Cara baca name plate motor 3 phase

Assallamualaikum, wr,wb

1. Pendahuluan

Halo borther apa kabar, semoga kalian selalu dalam lindungan alloh swt dan  dimudahkan rezekinya. Hari ini  pada kesempatan kali ini saya akan menulis artikel, tentang bagaimana cara membaca  name plate motor 3 phase (motor induksi 380V) atau cara membaca data name plate motor listrik induksi.

Gas pol....

2. Dasar teori

Cara membaca name plate motor 3 phase.jpeg
Name plate motor 3 phase


Apa itu name plate ? Name plate adalah suatu tanda sepsifikasi peralatan listrik yang bekerja berdasarkan tegangan, arus, kode ip,  horses power, dan no seri yang diterapkan untuk menjalankan / beroprasi pada standart keamanan dari name plate itu sendiri. Ketika kita  melakukan pemasangan misalnya pada motor induksi atau motor 3 phase kita diwajibkan melihat name plate pada motor 3 phase ini, agar motor 3 phase ini bekerja pada tingkat keamanan yang tinggi, agar motor tersebut memiliki umur penggunaan jangka panjang.

berikut cara membaca name plate motor 3 phase (380V) 

Jadi Begini :

2.1 cara melihat name plate motor listrik, bisa kita jadikan  acuan pada gambar diatas, saya akan membuat mudah agar teman-teman bisa memahami (crop gambar) :

1. Output dan Type pada Motor 3 Phase 

Cara baca type dan output

Pada gambar diatas untuk cara baca name plate motor induksi sangat mudah tentu bro-bro sekalian pasti paham dengan type motor 3 phase dan outputnya , tepat sekali type adalah untuk jenis motor yang dikeluarkan dari suatu pabrikan,  berdasarkan kode jenis motor tersebut. sedangkan cara baca pada output motor 3 phase ini tentang kekuatan atau horse power sama dengan 3 hp x 745 = 2,2 kw  ( kekuatan 3 hp), memiliki 4 kutub (4P) dan beroprasi pada tegangan 3 phase ( 3PH)

2. Amper, KW dan ins. Cl B


Cara baca kw, amper, ins.cl b name plate motor 3 phase

Kalau yasuka ya suka tidak kamu sama saya, heheh lewati aja ya..

Pada gambar diatas adalah penunjukan  cara membaca name plate motor listrik pada daya, arus dan tipe isolasi ketahanan dari suatu gulungan motor 3 phase. Nanti Saya coba jelaskan satu persatu agar teman-teman bisa memahami. gambar diatas penunjukan angka 2,2 kw berarti motor elektric ini memiliki daya 2200 watt atau dianotasikan dengan motor listrik ini memakan daya sebesar 2200 watt masimal. Sedangkan untuk cara baca motor 3 phase pada gambar diatas angka 8,7 / 5.0 A (arus besaran yang digunakan untuk motor type seperti gambar diatas) kita melihat pada rangkaian  sambungan apa yang digunakan start atau delta, maka untuk delta arus yang di gunakan 8,7 Amper maksimal, (terbaca dialat ukur harus kurang dari 8,7 Amper )  karna ini adalah batasan maksimal yang diperbolehkan untuk menjaga umur oprasional motor listrik 3 phase.

Catatan :


  •  8,7 A (arus max, jika lebih maka motor listrik akan terbakar) begitupun 5.0 A.
  • 8,7 A adalah untuk connection Delta
  • 5.0 A untuk conection Star.

Lalu kenapa  hubungan delta  ( segitiga) konsumsi arus lebih besar? Ada yang bisa jawab? Silakan dibikin PR? Enak ya jadi penulis..hehehe, lalu 5 amper adalah penggunaan connection hubung star ( bintang) power motor 3 phase. Pr lagi kenapa hubungan bintang lebih kecil konsumsi arus?!

Mantul ( mantap bang maul)

Insulation class B jika kita melihat pada gambar insulation clas B maka kita masuk pada cara membaca pada name plate gulungan motor listrik induksi 3 phase, jenis kawat yang digunakan ketahanan gulungan pada suhu dan tempratur. Untuk insulation kelas B pada motor listrik yang memiliki ketahanan gulungan tempratur maksimal pada titik 130 derajat celcius, jadi pilihlah motor berdasarkan insulation yang baik untuk penempatan oprasional motor listrik yang pas.

Insha alloh kita bahas the next time. 
(pada clas insulation)

3. 280/380V, 1716 r/min, S1


Cara baca tegangan, putaran, duty cycles motor induksi 3 phase

Jika kita melihat gambar diatas maka kita masuk pada cara membaca name plate motor induksi pada tegangan, speed (r/min) dan  S1 = dutty cycles motor berdasarkan standart IEC (international electrotechnical commision)

220/380V  untuk cara baca name plate motor induksi 3 phasa / motor listrik pada tegangan yang dimana toleransi naik turun tegangan yang perbolehkah sekitar 10 persen.

1716 r/min  untuk cara baca  name plate motor listrik maksudnya nilai speed atau putaran per menit dari suatu motor 3 phase.

S1 maksud dari s1 adalah cara baca simbol dutty rating motor continus dutty yang dimaksudkan motor akan tahan beroprasi secara terus menerus syaratnya motor dengan beban/waktu tetap, simbol duty cycles terdiri dari S1 sampai S8.


4. Hz, NO serial number, IP44


Cara baca serial number, frekuensi, IP44 name plate motor induksi


50 Hz (frekuesi)  pada name plate motor 3 phase ini sebagai cara membaca pada name plate motor listrik, yang dimana frekuensi nilai besaranya 50 hertz (HZ), next Berikutnya lagi ke serial Number. Yang dimana serial number name plate motor 3 phase ini menunjukan pada NO keluaran dari pabrikanya.

IP44 pada name plate motor listrik  penunjukan ini dimaksudkan motor listrik ini bekerja berdasarkan (ingrees protection) pada tingkat keamanan
Perlindungan dari berbagai ganguan.

Baca  disini arti kode ip igress protection

5. Name plate pemasangan power motor listrik 3 phase star / delta

Cara baca skema diagram start-delta pada name plate motor 3 phase

Pada name plate jika terdapat skema pemasangan rangkaian gambar diatas, maka kita masuk pada pembahasan untuk pemasangan dan menjalankan motor 3 phase ini, tetapkan rangkaian pemasangan suplai power star atau delta dengan melihat amper atau arus, biasanya gambar  rangkaian ini mencakup pada penggunaan arus (amper motor listrik pada masing-masing rangkaian), perhatikan tegangan voltage. Maka voltage dan sekema diagram star-delta masing-masing juga terkonfigurasi begitupun  dengan arus.


Catatan :

Masing-masing motor listrik 3 phase memiliki perbedaan cara baca pada name platenya. Namun kita harus melihat secara keseluruhan agar pembacaan pada name plate motor listrik 3 phase benar-benar kita pahami.


6. Penutup

Saya rasa cukup pada penjelasan cara baca name plate motor listrik induksi 3 phase. Semoga bermanfaat. Salam hangat saya ucapkan terima kasih telah berkunjung.

Wasallamualaikum, wr, wb.

Bye-bye....genks..

Oh ya..Jangan lupa main kechannel ane siapa tau ada faedahnya dan tekan subrek...
Ya genk untuk suport channel ane agar selalu termotivasi untuk uplod video tentan kelistrikan, klik saja diatas my youtube channel.


Related Posts