Cara pasang kabel motor listrik 3 phase ( Hubung star dan delta)

Assallamualaikum, wr, wb.

Halo genks apa kabar?! Hari ini saya akan menjelesakan tentang pemasangan kabel untuk motor 3 phase menggunakan hubungan star ataupun delta. Nah memang motor listrik 3 phase bisa dipasang rangkaian star dan juga bisa dipasang meng delta. Nah memang pada artikel saya sebelumnya adalah cara pemasangan power motor listrik 3 phase pada rangkaian star delta. Menggunakan 6 kabel dan ini menggunakan 3 kabel ( phasa saja).

Langsung saja kita masuk ke teorinya oke bosku...

Teori Dasar



Dalam pemasangan kabel motor listrik 3 phase atau motor 3 phase biasanya terdapat 2 pilihan, yakni motor tersebut dihubung star atau hubungan delta memang pilihan ini tergantung pada beban yang akan kalian gunakan.

Jika beban tidak begitu berat, bisa menggunakan hubungan star dan jika beban pada motor listrik berat bisa menggunakan hubungan delta, perlu diingat dalam pemasangan kabel motor 3 phase, memang pada motor listrik tiga phase konsumsi arus lebih besar hubung delta dan kecil hubung star.

Jika teman-teman memasang kabel motor 3 phase ke  hubung delta wajib merombak mcb yang sudah terpasang sebelumnya ini mislakan terjadi perubahan.

Note : baca name plate

Pemasangan kabel motor 3 phase atau cara pasang dinamo 3 phase jika kita melihat dari skema diagram memang ada perbedaan dari hubung star dan hubung delta karna kopel atau jumper dari setiap kumparan lebih banyak hubungan delta. Nah saya ada video mengenai simulasi pemasangan kabel motor listrik 3 phase hubungan star dan delta video dibawah ini :



Langsung saja videonya ditonton sampai habis ya genks. Agar kalian mendapatkan sedikit pencerahan dari video diatas.

Umumnya cara pemasangan kabel motor 3 phase dari hubung star dan hubung delta memiliki kabel yang sama ingat ini bukan pemasangan kabel motor star delta untuk 5 kw diatas.

Artikel ini lebih ke motor 5 kw ke bawah.

Apakah motor 0,75 kw bisa dipasang delta ?

Umumnya motor 3 phase yang memiliki 3 kabel pada bagian input motor atau katakanlah untuk power motor tidak bisa dipasang ke hubung delta karna memliki 3 kabel hanya hubung star yang bisa digunakan.

Lantas apakah ada motor 3 phase 0,75 kw bisa digunakan hubungan delta?
Saya rasa ini kemungkinan ada. 

Kita masuk lagi pada pembahasan awal.

Karna pemasangan kabel motor 3 phase atau  tutorial pemasangan kabel motor listrik 3 phase hubung star dan hubung delta yang saya gunakan bertujuan untuk mengetahui hentakan awal start motor induksi memang video yang telah saya buat sedikit membarikan perubahan saat koneksi kabel motor 3 phase hubung star dan hubung delta, hentakan awal hubung delta lebih kuat dibandikan hubung star. 

Kenapa demikian? 

Ada yang bisa jelaskan?! Koment dibawah yaks. Saya belum paham ni.

Diyoutube saya ada percobaan motor 34 kw coba saja disono. Hehehe.

Kita lanjud lagi pada judul diatas

Dalam cara pasang kabel motor 3 phase atau cara menyambung kabel motor 3 phase kita dapat memasang power pada kabel terminal motor 3 phae di U1 V1 W1 dengang kabel power atau sumber pln R S T dan Netral ke body motor. Cukup mudah kan.

Saya telah membuat video, atau teman-teman dapat menonton channel saya tentang judul diatas, berikut video singkat yang telah saya buat :



2 buah video ini saling berkaitan guna melengkapi pemahaman teman-teman untuk cara memasang kabel motor 3 phase atau cara pasang kabel motor 3 phase untuk hubungan star dan hubungan delta.

Semoga 2 video yang saya berikan sedikit memberikan faedah atau memberikan pencerahan pada tutorial cara pasang kabel motor 3 phase.

Penutup

Untuk artikel kali ini saya rasa cukup dan jelas dengan judul diatas, semoga bermanfaat mohon maaf apabila terjadi kesalah kata ataupun ucapan yang kurang berkenan, saya akhiri.

Wassallammualaikum, wr, wb.


Bye-bye...

Related Posts