Cara cek kondisi elco ( baik atau rusak) Menggunakan multitester digital

 Assallammualaikum, wr, wb


Pendahuluan


Gaes apa kabar lama tidak berjabat dan bersapa ria. Hehe ria mana ria..kali ini pada kesempatan yang tidak sia-sia ini saya selaku penulis artikel perbaikan peralatan kelistrikan ingin memberikan artikel tentang judul cara cek kondisi elco bagus atau rusak, pernah mengetahui bentuk elco dan untuk apa sih elco ini?


Langsung saja tanpa banyak basa-basi lagi gaskuen.


Teori Dasar


Elco atau kapasitor DC


Elco adalah kepanjangan dari electrolytic condenser biasanya berbentuk tabung dan disebut juga dengan kapasitor. Elco merupakan komponen elektronika, elco mempunyai 2 type kapasitor polar, bipolar /  nonpolar. Elco juga mempunyai 2 kutub kaki yakni kaki positif dan kaki negatif biasanya kaki yang panjang positif dan kaki yang pendek negatif hal ini berlaku untuk kapasitor / elco polar . Untuk negatif kita dapat melihat secara visual dengan tanda garis dari sisi  atas sampai kebawah artinya tanda garis tebal ini berpolaritas negatif. Jujur saja saya baru belajar mengenal dan mengamati elco ini.



Nilai dari kapasitas elco dari yang terkecil 0,47 mf sampai ribuan mf dengan tegangan volt sampai ribuan volt untuk satuan elco biasanya farad. Elco sering juga disebut dengan nama kondensator. Biasanya elco / kapasitor digunakan pada skema rangkaian elektronika, seperti catu daya dan lain sebagainya.


Elco / kapsitor polar

Jika kita melihat gambar diatas sebagai mana yang sudah saya edit dan secara visual ada garis hitam pada elco tersebut dan ini biasanya pada kaki negatif elco, adapun teman-teman dapat melihat elco dari kaki panjang positif dan pendek negatif serta ditandai garis hitam pada gambar diatas.


Jika kalian bertanya apa perbedaan kapasitor motor listrik, kipas angin (kapasitor tabung dan kotak) dan elco?! Perbedaanya hanya pada penggunaan arus listrik saja, elco digunakan untuk menyimpan arus DC lebih tepatnya menyimpan arus listrik searah atau arus listrik DC sedangkan kapasitor pada motor listrik satu phase untuk menyimpan arus listrik AC, saran baca name plate. bagaimana sih lambang elco? Atau kode simbol elco berikut gambar elco polar, non polar dan variabel :




Gambar diatas adalah contoh dari suatu elco atau simbol elco beserta jenis dari elco itu sendiri elco atau kapasitor polar, non polar dan variabel

Catatan elco atau kapasitor polar tidak boleh dipasang terbalik pada papan pcb.


Oke apakah cukup teori ini? jadi bagaimana cara cek elco itu sendiri bagus dan rusak atau bagaimana cara mengetahui kondisi elco atau kapasitor (bagus / rusak) :


1. Secara visual 



Elco rusak
Elco rusak


Elco polar atau electrolit kondensator secara visual dapat kita lihat melalui visual atau melalui penglihatan kita dengan cara bagian atas sisi tabung lawan dari bagian kaki elco atau kapasitor ini kita raba dan lihat apakah bergelembung jika elco ini bergelembung maka dipastikan dan dicurigai bahwa elco (kapasitor) ini rusak, secara pengukuran nilai elco ini sudah tidak sampai nilai yang terdapat pada body elco atau kapasitor.


2. Cara cek kondisi elco ( baik atau rusak) Menggunakan multitester digital


Selain secara visual kita dapat mengetahui bagaimana Cara cek kondisi elco ( baik atau rusak) Menggunakan multitester digital dengan secara pengukuran menggunakan alat ukur multitester digital, biasanya saya sering mengukur elco menggunakan multitester digital atau multimeter digital sanwa CD 800 A. Karna tingkat akurasinya sangat mantul berikut penjelasanya :


  • Siapkan alat multitester  / multimeter digital anda
  • ON kan dengan mengarah ke simbol seperti dibawah ini :

Multitesyer digital - elco
Cara mengukur elco atau kapasitor polar menggunakan multitester digital



Nah setelah ON dan diarahkan seperti gambar diatas teman-teman harus menekan select sebanyak 3 kali maka akan ada satuan huru hf gitu seperti gambar diatas.


Untuk merubah koma tekan range.

Ok sip

  • Ambil elco mu
Lihat pengekuran elco bagus atau rusak seperti gambar dibawah ini :

Elco - kapasitor - multitester / multimeter digital
Cara cek kondisi elco ( baik atau rusak) Menggunakan multitester digital

Nah Elco seperti gambar diatas berkapasitas 4,7 mikro farad dan elco yang saya ukur ini masih layak dipakai karna nilai yang terukur tidak jauh berbeda dengan nilai yang ada di body elco itu sendiri 4,7 mikro farad.

Tempelkan kabel probe multitester digital seperti gambar diatas.

Catatan jika elco yang kita ukur rusak maka nilainya akan sangat jauh berbeda pada angka yang terdapat di elco atau body elco.

Setiap pengukuran elco yang berbeda Nilai farad maka dipastikan teman-teman melihat nilai dari elco itu sendiri. 

Saya anggap teman-teman memahami cara baca satuan elco.

Bagaimana apakah sampai disini teman-teman paham.

Saya rasa cukup mudah ya cara mengukur elco bagus atau rusak.


Owekeh saya tutup dulu

Penutup

Saya rasa cukup tentang artikel kali ini yakni berjudul Cara cek kondisi elco ( baik atau rusak) Menggunakan multitester digital

Semoga bermanfaat

Salam hangat

By mamang hokage






Related Posts