Bagian-bagian kontruksi pembangkit listrik tenaga angin

assallamuallaikum, wr, wb.

Pendahuluan

Halo sahabat teknik maintenance workshop (perbaikan peralatan listrik). Pada artikel kali ini saya ingin membahas tentang bagian-bagian pembangkit listrik tenaga angin, biasannya pembangkit listrik energi angin dikenal juga dengan pembangkit listrik energi bayu, energi bayu sama dengan energi angin. Sebelum kita masuk pada penjelasan pembangkit listeik tenaga angin (bayu), saya ingin menyapa shobat sekalian. Bagaimana puasanya masih lancar??!. Semoga  puasanya sampai dihari terakhir ya.

Oke langsung saja tanpa banyak basa-basi lagi.

Teori dasar

Energi angin atau pembangkit listrik tenaga angin merupakan energi terbarukan yang tidak akan habis. Kita tahu pembangkit listrik tenaga angin ini memanfaatkan angin untuk memutar blade atau baling-baling yang terhubung / terkopling ke generator biasanya didalam kontruksi atau bagian-bagian pembangkit listrik tenaga angin ini memiliki gearbox yang berguna atau berfungsi untuk mendapatkan putaran maksimal dari hembusan angin yaitu berupa kecepatan meningkatkan RPM pada suatu generator, biasanya gearbox yang digunakan berdasarkan skala yang dibutuhkan untuk mendapatkan putaran maksimal.

Ada beberapa bagian-bagian pada pembangkit listrik tenaga angin yang wajib kita ketahui agar kita dapat menerapkan dan menggunakan kontruksi untuk sebuah pembangunan pembangkit listrik tenaga angin (bayu) khusunya didaerah yang sulit akan adanya sumber listrik.

Ya elah mantul, hehehe.

Berikut bagian-bagian kontruksi penting dari pembangkit listrik tenaga angin yang wajib kita ketahui :

Bagian-bagian kontruksi pembangkit listrik tenaga angin.png
Bagian-bagian kontruksi pembangkit listrik tenaga angin

Pada gambar diatas menunjukan suatu kontruksi bagian terpenting pada suatu pembangkit listrik energi angin, contoh gambar diatas nanti saya akan jabarkan penjelasan sesuai petunjuk gambar agar teman-teman dapat mudah memahami bagian penting  Suatu pembangkit listrik energi angin berikut 9 point penting kontruksi energi listrik angin.

  1. Angin
  2. Rotor blade
  3. Gear box
  4. Nacelle
  5. Generator
  6. Power cable
  7. Tower
  8. Trafo step up 
  9. Switchyard

Berdasarkan 9  point  diatas nanti kita jabar penjelasan berdasarkan bagian-bagian penting pembangkit listrik tenaga angin. contoh  dari gambar berserta fungsi alat pada kontruksi energi listrik angin ini.

Kuy dibaca sampai habis, agar tidak gagal paham.



1. Wind (angin)

Dalam gambar satu atau gambar yang terdapat tulisan angin tentunya teman-teman paham betul mengenai angin. Jelas sekali energi listrik yang dihasilkan dengan mengkonversikan energi angin. melalui kincir atau baling-baling Untuk memutar generator yang jelas tanpa angin tidak akan ada gerakan untuk memutar generator, oleh karna itu angin, pada pembangkit listrik tenaga angin ini adalah hal yang tidak dapat dipisahkan.
Ya namannya juga pembangkit energi angin ya genks.
Bagaimana juga dengan data angin yang ada diindonesia apakah cukup untuk membuat suatu pembangkit energi listrik tenaga angin.

Dari sumber yang saya baca  pada website Bps.go.id. berdasarkan data statistik bangka belitung memperoleh nilai kecepatan angin 4, 05 m/det. Pada tahun 2015. Sayang sekali untuk 2020 saya tidak melihat di tabel.
Lantas apakah dibangka belitung baik jika dibangun pembangkit listrik tenaga angin!?!

Next point ke 2 

2. Rotor blade (pisau baling
-baling)

Rotor blade atau pisau baling-baling mempunyai beberapa bilah pisau biasanya rotor blade pada pembangkit listrik tenaga angin memiliki 3 buah pisau ada juga yang mempunyai 2 buah pisau.

