Rangkaian kontrol listrik MPCB ( motor protection circuit breaker ) untuk motor 3 phase dengan selector switch dan kontaktor

Assalammualaikum, Wr ,Wb


Hai bro genks, apa kabar yang pasti sehat selalu buat kalian semua. Artikel kita kali ini membahas rangkaian kontrol atau skema pemasangan MPCB ke motor 3 phase, yang pasti saya rasa artikel ini agenks - agenks sudah pasti mengenal alat yang namanya MPCB  apa sih kepanjangan MPCB, yah genks benar sekali motor protection circuit breaker. Jadi artikel ini kita akan merakit rangkaian MPCB yang dikombinasikan dengan kontaktor dan selector switch...

Kita masuk ke teori dasar genks.

Teori Dasar

Rangkaian kontrol listrik MPCB  ( motor protection circuit breaker ) untuk motor 3 phase dengan selector switch dan kontaktor
Rangkaian kontrol listrik MPCB  ( motor protection circuit breaker ) untuk motor 3 phase dengan selector switch dan kontaktor 



Rangkaian kontrol listrik motor protection circuit breaker umumnya hampir sama dengan kontaktor dan thermal overload relay, akan tetapi untuk perbandingan harga jelas lebih murah dari MPCB ini genks. Karena cukup membeli satu unit sesuai kebutuhan dipastikan motor 3 phase anda akan insha Alloh aman.

Dikarenakan motor protection circuit breaker ini mempunyai 3 kutub maka dipastikan untuk 3 phase. Pertanyaan saya sederhanakan apakah bisa untuk 1 phase? Jawabnya Bisa genks.

Langsung saja kita ke pembahasan judul seperti apa sih Rangkaian kontrol listrik MPCB  ( motor protection circuit breaker ) untuk motor 3 phase dengan selector switch dan kontaktor :

Jadi ada bahan yang akan kita gunakan untuk merakit motor 3 phase dengan pengaman beban lebih dan short circuit yakni MPCB tadi. 
Bahannya apa sih bang ?!

Bahan dan alat pembuatan panel motor 3 phase dengan proteksi

  1. Kontaktor
  2. MPCB
  3. Selector switch
  4. MCB satu phase
  5. MCB 3 phase
  6. Terminal blog
  7. Sepatu kabel
  8. Kabel ties
  9. Moting kabel
  10. Kabel NYAF 1,5 mm
  11. Box panel 30 x 40 x 17

Ada yang kurang silakan tambakan sendiri.

Penjelasan cara merakit Rangkaian kontrol listrik MPCB  ( motor protection circuit breaker ) untuk motor 3 phase dengan selector switch dan kontaktor sebagai berikut :

  • Pasang peralatan komponen penunjang untuk rangkaian yang akan kita rakit seperti MCB 3 phase, MCB 1 phase, selector, kontaktor dan MPCB dan terminal blog.
  • Rakit kabel 3 phase phase terlebih dahulu atau rakit kabel dayanya.
  • Hubungkan phase MCB 1 phase untuk sumber 220 volt untuk kontrol kontaktor dan motor 3 phase dengan selector switch.
  • Rapikan
sebelum menjalankan motor 3 phase anda wajib setting  current atau overload dari MPCB untuk protection motor 3 phase, dan Jangan lupa untu pengujiannya.

Catatan :

Anda juga dapat menggunakan MPCB saja dalam merakit motor 3 phase dan tanpa penggunaan kontaktor dan selektor switch.


Saya sudah punya video terkait artikel untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal ini genks. Yakni Rangkaian kontrol listrik MPCB  ( motor protection circuit breaker ) untuk motor 3 phase dengan selector switch dan kontaktor. 

Link ke video : klik disini 

Setelah anda mengklik link diatas anda akan langsung diajak menonton video yang sudah saya buat dan masuk ke YouTube saya genks, Jangan lupa untu subscribe 
Dan berkomentar dengan bijak genks.


Oke genks ya saya rasa ini saja yang dapat saya sampaikan terkait judul cara merakit MPCB untuk motor 3 phase. 

Terima kasih sudah berkunjung
Saya akhiri.

Wassalamu'alaikum, Wr, Wb.

Artikel terkait lainya :

Related Posts