakai. Atau bisa cek di channel youtube saja cek kondisi kapasitor.

8 coolling fan

Pada motor induksi atau motor listrik 1 phase dan 3 phase penyebab overload relay trip bisa jadi pada cooling fan yang tidak aktif (rusak)  karna fungsi cooling fan adalah sebagai pendingin untuk motor tersebut.  Akibat tidak aktifnya cooling fan menjadikan motor  listrik induksi 1 phase dan 3 phase. Pada stator yang panas mengakibatkan indikator pada thermal overload relay muncul huruf (T), biasanya jika motor listrik 1 phase dan 3 phase ngetrip dan tidak aktifnya cooling fan (motor yang beroperasi diatas suhu normal)  jelas  ini menyebabkan tripnya motor induksi  atau motor 3 phase ini.

Yang teman-teman lakukan adalah memasang cooling fan (kipas pendingin motor)  kembali.

Penutup

Saya rasa cukup penjelasan dan pencerahan cara mengatasi motor induksi yang trip baik itu motor 1 phase atau motor 3 phase.

Terima kasih telah berkunjung.
Salam hangat

Wassalamualaikum,  wr,  wb.


Da da.... Bosku....












Related Posts