Arti simbol pada wiring diagram instalasi kontrol motor listrik

Assallamualikum, wr, wb.

1. Pendahuluan

Seperti biasanya, kita akan sapa-menyapa terlebih dahulu ketika memulai penulisan artikel baru ini, oke langsung saja sapa-menyapanya. Apa kabar borther!? Semoga dalam keadaan baik-baik saja, tetap semangat dan jaga kondisi untuk selalu fit, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai simbol-simbol pada rangkaiaan kontrol untuk motor listrik. Langsung saja kita masuk pada pembahasan.

Siappp....

Jangan kasih kendor...

2. Dasar Teori

Pengenalan simbol rangkaian kontrol untuk membuat panel kontrol motor listrik berfungsi untuk memudahkan instalatir pemula, memahamai komponen-komponen dan simbol yang ada pada wiring diagram. Jadi tidaklah sulit jika tahu dasar dan bentuk kompenen dan simbol yang akan kita gunakan.

Pada dasarnya sistem rangkaian kontrol untuk motor listrik ini adalah sebagai pengaman motor induksi, tapi apa jadinya jika pemasangan rangkaiaan kontrol ini kita tidak dapat, membaca wiring diagram, beserta simbol-simbol yang ada pada wiring diagram.

Seperti yang kita ketahui ada banyak sekali contoh pemasangan kontrol motor listrik, sperti start-delta, direct online, forward reverse, dan lain sebagainya.

Jadi pemahaman simbol dibutuhkan seperti yang saya jelaskan tadi diawal mari simak simbol rangkaian control pada kelistrikan ini :

1. Simbol MCB (miniature circuit breaker)

Simbol MCB (miniature circuit breaker)

Pada gambar diatas adalah contoh gambar simbol MCB, biasanya simbol MCB ini berada pada posisi atas wiring diagaram. MCB ini adalah 1 pole atau singel pole (dengan mengunakan 1 kabel saja)

2. Start Push Button


Simbol  start push button

Pada gambar diatas adalah contoh simbol rangkaian kontrol start push button, jika terdapat simbol diatas akan terdapat kontak NO dan NC pada tiap terminal yang ada pada tombol push button (ketika ditekan deberikan gaya dorong pada tombol otomatis arus listrik akan melewati jalur pada terminal pada push button, simbol pushbutton tidak bisa mengunci atau lawan dari kata holding berbebeda dengan kontaktor pada bagian holding NO, ketika arus listrik masuk maka akan mengunci (kontaktor), intinya push button hanya memanfaatkan gaya dorong, tekanan.

3. Stop push button

Simbol stop push button

Pada gambar diatas adalah salah satu contoh dari simbol stop push button, pada simbol stop ini teradapat kontak NC pada wiring diagaram maka gambar diatas adalah petunjuk jenis  simbol push button pensaklaran posisi ON (arus listrik akan mengalir ketika diebrikan suplay arus listrik pada terminal NC dengan menekan tombol stop push button arus listrik berhenti memberikan suplai arus ke komponen yang terhubung(off).

4. Overload Relay Normaly Close

Overload Relay NC

Pada gambar diatas adalah contoh simbol overload relay NC (Normaly Close) yang dimana simbol ini adalah untuk pengaman motor listrik dari beban lebih, arus pendek. Biasanya terdapat kontak NC dan NO pada overload relay tapi untuk pengaman motor listrik umunya kontak NC yang lebih sering digunakan.

Next masih mau lanjut...

Engkol mang....

5. Overload relay NO (Normaly Open)

 Simbol Overload relay normaly open

Pada gambar diatas adalah contoh simbol kontak NO dimana simbol ini adalah pensaklaran kondisi saklar terbuka, dimana ini pada umumnya jarang digunakan pada pada instalasi rangkaian control untuk motor induksi. Simbol ini biasanya ada pada overload relay / untuk overload relay.

6. Normaly Close 

Normaly close

Pada gambar diatas adalah penunjukan suatu simbol kontak pensaklaran terutup.  Nah Sekarang saya ingin bertanya apa bedanya normaly close dengan push button normaly close?! Silakan pikirkan. Biasanya simbol ini terdapatan pada kontaktor, heheh bercanda, normaly close sama halnya dengan saklar tetapi dalam kontaktor ketika kontaktor bekerje, berenergi maka NC akan berubah menjadi NO ini sepengetahuan saya. 

