Cara cek kondisi kontaktor baik atau rusak

assallammuallaikum,wr,wb.

Pendahuluan

Huallow genks, sahabat perbaikan peralatan listrik, pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan penjelasan tentang artikel cara cek kondisi kontaktor bagus atau tidak atau cara cek kontaktor baik atau sudah rusak. Artikel saya kali ini akan sedikit memberikan pencerahan bagaimana cara cek kondisi kontaktor.

Berikut langkah teori dasar dan langkah pengerjaanya.

Teori penunjang

Cara cek kondisi kontaktor baik atau rusak.png
Cara cek kondisi kontaktor baik atau rusak

Kontaktor merupakan alat listrik suatu kompenen untuk pengontrolan motor induksi, yang dimana pada prinsip kerja kontaktor memanfaatkan induksi elektromagnetik dari gulungan atau kumparan yang terdapat didalam kontaktor. Nah jika kontaktor rusak pada kumparan maka kita dipastikan untuk mengecek kontaktor tersebut apakah kontator tersebut sudah rusak atau masih bagus.

Umumnya kontaktor memiliki kontak utama dan kontak bantu, dimana kontak utama ini sering mengalami kerusakan akibatnya kita lagi-lagi harus melakukan pengecekan  untuk mengetahui kontaktor masih bagus atau tidak, berikut gambar petunjuk pada kontak utama kontaktor, kontak bantu kontaktor, sumber koil guna memudahkan teman-teman dalam melakukan pengecekan kondisi kontaktor bagus atau tidak :

Bagian-bagian kontaktor yang hendak dilakukan pengukuran

Gambar diatas merupakan contoh gambar yang akan membawa teman-teman pada langkah pengukuran kontaktor jika mengalami kerusakan pada tiap-tiap kontak bantu, kontak utama dan sumber koil kontaktor berikut penjelasanya :

1. Kontak utama

Kontak utama atas ini adalah kontak daya ke motor listrik atau menghubung sumber listrik 3 phase untuk pengontrolan motor induksi berdasarkan rangkaian kontrol yang digunakan.
Pada umumnya kontak utama atas dan bawah terhubung satu sama lain jika bagian tengah kontaktor ditekan atau kontaktor A1 dan A2 diberikan sumber listrik 220V. Rangkaian kontrol biasanya bekerja pada tegangan 220V sedangkan kontak utama pasa kontator bekerja pada tegangan 380V karna kontak utama kontaktor merupakan bagian pemutus dan pengendali motor listrik baik motor listrik 1 phase dan 3 phase.

2. Kontak bantu 

merupakan kontak pensaklaran kontaktor yang terhubung pada bagian kontak bantu atas dan kontak bantu bawah, terdapat pula tulisan NO bagian atas NO bagian bawah dan NC bagian atas dan NC bagian bawah. Jika mengalami kerusakan pada bagian kontak bantu. Kita dapat mengecek kontaktor menggunakan alat ukur multitester dengan cara pasang kabel probe multitester warna merah di kontak bantu NO atas dan pasang kabel probe multitester warna hitam pada bagian kontak bantu bawah NO.

Kemudian tekan bagian tengah kontaktor jika kontaktor berbunyi artinya kontaktor bagus jika tidak berbunyi maka kontak bantu rusak.


Baca juga artikel ini : 


Simak beberapa langkah cara cek kontaktor berikut ini :

1. Cara cek kontaktor pada kontak utama

Cara cek kontaktor pada kontak utama

Pada langkah pengecekan ini dilakukan guna untuk mengetahui kontaktor pada kontak utama jika kontak utama yang anda alami mengalami keruskan, berikut langkah dalam mengecek untuk mengetahui kondisi kontaktor masih bagus atau tidak lihat gambar diatas :

