Cara merakit relay 8 kaki tegangan 220 vol untuk mesin cuci

Assalammualaikum, Wr, Wb.


Hai genks apa kabar semoga dalam keadaan sehat selalu, jadi kali ini kita akan membahas mengenai relay yakni relay 8 kaki dan bertegangan 220 volt genks. Biasanya relay digunakan sebagai alat untuk membuat rangkaian kontrol baik untuk relay pengunci maupun relay tidak menggunakan pengunci, relay yang tidak menggunakan pengunci pada kontaknya biasanya digunakan untuk relay sistem phase failure relay.

Berdasarkan kegunaan relay, karena relay merupakan kapasitas Amper yang lumayan kecil jadi relay ini bisa kita gunakan untuk mengoperasikan peralatan listrik yang kapasitasnya tidak melebihi dari kekuatan relay ( kapasitas ). Contohnya yakni mesin cuci. Jadi saya juga pernah mempunyai pengalaman memperbaiki mesin cuci yang dimana menggunakan relay 8 kaki.

Untuk penjelasan relay skema nya ada disini genks :

Link skema relay 8 kaki 

Lalu bagaimana sih cara merakit relay 8 kaki? 

Bentar bos saya jelaskan spesifikasi relay terlebih dahulu :

Relay 8 kaki
Spesifikasi relay 8 kaki

Pada gambar diatas terdapat tegangan main dan arus yang mana ada level maksimum pemakaian tegangan dan ada juga  level minimum tegangan kerja dari relay dapat dilihat pada gambar. Kemudian apa sih DPDT pada relay DPDT adalah relay yang mempunyai 8 buah terminal terhitung dengan koil 2 buah kontak relay menjadi 6 buah dimana pada kontak terminal tersebut mempunyai peranan fungsi saklar NO dan NC. 

Jadi disini kita akan merakit relay dengan sistem pengunci sebagi contohnya saya sudah buatkan video yang dimana saya menggunakan beban motor mesin cuci. Siapa tahu saja kawan - kawan semua yang lagi bingung setidaknya dengan adanya artikel ataupun video ini bisa bermanfaat.

Untuk full videonya disini Genk :

Cara pasang relay 8 kaki


Oke genks saya rasa itu saja genks yang dapat saya sampaikan terkait judul diatas ada beberapa video yang ada di channel YouTube saya silakan mampir.


Saya akhir wassalam.


Baca juga artikel lainya 




Related Posts