Penyebab stabilizer (stavolt) bersuara berisik Tidak hilang

 Assallammualaikum, wr,wb.


Pendahuluan


Hallo bosku....sahabat teknik maintenance workshop. Kali ini pada artikel saya yang berjudul tentang Penyebab stabilizer (stavolt) bersuara berisik Tidak hilang. Jadi problem saya sakarang cara mengatasi stavolt yang bersuara kreeekkkkkkkkktekkk.....tidak hilang.


Hal ini tentu menimbulkan tanda tanya dan bahaya peralatan jika terjadi konsleting. Karna kita tahu jika terjadi konsleting pada stabilizer apa alagi jika memakai beban untuk menggunakan stavolt atau stabilizer tentu menimbulkan rasa cemas takudnya jika beban yang kita gunakan ikut rusak.


Lantas apa yang menyebabkan stavolt atau stabilizer ini bersuara berisiki (trekkkkkkkkktekkkkkk) tidak hilang.


Skuyssssss diteropong genk!!!!


1. Teori Dasar


Stabilizer / stavolt
Stabilizer / stavolt


Stavolt atau stabilezer umumnya digunakan untuk penstabil tegangan, penstabil tegangan yang seperti apa sih stavolt atau stavilizer ini? Jadi stabilizer ini digunakan untuk mengatasi tegangan PLN yang naik turun ibaratnya trafo step up. Tegangan PLN yang tidak stabil atau voltnya naik turun dibawah 220V kita dapat menggunakan stabilizer hal ini untuk menjaga peralatan listrik rumah kalian aman dan tidak rusak insha alloh.


Jadi tentunnya kita tahu kapasitas pada stabilizer ini beragam ada yang 2000 VA ada juga yang 500 VA hal ini biasanya sebagai acuan pada daya rumah kita. 


Bang saya menggunakan stabil 2000 tapi daya dirumah 900 lantas bisakah saya menggunakanya? Jawabannya tentu bisa akan tetapi beban yang digunakan harus kecil dibawah 900, jadi begini jika beban agan diatas 900 maka mcb kwh PLN trip. Saya jelaskan sedikit ya. Jika stabiliezer digunakan pada beban yang lebih besar (out ke beban peralatan maka akan trip mcb di stabilizer) dengan mcb PLN dirumah maka akan jatuh mcb agan ntah itu mcb pln ataupun mcb stabilizer dan stavolt.


Penjelasan ini agar teman-teman bisa memahami penggunaan stavolt yang layak.


Lantas apa bang rusaknya stabilizer bersuara kreekkkkkkkkkkk.....treeeeekkkkkkk.


Jadi ada beberapa pemeriksaan yang harus kalian lakukan.

1. Mebersihkaan arang di gulungan trafo donat ( crabon brush)

2. Mengecek dinamo stabilizer.

3. Relay dinamo (relay switch) 


Dari ke 3 point ini adalah salah satu penyebab pada stabiliezer atau stavolt bersuara berisik. Saya jabarkan ke 3 poin penyebab stavolt atau stabilizer bersiki bersuara treeekkkkkktekkk.


1. carbon brush pada trafo


Tentunya salah satu penyebab pada stabilizer  bersuara berisik ini kemungkinan sisa carbon brush yang menempel pada gulungan trafo donat kawan-kawan, biasanya pada bagian atas trafo atau jalur pada carbon brush sehingga teman-teman harus melakukan pembersihan menyeluruh pada bagian trafo donat diatas jalur crabon brush bergerak, bisa jadi juga stabilizer yang mati total carbon brusnya abis, jangan lupa untuk mengecek carbon brush pada stabilizer.


Gunakan kain bersih yang pasti kering kainya.


2. Dinamo stavolt ( stabilizer)


Nah bagian ini adalah salah satu penyebab mati total stabilizer atau bersuara kreekkkktekkkkkkkkk. Karna kita tahu dinamo pada stabilizer jika rusak tidak akan berfungsi normal  atau tidak akan menyala stabilizer hal ini bisa jadi salah satu penyebab jika dinamo mati ataupun dinamo yang lepas pada gearnya menyebabkan suara tersebut kreekkkk. Oke katakanlah jika dinamo rusak tidak bergerak maka stabilizer tidak akan berfungsi. Lain halnya jika gear pada dinamo lepas maka akan menimbulkan suara berisik.


Lakukan pengecekan kabel input pada dinamo dan gear pada dinamo stabilizer tersebut. 


3. Relay dinamo


Stavolt / stabilizer berisik
Penyebab stabilizer/ stavolt bersuara berisik


Relay dinamo pada stavolt / stabiliezer merupakan salah satu penyebab bersuara berisik yanng tidak mau hilang. Tentunya kita tahu bahwa relay atau switch relay ini berfungsi mengerakan dinamo yang ada di trafo  donat dinamo akan bergerak sesuai pengoprasian relay. Jadi didalam relay ini ada yang namanya koil koil tersebut untuk mengaktifkan saklar switch saat diberikan tegangan. Jika didalam relay siwtch pada stabilizer berisik bersuara treekkkk tek bisa jadi koil sudah hilang kemangnetanya hal ini memicu kontak saklar switch tidak bekerja sebagaimana harusnya sama halnya kontaktor jika koil kontaktor tidak berfungsi atau kurangnya kemagnetan maka dipastikan kontaktor akan bersuara treekkkkkkkk tidak mengunci sama hal nya dengan relay ini (kok jadi bolak balik gini ya penjelasanya). Jadi intinya relay switch pada stabilizer sudah  kurang gaya magnetnya biasanya ditandai  dengan rusaknya koil pada relay tersebut.


Opsi perbaikan

Ganti baru relay murah brother...hehhe.

Oh ya jangan lupa mampir dicahnnel mamang atau tonton video nya disini atau langsung ke my channel youtube :





Penutup


Saya rasa cukup dan jelas tentang artikel penyebab stabilizer atau stavolt yang bersuara berisik bersuara trekkkktekkk tekk tek...


Semoga bermanfaat salam hangat


Saya akhiri 



Wassallammualaikum, wr,wb.



Related Posts