  • Siapkan multitester/tang amper/alat ukur kelistrikan
  • Putarlah skala probe multitester pada pada tahanan atau gelombang suara
  • Pasang kabel probe multitester pada kontak utama dari ketiga lobang lihat gambar diatas
  •  Lakukan pengecekan kontak utama ketiga lobang kontaktor  diatas
  • Jika kabel probe multitester sudah dipasang pada bagian lobang kontaktor, maka teman-teman diwajibkan menekan bagian tengah kontaktor.
  • Kemudian jika terdapat suara pada alat ukur berbunyi tittt atau jarum multitester bergerak, maka kontak utama bagus atau tidak rusak
  • Jika kontak utama dari ketiga lobang terdapat salah satu tidak bersuara maka dipastikan kontak utama tersebut rusak
Catatan

Langkah pengerjaan guna mengetahui kondisi kontaktor masih layak pakai atau tidak. saya praktekan menggunakan gelombang suara dan menggunakan tang amper jika teman-teman menggunakan multitester carilah gelombang suara atau tahanan ohm, dengan anggapan berikut ini :

  • Jika jarum multitester bergerak artikan kontak utama bagus dan sebaliknya (langkah pengecekan kontaktor menggunakan multitester pada tahanan atau ohm)
  • Teruskan sampai ketiga lobang kontak utama kontaktor dicek semua
  • Jika jarum multitester tidak bergerak maka dipastikan kontak utama rusak
Sampai disini  oke?!

Next kita lanjud ke cara cek kondisi kontak bantu kontaktor berikut gambar penjelasan :

Cara cek kondisi kontaktor bagus atau rusak.png
Cara cek kondisi kontaktor pada bagian kontak bantu

Pada gambar diatas langkah pengecekan kontaktor pada bagian kontak bantu teman-teman dapat melihat gambar dan diperbesar melalui hp anda.

Catatan pengecekan kontaktor kontak bantu

  • Jika  ditekan bagian tengah kontaktor Maka akan menimbulkan suara tittt ( menggunakkan gelombang suara) maka kontaktor bagus alias tidak rusak begitupun sebaliknya.

  • Teruskan pengecekan ke kontak NC kontak bantu, gunakan kabel probe alat ukur, tekan bagian tengah. Jika kontaktor bersuara artinya rusak jika ditekan tidak bersuara artinya bagus, adapun pengecekan lainya pada kontak NC jika tidak ditekan bagian tegah kontaktor dan kabel probe terhubung di masing-masing kontak NC bantu, jika langsung menimbulkan suara artinya bagus jika tidak bersuara artinya rusak.
  • Jika menggunakan multitester jarum, pada skala probe OHM jika jarum meultitester anlog bergerak sebelum ditekan bagian tegah kontaktor artinya kondisi kontaktor bagus. Begitupun sebaliknya. jika ditekan bagian tengah kontaktor tidak bergerak jarum artinya kontaktor bagus begitupun sebaliknya juga.

Tidak rumitkan. Teman-teman paham kah tulisan saya. Semoga saja paham ya.

Kemudian next langkah berikutnya :


Nah dalam langkah pengecekan kontaktor dibagian sumber yaitu A1 dan A2 ini merupakan bagian koil kontaktor atau bagian induksi elektromagnetik kontaktor.

Untuk mengetahui kondisi kontaktor bagus atau rusak di bagian koil A1 dan A2 maka teman-teman langsung pasang saja sumber listrik jika tidak berenergi kontaktor tersebut atau bergerak maka ini dipastikan kontaktor rusak pada koil kumparan kontaktor.

Nah ini genks ada video nya tonton sampai habis genks dan jagan lupa subcribe, like koment dan share ke penerus generasi selanjutnya :



Jika tidak puas dengan video kecil ini bisa klik link youtube saya disini genks :


Note :

Jika temen-temen mengklik link diatas temen-temen langsung masuk ke video youtube saya yang sudah saya buat dan menonton video bagaimana cara mengecek kondisi kontaktor bagus atau rusak

Terima kasih atas support kehidupan pada channel ini genks, semoga bermanfaat genks.....



Penutup

Semoga dengan adanya artikel ini sedikit memberikan pencerahan pada artikel saya yang berjudul cada cek kondisi kontaktor bagus atau rusak.

Semoga bermanfaat

Salam hangat.

Bye-bye....




Related Posts