7. Normaly Open 

Simbol Normaly open (off)

Pada gambar diatas adalah suatu contoh simbol pensaklaran, yang terdapat pada kontaktor, dimna simbol ini dianotasikan dengan NO (normaly open) atau holding pada kontaktor,  holding adalah dimana kontaktor pada bagian NO disebut juga pengunci. Lalu apa bedanya saklar pushbutton NO dan saklar NO pada kontaktor,  saklar kontaktro pada NO sperti yang saya jelaskan simbol ini bisa dibilang dengan pengunci untuk membuat arus listrik mengalir berkelanjutan dan stabil, NO dan NC pada kontaktor disebut juga dengan kontak bantu. Holding atau self holding  pada kontak NO mempertahankan kontaktor agar tetap ON setelah koil mendapatkan arus listrik pada kontak pushbutton yang detekan, dalam padangan ini  perlu digaris bawahi artinya Kontak NO pushbutton dan kontak NO kontaktor jelas berbeda.

8. Timer Normaly Open

Simbol Timer Normaly open

Pada gambar diatas adalah suatu contoh gambar dengan pensaklaran otomatis pada setingan watu dan mode pada timer omron, berdasarkan sesuai setingan yang diperlukan.

9. Timer Normaly Close

Simbol timer normaly close

 Pada gambar diatas adalah suatu contoh simbol pada timer omron yang dimana dianotasikan sebuah pensaklaran tertutup atau terhubung (jika diberikan arus listrik maka arus listrik akan mengalir melalaui jalurnya, dengan setingan waktu dan mode pada timer berdasarkan penggunaan yang diperlukan.

10. Indication lamp (lampu indikator)

Simbol lampu indikator



Pada gambar diatas adalah contoh simbol lampu indikator pada pintu panel, biasanya simbol ini dianotasikan dengan lampu pada kompenen suatu instalasi berdasarkan warna kegunaan  pada push button (push button hijau = lampu warna hijau = sedangkan push button merah = lampu warna merah, adapun warna kuning adalah untuk keterangan NO pada OL menyala, adapun arti dari lampu merah dan hijau, lampu merah menyala ketika terjadi beban lebih, lampu hijau  menyala ketika kontak kontaktor NC tertutup maka hijau menyala, penjelasan ini berdasarkan kegunaan pada panel, yang diterapkan utuk apa dan menjalan kan apa (sesuai kegunaan)

11. Single line kontaktor

Simbol kontaktor single line

Pada gambar diatas adalah suatu contoh simbol single line kontaktor dimna ini dinotasikan dengan sumber kontaktor yaitu A1 dan A2.

12. Three pole MCB ( MCB 3 Phasa)

Simbol 3 phase MCB


Pada gambar diatas adalah simbol 3 phasa MCB dimana ini dinotasikan sebagai sumber output dan input power pada jalur  arus listrik untuk menjalankan motor listrik atau sumber single phase yang digunakan  pada rangkaian kontrol  motor induksi.

13. Power kontaktor 

Power kontaktor

Pada gambar diatas adalah contoh simbol power output dan input pada kontaktor dimana ini dianotasikan sebagai power untuk megatur ON / OFF suatu motor listrik, pada saat kontaktor bekerja maka arus listrik akan melalui jalur kabel pada kontaktor dari power ke beban.

14. 6 terminal 3 pahasa motor induksi

Simbol 6 terminal 3 phasa motor induksi


Pada gambar diatas adalah suatu contoh simbol motor listrik 3 phase yang terdapat pada wiring diagram yaitu instalasi rangkaian power pada motor listrik dimana terdapat 6 kabel. Simbol ini adalah penggunaan pada rangkaian control motor induksi start delta atau  sama dengan motor yang berkapasitas besar misalnya motor 22 kw, maka untuk menjalankan motor berkapasitar besar harus menggunakan kabel 3 phasa pada hubung segitiga dan bintang artinya 3 kabel hubungan segitiga 3 kabel lagi hubungan bintang jadi total kabel untuk power motor induksi ada 6 kabel hubung terpisah pada contoh simbol diatas.

15.  3 phasa motor induksi

Simbol 3 pahasa motor induksi 

Pada gambar diatas adalah contoh gambar simbol motor pada wiring diagram atau gambar motor listrik dengan catu daya 3 phase. untuk menjalankan motor listrik menggunakan 3 kabel RST tanpa netral, biasanya motor yang berkapasitas relatif kecil dengan hubungan bintang, karna penggunaan amper yang kecil, dan tidak membutuhkan start awal seperti motor yang berkapasitas relatif besar.


Saya rasa cukup, penjelasan simbol wiring diagram listrik, semoga bermanfaat. Terima  kasih saya ucapkan. Wassallamualaikum, wr, wb.

Bye-bye.




Related Posts