Penyebab motor kapasitor 1 phase lemah (putaran)

Assallamulaikum wr, wb

1. Pendahuluan

Halo sobat teknik maintenance workshop hari ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab putaran motor 1 phase kapasitor lemah, tapi sebulum kita masuk pada penjelasan lebih lanjut tentang cara menangani motor kapasitor yang lemah pada putaranya. Saya ingin menyapa sobat semua bagaimana kabar hari ini? Semoga dalam keadaan sehat selalu dan murah rejekinya. tetap semangat ya....langsung saja kita masuk pada pembahasan topik judul diatas...

Gas gan....gas aje...


2. Teori Dasar

Cara mengatasi motor air blower lemah putaranya.jgp
1 phase motor blower
Sumber gambar (m.indiamart.com)

Seperti yang kita kenal motor 1 phase atau motor kapasitor tentu tidak akan bertahan lama dalam kondisi 100 % terkondisikan tidak pernah rusak. Baik dari segi kumparan motor (stator), bering (klaher), rotor motor 1 phase dan lain sebagainya, motor 1 phase adalah motor yang memanfaatkan kapasitor sebagai pembantu dalam start awal atau torsi awal untuk menjalankan motor listrik induksi 1 phase, ketika dibeban puncaknya.

Jadi ada beberapa penyebab kerusakan yang menyebabkan motor 1 pahse seperti motor kipas angin, motor pompa air, motor blower, dan lain sebagainya. Putarannya agak melambat, apa saja yang harus kita perlu ketahui dalam mengatasi motor 1 phase yang lambat dalam berputar contohnya pada mesin blower.

Dalam kasus perbaikan yang saya temui seperti motor listrik 1 phase kapasitor atau kipas angin yakni motor pompa air, motor fan blower, motor kipas angin ada beberpa hal yang menyebabkan putaranya agak melambat yaitu sebagai berikut.

2.1.   Ada beberapa Penyebab motor 1 phase kapasitor seperti kipas angin, motor single phase air blower dan lain sebagainya yang putaranya melambat atau pelan yaitu  sebagai berikut :

1. Bearing / klaher


Bearing
Sumber gambar (gridoto.com)
Penyebab motor blower single pahse yang lemah pada puataranya adalah bisa jadi pada bearing atau klaher pada as rotor yang keras menyebabkan motor single phase blower tidak maksimal dalam melakukan putaran, yang wajib teman-teman lakukan adalah dengan menganti atau memberikan sedikit oil atau WD untuk membersih karat pada bearing.

2. Rumah Bearing motor single phase (motor pompa air, motor blower, motor kipas angin)

Tutup motor 1 phase kapasitor


Adapun penyebab pada motor 1 phase kapasitor atau motor blower yang melemah putaranya dikarnakan rumah bearing atau penutup bagian pada rotor depan dan belakang yang telah terkikis atau termakan gesekan pada bearing itu sendiri sehingga,  as rotor dan bearing ikut memutar (tidak mantapnya posisi rumah bearing pada as rotor). Untuk perbaikanya ada beberapa opsi yang  teman-teman bisa lakukan yakni opsi 1. Teman-teman bisa menganti rumah bearing atau membuat lubang kecil pada silinder rumah bearing (seluruh rumah bearing agar bearing mantap dan tidak bergerak ketika motor 1 phase berputar pada kecepatan maksimum). opsi ke 2. Dengan menambahkan sedikit Bahan almunium Dari kaleng bekas minuman, pada rumah bearing dengan membuat lobang ditengah kaleng dan memasukan As rotor pada lobang kaleng tersebut kemudian barulah memasang penutup rumah bearing lihat gambar dibawah ini :

Cara mengatasi motor air blower melemah




3. kapasitor motor singel phase ( 1 phase)


Penyebab motor blower (motor kapasitor) yang lemah putarnya

Pada kerusakan motor listrik 1 phase air blower yang putaranya tidak maksimal atau lambat yaitu bisa jadi kapasitor yang sudah melemah. Teman-teman bisa cek kapasitor disni

1. Cara cek kapasitor
2. Cek kondisi kapasitor

Catatan

Kapasitor yang bagus nilainya akan sama yang terbaca pada  alat ukur maupun name plate pada spesifikasi yang terbaca. Jika nilai yang terbaca tidak sama pada name plate atau nilai sudah turun artinya kekuatan motor 1 phase akan lemah.


Jika semua pilihan diatas telah diterapkan insha alloh motor tersebut normal kembali.

3. Penutup

 Saya rasa cukup dengan penjelasan  Diatas Semoga bermanfaat, saya ucapkan wassalamualaikum, wr, wb.

Sampai juga lagi diartikel selanjutnya...

Bye-bye..








Related Posts