Cara kalibrasi timbangan digital A12E dan pemasangan kabel konektor DB9

 Assalammualaikum, Wr. Wb


Hai genks selamat pagi semoga kalian dalam keadaan sehat selalu jadi kali ini kita akan membahas mengenai timbangan digital skala ton genks. Dengan judul Cara kalibrasi timbangan digital A12E dan pemasangan kabel konektor DB9 di indikator A12E. Timbangan A12E ini sangat lumayan untuk digunakan.

Kalau kalian pernah melihat artikel saya sebelumnya, yakni tentang pemasangan kabel konektor DB9 di indikator. sayaki, jelas antar kedua indikator ini ada perbedaan dalam pemasangan kabel konektornya, meskipun sama-sama  konektor DB9.

Nah kita langsung ke teori dasar...


Skuyyyyyyyy gaskuen, genks !!!


Teori Dasar


Kalibrasi A12E dan pemasangan kabel konektor DB9
Cara kalibrasi timbangan digital A12E dan pemasangan kabel konektor DB9 


Indikator A12E atau dikenal juga dengan nama Sonic A12E memiliki cara tersendiri dalam mengkalibrasi. Oleh karena itu sedikit pemaparan artikel ini setidaknya bisa membantu agenk dalam cara mengkalibrasi indikator A12E atau Sonic A12E. Nanti saya juga akan menjelaskan cara memasang kabel konektor DB9 di A12E.

Lantas seperti apa sih Cara kalibrasi timbangan digital A12E dan pemasangan kabel konektor DB9 di A12E berikut ulasannya Genk :

Pastikan indikator dalam keadaan oke dalam artian semua peralatan pada kondisi fit baik steker dan lain sebagainya .

Cara kalibrasi A12E

  • Colok steker 
  • Tekan on bagian belakang timbangan
  • Sambil menekan # ( pagar ) beberapa detik
  • Lalu lepaskan pagar
  • Kita masuk ke mode D5 ( D5 merupakan kenaikan kelipatan angka pada beban dan indikator misalnya D5 ini terdiri dari kelipatan 1 sampai 50 angka kenaikan yang terbaca diindikator atau display timbangan, pililah sesuai keinginan kalian.
  • Next lanjut ke P 0.0 ( merupakan suatu sinyal pembacaan dalam penggunaan koma dan tidak ada dua pilihan disini untuk beralih ke mode tanpa koma tekan pagar ) pilih sesuai keinginan.
  • Tekan pagar untuk beralih ke mode berikutnya yakni FULL (full adalah tentang kapasitas biasanya kapasitas tergantung dari loadcell yang akan kita pakai, misalkan jika load Cell total 4 ton maka kita wajib memberikan spasi agar load call mempunyai keamanan dan agar tidak overload. Untuk masuk ke setting angka dari full ke setting angka tekan tare isi angka sesuai load Cell dan seperti penjelasan saya tadi. Tare untuk berpindah tempat dari angka depan ke angka belakang sedangkan zero untuk merubah angka dari 0 sampai 9.
  • Setelah selesai point barusan yang saya jelaskan, kita ke next. Tekan pagar masuk ke menu dibawah ini.
  • No load merupakan pemberitahuan ke kita untuk meyingkirkan beban yang ada di meja timbangan dengan anggapan pastikan kondisi meja timbangan tanpa beban. Setelah selesai tekan next pagar.
  • Kita masuk ke mode kalibrasi yakni Add load merupakan setting kalibrasi antara beban dan indikator harus sefrekuensi. Misalnya beban 100 harus terbaca 100 di display indikator timbangan digital. Untuk mensetting angka kalibrasi tekan tare yakni berpindah tempat dari angka depan ke belakang kemudian tekan zero untuk merubah angka 0 sampai 9. 
  • Catatan gunakan beban yang ringan saja untuk kalibrasi
  • Setting angka 100 Kg batu seratus kilo di di indikator timbangan lalu letakan baru timbangan di meja timbangan. 
  • Setelah itu kunci dan perhatikan lampu indikator timbangan yang bertuliskan stabil
  • Tekan lock tombol dibelakang indikator jika semua dirasa oke.

Nah genks saya rasa point diatas sudah semampunya saya jelaskan untuk kalibrasi timbangan digital A12E ini genks.  Bisa dipahami yah genks.


Kemudian kita ke pemasangan kabel konektor DB9 di timbangan digital A12E

Pertama Tama saya jelaskan tentang dB9 ini sedikit Genk DB9 merupakan konektor yang digunakan untuk timbangan atau yang lainya dengan memiliki beberapa pin kaki yang berjumlah 9 pin. Konektor DB9 juga memiliki socket mail dan female.


Jika dirasa penjelasan saya kurang sip, agenk bisa kunjungi channel YouTube saya di sini : 

Klik disini : cara kalibrasi timbangan A12E.

Jangan lupa subscribe...

Nantinya agenk akan diarahin ke channel YouTube saya yang saya sudah sajikan link tersebut diatas, untuk mempermudah  agenks dalam kalibrasi dan memasang kabel konektor DB9 di timbangan A12E.

Disitu tutorialnya lengkap genks.


Oke saya rasa itu saja yang dapat saya sampaikan terkait judul diatas yakni Cara kalibrasi timbangan digital A12E dan pemasangan kabel konektor DB9 


Saya tutup terima kasih sudah berkunjung ke blog ini...

Semoga bermanfaat.


Related Posts