Penyebab mccb ( module case circuit breaker ) trip atau jatuh dan cara mengatasi

 Assalammualaikum, Wr ,Wb.

Hello brother apa kabar semoga kalian dalam keadaan sehat selalu, jadi genks saya punya pengalaman pribadi ini terjadi pada lusa kemarin penyebab mccb jatuh atau trip. Yang pengen saya tekankan MCB dan MCCB  beda genks ya, tapi pada prinsip kerjanya hampir sama.


Langsung saja kita simak genks cerita mamang tentang Penyebab mccb  ( module case circuit breaker ) trip atau jatuh dan cara mengatasi.


Teori Dasar 

Mccb ( module case circuit breaker)
Penyebab mccb ( module case circuit breaker ) trip atau jatuh dan cara mengatasi


Mccb kepanjangan dari saya rasa agens sudah paham mengenai kepanjangan dari mccb. Ya sudah saya tulis lagi apa itu kepanjangan dari MCCB listrik ( module case circuit breaker ). Jadi genks ceritanya begini, kemarin saya pernah mengalami mccb nya jatuh beberapa kali yakni kita tahu lah kalau mccb merupakan peralatan listrik yang bertegangan 380 volt. Yakni 3 kabel penggunaan ke kontak atau kutub dari mccb.


Jadi selama ini kita hanya memakai mccb dengan kapasitas Amper 160 A dan ini sebagai power atau sumber utama untuk ke distribusi. Yang jadi permasalahanya ini kok bisa-bisanya trip dan mccbnya jepret trus. Padahal selama ini kita menggunakan mccb ini dengan begitu banyak beban tidak pernah jatuh sama sekali. Dan kabel yang kita gunakan pun ikut meleleh. 

Aneh kan.


Padahal kita sebelumnya menggunakan mccb 160 A ini dengan motor exhaust fan 2 unit ditambah dengan motor blower 4 unit dan ada lagi motor steering dengan kapasitas arus 7,5 A. Sedangkan untuk exhaust fan dengan motor 15 A. Belum lagi dengan burner, motor keong blower kecil dan crane dua unit dan lain sebagainya genks.

Disini penjelasan saya diatas seperti exhaust fan tersebut sudah tidak aktif lagi genks begitu juga dengan crane hoist yang aktif cuma satu lalu motor blower 2 unit juga tidak aktif. Hal ini memicu tanda tanya. 


Kok bisa dia jatuh. 


Jadi kabel yang kita gunakan genks pada sumber utama yakni menggunakan kabel SR atau twisted kabel dimana pada isolasinya meleleh dan mccbnya pun trip. 

Kabel SR yang kita gunakan kita dobel kan. Jadi ke tiga phase R S dan T kita bikin 2 kabel tiap phase. Bisa dipahami yah.

Kabelnya tetap meleleh.

Saya tambah lagi ceritanya.


Jadi setelah pengurangan beban seperti exhaust dan lain sebagainya, kita ada penambahan beban baru yakni kompresor dengan kapasitas arus motor 22 Amper satu unit.

Yang jadi permasalah mccb 3 phase ini jatuh trus bukan karena kita penambahan beban seperti kompresor tadi genks.

Yakni ada permasalahan lainya, mungkin pendapat saya ini terjadi karena MCCB tersebut sudah lemah. 

Logikanya ketika kabel panas atau meleleh dalam waktu yang lama, otomatis pada mccb baik pada kutub atau pole nya ikut panas, kita tahu efek thermal pada kabel jika terjadi panas maka metal atau bahan yang terbuat dari metal tersebut akan ikut panas begitupun kabel yang ada didalam mccb ikut hangus dan menghitam. Dan lama kelamaan mccb tersebut ikut melemah. 

Ada beberapa opsi yang harus diperhatikan yakni cara mengatasi hal ini, ketika mccb jatuh terus kita harus melihat dan mencari solusi. Lantas seperti apa solusinya.

  •  Cari permasalahan yakni yang menyebabkan Amper tersebut naik
  • Ukur kabel sumber yang meleleh dengan multi tester digital dan tang ampere.
  • Matikan beberapa peralatan yang terjadi kenaikan arus amati dan ukur lagi kabel sumber utama
  • Jika dirasa semua  sudah dicoba tapi belum juga teratasi.
  • Opsi terbaik mengantikan mccb dengan kapasitas arus yang lebih tinggi misalnya 160  Amper tadi kita ganti dengan lebih tinggi. Menjadi misalkan 320 atau 250.
Nah saya ganti kapasitas mccb tersebut lebih tinggi alhamdullilah tidak ada masalah lagi sampe hari ini. Akan tetapi saya masih bingung dan timbul pertanyaan, yang jadi masalah sebenernya apa gitu loh. 

Yo wes genks yang paham silakan komentar dibawah untuk kita menambah wawasan bersama - sama, itung - itung menambah pengalaman. 

Oyah genks mampir yah ke channel saya ada tu link diatas YouTube channel silakan klik genks.

Terima kasih sudah berkunjung salam hangat genks.
Saya akhiri wassallam.....



Related Posts