Penyebab amper tinggi pada motor listrik 3 phase

Assalamualaikum, wr, wb
Pendahuluan

Halo brother sahabat teknik, maintenance workshop. Jadi pada artikel kali ini saya akan membahas penyebab amper tinggi pada motor listrik 3 phase ( motor induksi ), kira-kira apa yang menyebabkan amper tinggi pada motor 3 phase anda?! Mari kita bahas bersama, langsung saja kita masuk pada teori dasar dibawah ini.

Teori Dasar

Motor 3 phase adalah motor yang digunakan untuk mendapatkan energi mekanik, gambar dibawah ini adalah contoh motor 3 phase, simak penjelasanya dibawa ini penyebab motor 3 phase amper tinggi atau penyebab motor 3 phase arus tinggi.

Amper tinggi pada motor 3 phase
Penyebab amper tinggi pada motor 3 phase


Jadi ada beberapa yang harus dibenahi ketika amper motor 3 phase yang kita gunakan untuk mendapatkan energi mekanik dari penggunaan motor 3 phase ini brother, biasanya motor 3 phase ketika amper tinggi menandakan gejala yang tidak sehat ketika kita menjalankan motor 3 phase dalam keadaan berbeban.

Saya ingin bertanya :

Biasanya motor listrik 3 phase ketika kita tahu amper tinggi bagaimana cara melihatnya? Yups benar sekali genks amper yang tinggi terjadi pada motor 3 phase sebagai mana kita tahu, bahwa amper terukur pada alat navigasi instrumentasi panel penujukan arus yakni amper meter lebih besar dari kapasitas amper maksimal pada motor listrik 3 phase, jadi harus dilakukan pengecekan guna motor 3 phase anda bisa normal dan ampernya turun.

Lantas apa yang menjadi faktor amper atau konsumsi arus yang besar pada indikator pengukuran arus yakni amper meter pada panel rangkaian kontrol?

Berikut penyebab amper tinggi pada motor 3 :

1. Bearing ( klaher )

2. Beban lebih besar dari motor 3 phase
3. Penggunaan poli tidak sesuai

4. Arus bocor


3 poin ini adalah point penting wajib kalian ketahui :

Saya akan jabar penjelasan mengenai penyebab amper motor 3 phase anda tinggi / besar sebagai berikut :

1. Bearing

Hal yang perlu teman-teman ketahui berdasarkan dari point no 1 ini penyebab amper motor yang tinggi atau besar biasanya pada bearing yang ada  Pada shaft rotor motor 3 phase anda, seperti yang kita ketahui jika bearing sudah rusak maka indikator jarum amper meter yang ada di panel akan naik hal ini, dapat membuat panas pada kumparan karna kelebialhan arus, bearing atau klaher jika sudah rusak maka shaft rotor tidak akan maksimal untuk berputar, bisa jadi berat dan akan menyebabkan amper atau arus pada panel navigasi penunjukan amper meter akan naik.

Saran : lakukan pengecekan terhadap shaft sebelum membuka tutup pada motor 3 phase anda dengan cara menarik shaft rotor dan mendorong shaft rotor jika goyang dipastikan akan menyebabkan amper naik.

2. Beban lebih besar dari penggunaan kapasitas motor 3 phase.

Salah satu penyebab amper tinggi pada motor 3 phase ( motor induksi 3 phase ) bisa jadi anda salah beli atau salah penggunaan motor, seperti yang kita ketahui semakin berat beban dari kapasitas maksimal motor maka dipastikan motor tersebut akan rusak. Hal ini perlu perhitungan matang ketika beban yang digunakan misalnya motor 0.75 kW anda gunakan untuk memutar beban 100 kilo tentu hal ini tidak wajar. Karena daya motor begitu kecil. Pastikan motor lebih besar kapasitas maksimal dan beban yang akan digunakan lebih pas, agar anda tidak mengeluarkan uang lagi dalam menggunakan motor 3 phase untuk mendapatkan energi mekanik.

Saran  : baca name plate motor agar anda tidak salah dalam memilih motor 3 phase untuk penggunaan energi mekanik.

Link klik disini :




Sudah dibaca di atas oke kita lanjut engkol bang steven.

3. Penggunaan poli tidak sesuai

Nah salah satu penyebab motor listrik amper tinggi bisa jadi pada poli yang kurang besar, jadi begini teorinya contohnya saat kita menggunakan sepeda bergigi, jika gear semakin besar maka kita ringan untuk mengayuh sepeda hal ini tentu sama dengan motor 3 phase jika kita menggunakan poli dengan perbandingan 1 : 1 misalnya ya ini maka dipastikan beban tersebut akan sama rata. 

Jadi saya cerita sedikit mengenai poli saya pernah punya pengalaman bareng temen kerja mengenai poli, kita menggunakan poli yang ukuran 4 inch di motor dan  6 inch di wayer cerobong asap, dengan menggunakan motor 3 phase 5 amper pada saat star awal tinggi banget bos kemudian pas  putaran normal sekitar 7 amper, kemudian kita ganti poli 5 dan 6 inch alhamdullilah berhasil. Amper jadi 4.

Walupun pada saat itu saya kurang ngeh ( ngerti ) juga, kekekek

Pengalaman adalah ilmu bos, ilmu itu mahal jika saya curhat masalah pendapatan adsense tidak seberapa bosku, dibandingkan ilmu yang kita dapat.

Kok ane jadi ngoceh gini ya....ehheheh.

Saran :

Gunakan poli yang baik agar torsi dan amper selaras.

4. Arus bocor

Penyebab motor 3 phase sering mengalami amper tinggi atau penyebab amper tinggi pada motor 3 phase  adalah arus bocor hal ini dapat kita ketahui dengan memegang bagian bodi motor 3 phase yang terasa nyetrum, penyebab arus bocor bisa jadi pada kumparan isolasi kumparan terkelupas biasanya isolasi ini berbahan sirlak. Dan digunakan untuk melapisi kawat email agar satu sama lain pada kumparan tidak bersentuhan selain sirlak teman-teman dapat menggunakan varnish untuk melapisi kumparan pada motor 3 phase anda.

Saran : jika pada kumparan ada yang terlihat terkelupas otomatis bisa jadi ini yang menyebabkan arus bocor hal ini bisa kita atasi dengan menyemprot sirlak untuk menutup kumparan yang tadinya terkelupas.

3 poin penting ini merupakan masalah atau penyebab motor 3 phase pada amper tinggi.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa sedikit memberikan pencerahan guna memperbaiki penyebab amper tinggi pada motor 3 phase anda.

Kita sama - sama belajar masalah yang anda alami saat kerja ataupun dirumah, apalagi berkaitan dengan kelistrikan atau motor 3 phase yang anda miliki.

Penutup

Okehhhhhh saya rasa cukup dan jelas tentang penyebab amper tinggi pada motor 3 phase yang teman-teman miliki. Untuk saran dan kritik yang membangun pribadi yang lebih baik akan saya terima, mohon maaf apabila ada salah kata maupun penulisan berkaitan judul , teori dan penjelasan.

Saya akhiri

Wassallamualikum, wr, wb.









Related Posts