Prinsip kerja pisau atau blade pada pembangkit listrik tenaga angin atau bayu,  jika angin bertiup disisi bilah maka menyebabkan bilah terangkat dan berputar.

3. Gear box (kotak gigi pembangkit listrik energi angin)

Umunya gear box atau kotak gear memiliki  kecepatan putaran tinggi ke kecepatan putaran rendah, masing-masing gearbox memiliki skala yang berbeda contohnya misalkan gear 41 ke gear 20 maka ini menandakan memperbesar putaran yang telah diatur berdasarkan skala keluaran dari generator, sesuai keinginan. Berdasarkan poros  gearbox masing-masing antara generator maupun  poros pisau angin,

Umumnya poros pada pembangkit listrik energi angin terkopling satu sama lain biasanya roda gigi besar ke roda gigi kecil satu sama lain terpasang (tergigit), sori bahasanya agak aneh.heheh.

Nah pada pengaruh roda gigi atau putaran rotasi  meningkatkan putaran dari 30 hingga 60 putaran per menit. Atau 1000 rpm ke 1800 rpm, nilai ini adalah nilai sebagian besar pada umunya generator  untuk memperoleh keluaran energi listrik dari genertor berdasarkan penggunaan energi mekaniknya.

4. Nacelle

Nacelle pada bagian-bagian pembangkit listrik tenaga angin atau pembangkit listrik tenaga bayu merupakan bagian atas pada menara dan berisi gear box, poros kecepatan rendah dan tinggi, rem, generator dan kontrol.

Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa nacelle pada pemabngkit listrik tenaga angin merupakan kontruksi berupa lemari atau penutup rumah dari pada bagian dalam pembangkit listrik tenaga angin itu sendiri kegunaanya jelas untuk melindungi dari panas, hujan serta suhu tempratur yang tidak normal.

5. Generator

Nah kalau generator jelas pasti teman-teman pada tahu, apa itu generator.
Generator sendiri pada bagian-bangian kontruksi pembangkIt listrik tenaga angin/banyu, Merupakan bagian terpenting untuk mendapatkan sumber listrik karna tanpa generator jelas tidak akan ada arus listrik yang mengalir pada kontruksi pemasangan pembangkit listrik tenaga angin ini.

6. Power cable (kabel suplai listrik ke beban)

Bada bagian-bagian terpenting kontruksi pembangkit listrik tenaga angin point no 6 ini, merupakan kabel pemabangkit listrik tenaga angin untuk mensuplai arus listrik ke beban atau bisa saja ke trafo  step up terlebih dahulu.

Bijimane point ini kita lanjud point ke 7, oke gasken dedek bang.

7. Tower

Tower merupakan bagian peting dalam kontruksi pembangkit listrik energi angin, karna tanpa tower Tidak akan dapat menemukan putaran yang dinginkan sehingga balde otomatis tidak berputar tower sendiri dipasang berdasarkan ketinggian yang ditentukan guna mendapatkan putaran atau rotasi seperti yang saya jelasakan di gearbox pembangkit listrik energi angin ini. Teman-teman dapat melihat gambar sekema pembangkit listrik tenaga angin diatas.


8. Trafo step up

Pada point 8 ini merupakan kontruksi atau bagian-bagian dari kontruksi pembangkit listrik tenaga angin yaitu trafo step up dimana pada trafo pembangkit listrik tenaga angin biasanya difungsikan Untuk menaikan tegangan untuk didistribusikan ke jaringan tegangan rendah, menegah hinga jaringan tegangan tinggi, dengan anggapan jumlah turbin angin lebih banyak.

9. Switch yard

Switch yard pada pembangkit listrik tengan angin difungsikan untuk peletakan komponen utama gardu induk, dimana switch yard pada umunya diartikan dengan pemasangna komponen gardu induk diarea yang luas dan luas untuk itulah disebut switch yard.


Pada artikel pembangkit listrik tenaga angin ini merupakan dasar pemahaman sederhana dalam kontruksi bagian-bagian penting dari suatu pemabngkit listrik energi angin, semoga dapat membantu teman-teman dalam memahami bagian-bagian pembangkit listrik tenaga angin.

Penutup

Saya rasa cukup dan sampai disini penjelasan tentang bagian terpenting dari kontruksi pembangkit listrik tenaga angin.

Semoga bermanfaat.







Related Posts