Penyebab rusaknya headset (handpone / hp) dan Cara memperbaikinya

assallammuallaikum, wr, wb

Pendahuluan

Selamat pagi para pencari rezeki, hari ini saya ingin memberikan pencerahan mengenai cara memperbaiki headset hp atau headset hendpone yang rusak dan 3 point yang menjadi rusaknya headseat anda lalu saya kan memberikan pencerahan bagaimana cara memperbaiki headset mati total dan lain sebagainya. Tapi sebelum kita masuk pada topik pembahasan ada baiknya kita berdoa demi kelancaran bersama.

Oke ready go...

Teori penunjang

Pada cara memperbaiki headset hp atau headset handpone, kita harus mengenal terlebih dahulu beberapa penyebab headset anda menjadi rusak yaitu sebagai berikut :

  1. Hedaset sering dibawa tidur
  2. Headset sering ditaruh dikanton atau saku celana tanpa merapikan headset dan mengulungnya 
  3. Tanpa sadar  tali headset tertarik 
  4. Tanpa sadar speker headset terbentur beda keras.
Dari contoh diatas apakah anda merasakan anda seperti pada 4 point diatas. Jika tidak tidak mungkin anda mampir search google dan mencari tutorial cara memperbaiki headset.

Iya kan...brother?!!

Dari beberapa penyebab diatas munculah kerusakan dan gejala sperti headset mati total, headset anda speker cuma hidup sebelah kanan ada juga yang speker headset menyala sebelah kiri, kabel putus dan lain sebagainya, nah sebelum kita masuk pada praktek cara memperbaiki headset hp berikut penjabaran beberpa point yang ingin saya tulis dan lalu saya akan memberikan tips bagaimana cara memperbaikinya berikut point gejala Keruskaan yang  sering terjadi pada  headset hp/hendpone anda :

1. Speker headset mati total atau rusak baik itu  speker kiri ataupun speker sebalah  kanan
2. Speker suara mic headset rusak 
3. Kabel headset hp/handpone  putus

Dari contoh diatas beberpa kerusakan yang sering teman-teman alami merupakan contoh sederhana yang menyebabkan headset tersebut harus diperbaiki guna bisa aktif dan tidak lagi membuat galau, kesepian akibat headset anda rusak.

Cara memperbaiki headset hp / handpone berdasarkan point kerusakan yang saya tulis diatas :

1 speker headset hp mati total

Pada cara memperbaiki headset yang mati total sungguh  kerusakan headset  yang tergolong berat karna anda akan dihadapi dengan banyak pengukuran menggunakan multitester dengan cara sebagai berikut :


  • Dalam kasus perbaikan headset yang mati total anda harus mahir dalam menggunakan alat ukur, oke saya anggap anda sudah mahir
  • Kemudian langkah pertama anda harus melihat kabel headset yang terlihat mencurigakan seperti isolasi kabel sudah terlihat sobek.
  • Potong menggunakan gunting
  • Siapakan alat ukur anda
  • Lalu ukur pada bagian colokan ke hp seperti gambar dibawah ini
Penyebab rusaknya headset (handpone / hp) dan Cara memperbaikinya.jpeg
Penyebab rusaknya headset (handpone / hp) dan Cara memperbaikinya

Gambar diatas menunjukan sekema pengukuran dari colokan kepala headset ke hp / heandpone, apakah teman-teman bida membaca tanda diatas?! Kabel tersebut terhubung pada setiap tangga colokan. Kabel Biru terhubung ke bagian bawah colokan ini contoh sederhananya.

Jika sudah paham maka kita masuk pada pengukuran menggunakan alat ukur, misalnya kabel biru untuk kabel probe merah alat ukur (koneksikan) kemudian bagian bawah colokan pakai kabel probe hitam (hubungkan), setelah itu akur multitester ke ohm skala x1 atau suara. Jika jarum bergerak maka kondisi bagus jika rusak jarum alat ukur multitester tidak akan bergerak.

Lanjudkan sampai ke 4 kabel. Oh iya lupa saya.

Arti warna kabel headset  

  • Gronding (hitam) headset
  • Kuning mic headset
  • Merah speker headset kanan
  • Biru speker headset kiri

Gambar diatas adalah contoh pemahaman dan penjelasan agar mudah ke pengukuran selanjutnya.

Cara memperbaiki pada bagian speker headset tidak bersuara yakni sebagai berikut :

1. Buka bagian kepala speker atau penutup speker lihat kabel yang tekoneksi dikepala speker headset yang tidak bersuara, jika lepas solder ulang.

2. Ukur menggunakan alat ukur pada kabel seperti gambar diatas dimana biru dan merah adalah untuk speker kiri dan speker kanan. Dengan anggapan karna kabel sudah kita potong bagian tengah lalu kita ukur saja kabel dari speker headset dan kabel yang tepotong ditengah.

3. Setalah itu cek kabel pasang kabel probe multi  hitam dibagian terpotong, diwarna merah (speker sebalah kanan) lalu pasang kabel probe merah  Alat ukur diheadset speker berwarna merah, ingat diheadset speker...

Pastikan alat ukur diskala OHM, jika jarum bergerak artinya headset yang menuju ke speker kanan bagus jika tidak bergerak berarti rusak.

4. Lakukan lagi ke pengecekan speker kiri jika speker headset kiri rusak. Jika tidak ngapain dicek...heheeh.

Gampang kan...

Maksud saya teorinya gampang...hehehe

Tapi mudah kok.

Penutup 

Saya rasa cukup penjelasan tentang penyebab headset rusak dan cara memperbaiki headset handpone ini, semoga sedikit memberikan pencerahan, ane ngk minta banyak bro sedikit saja sudah alhamdullilah saya.

Hehe

Tks for kunjunganya.

Semoga bermanfaat

Maaf kalau ada salah kata baik ucapan. Tulisan maupun, typo huruf.

Proses pengetikan menggunakan handpone.

Bye -bye....






Related Posts