Penjelasan relay omron type MY2-GS

Assallammualaikum, wr, wb.

Pendahuluan

Halo brother, apa kabar semoga dalam keadaan sehat selalu, pada pembahasanya kali ini saya ingin menjelasakan tentang relay omron type MY2-GS, nah artikel ini lebih kepada pengertian dan prinsip kerja relay omron type MY2-GS.

Apakah teman-teman pernah mendengar relay omron 8 kaki ini. Kalau belum mari kita bahas genks.

Asiap, ready, engkol mang.

Teori Dasar


Penjelasan relay omron type MY2-GS


Nah genks Relay omron type MY2-GS ini adalah sebuah saklar mini yang digerakan oleh koil yang ada didalam relay tersebut. Fungsi dari relay omron MY2-GS ini biasanya untuk memutus dan menyambung arus listrik karna memang pada kaki relay ada kontak NO dan NC, tergantung keperluan teman-teman untuk apa relay ini serta kombinasi yang teman-teman inginkan, seperti penambahan saklar toggel dengan relay omron type MY2-GS.

Relay omron type MY2-GS MY

Gambar diatas merupakan bentuk dari relay MY2-GS, adapun terdapat solid konduktor pada kaki relay omron untuk menghubungkan kaki relay ke terminal relay.

Pada tampilan dan penjelasan relay ini nanti saya jabar agar teman-teman dapat melihat dan memahami setiap penggunaan kaki, dan skema diagram dari relay ini.

Karna memang relay omron MY2-GS ini memiliki 8 kaki dengan tiap-tiap kaki memiliki Nomor-nomor yang berbeda-beda berikut gambar relay omron type my2-gs beserta no dari tiap kaki :

Nomor kaki relay type my2-gs.png
Kaki relay my2-gs

Karna dikaki relay ada nomor-nomor yang akan membantu teman-teman untuk menggunakan atau menentukan pemasangan relay type my2-gs ini berdasarkan kaki pada saklar switch relay ini.

Prinsip kerja relay omron MY2-GS

Prinsi kerja relay omron MY2-GS ketika kaki koil yakni 13 dan 14 diberi power listrik, maka kaki 1 dan 4 NC menjadi NO begitupun sebaliknya Kaki 8 dan 5 menjadi NC.

Catatan jika sumber dicabut maka akan sperti semula.

Relay ini tidak lepas dari prinsip kerja koil yang menjadi medan magnet ketika mendapatkan tegangan dan menarik kontak saklar switch yang telah dirancang khusus pada NO dan NC.

1. Koil relay omron MY2-GS

Nah koil ini merupakan pengerak dari setiap kontak Saklar switch NO dan NC, memang relay omron MY2-GS ini memiliki Kontak Switch NO dan NC jika koil relay omron diberi sumbar maka NC menjadi NO dan NO menjadi NC.

12 dan 4 = saklar switch NC begitupun 9 dan 1 = NC

Sedangkan 9 dan 5 = NO dan 12 dan 8 = NO

Penjabaran angka diatas berdasarkan kaki relay MY2-GS (bukan pada terminal)

Apabila anda kurang paham mengenai relay MY2-GS ini teman-teman dapat memilih opsi menggunakan multitester, dengan anggapan koil diberi sumber listrik 220 VAC.

Saya punya pertanyaan tentang relay MY2-GS bisakah menggunakan arus DC?

Jawabannya : bisa dengan rate tegangan 30 VDC dan arus 5Amper

Kembali lagi opsi untuk memahami relay MY2-GS ini agar cepat, menggunakan multitester seperti yang saya jelaskan beri sumber relay 13 dan 14 maka saklar switch pada relay akan berfunggsi nah cari kontak yang terhubung pada kaki-kaki relay menggunakan multitester dengan skala gelombang suara ini berfungsi agar kita dapat mengetahui dan mengembangkan fungsi dari kaki relay my2-gs ini.

Maksud mengembangkan disini kaki-kaki yang sudah kita ukur menggunakan multitester, dimana kontak kaki relay yang terhubung nanti kita bisa jadikan acuan untuk rangkaian apa yang akan kita Terapkan nanti sesuai keperluan kita.

Pemahaman relay my2-gs.png
Relay MY2-GS

Semoga bermanfaat untuk penulisan kali ini, mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata maupun penulisan.

Perlu diingat artikel ini bertujuan untuk pemahaman secara pribadi apabila teman-teman menemukan artikel ini, semoga dapat memberikan saran dan kritik jika terdapat kesalahan dalam pemahaman.

Selalu berfikir positif ambil yang baik dan buang yang buruk. Tonton juga pemahaman dan penjelasan tentang prinsip kerja relay omron my2-gs disini :

 


Saya akhiri.

Wassallamualaikum, wr, wb.

See you....





Related Posts