Cara Mengetahui kapasitor (rusak / baik)

Asalamualaikum wr.wb

1. Pendahuluan

Selamat siang, para pencari pengetahuan. Bagaimana kabar teman-teman, semoga baik-baik saja. Berhubung lagi kosong job saya akan menjelaskan sesuai judul yaitu cara mengukur kapasitor (rusak/baik) dan cara mengetahui kapasiotr (baik/rusak), bagaiamana cara mengetahui baik atau buruk suatu kapasitor? dan bagaimana cara mengukur kapasitor dengan multitester analog dan digital?!
Atau bagaimana cara cek kondisi kapasitor itu baik atau buruk. Bagaimana jika temen-temen cuma ad multitester analog?! Semua akan kita bahas disini diartiekel ini Oke langsung saja yuk digas....asiaaaapppp?!!! Asiapppp.

2. Dasar teori

Sebelum kita masuk ke judul ada baiknya temen-temen paham apa itu kapasitor.

Cara Mengetahui kondisi  kapasitor baik atau buruk.gif
Cara Mengetahui kondisi suatu kapasitor  (baik / rusak)

 Apa itu kapasitor adalah suatu alat kompenen listrik, yang dapat menyimpan energi  didalam medan listrik dengan cara mengumpulkan ketidak seimbangan internal dari muatan listrik, kapasitor juga dikenal dengan kondensator, yang perlu diketahui kata kondensatorlah yang lebih digunakan pada alat ini, pertama kali disebut oleh alexsandro volta pada tahun 1782 dengan bahasa itali condensatore, kapasitor memiliki satuan farad dari nama michel faradey. Kapasitor memliki 2 kaki postif (+) dan negatif (-). Biji jande sudah paham?!! Biji jande pulak, bagaimana sudah paham?! Next. Semoga paham.


3. Langkah pengukuran untuk mengecek  kapasitor (baik / buruk) Perlu dipahami  mengukur dan melihat kapasiotor (baik/rusak) baik itu kapasitor motor pompa air, dan kapasitor kipas angin intinya untuk melihat atau melakukan pengecekan kapasitor (baik/buruk) dengan multimeter digital / multitester analog intinha sama saja, walupun berbeda bentuk.
Dalam langkah melakukan atau mengukur kapasitor untuk  pemula dengan cara  melakukan pengujian  melihat kondisi kapasitor (baik/rusak) yakni mengukur kapasitor motor listrik maupun kapasitor kipas angin dengan menggunakan multimeter,  multitester dan avometer analog.

untuk mengecek dan megetahui kapasitor rusak dengan multimeter, multitester atau avo meter, teman-teman harus paham cara menggunakan multitester, multimeter  atau avometer analog, oke saya anggap temen-temen paham cara menggunakan multimeter untuk mengukur mengetahui kapasitor (rusak / baik) atau bisa klik disni Cara menggunakan multitester / multimeter analog untuk pemula

Cara Mengetahui kondisi suatu kapasitor  (baik / rusak).jpg
Mengukur kapasitor dengan multitester analog

Pada gambar diatas adalah alat multitester yaitu suatu alat yang digunakan untuk mengukur besaran V, mA, Ohm , DC volt. Namun jika kita ingin mengecek dan mengetahui  kapasitor (baik / rusak) dan mengetahui kapasitor itu bagus atau buruk dan arahkan selektor main pada OHM (tahanan), intinya sama saja baik kapasitor motor listrik maupun kapasitor kipas angin cara mengukurnya sama saja dengan arah X1K. Lalu gunakan kabel probe  merah dan hitam untuk mengukur kapasitor seperti gambar dibawah ini :

Cara mengukur kapasitor baik atau buruk.jpg
Cara mengukur kapasitor (baik / buruk)

Pada gambar diatas adalah cara menghubungkan kabel probe untuk mengukur kapasitor dan mengecek kapasitor  (rusak / baik) yang layak dipakai dan tidak layak. Jika kapasitor itu baik maka jarum pada multitester akan bergerak naik kemudian jarum akan turun kembali dalam hitungan detik, nah ini menandakan kapasitor itu bagus atau kondisi kapasitor tersebut baik.

Catatan

Jika diukur jarum tidak bergerak maka tinggal balikan kondisi kabel probe merah dan hitam (tukar posisi pengukuran kapsitor) contohnya temen-temen yang awalnya mengukur kapasitor misalnya positif (+) kapasitor dan negatif (-) kapasitor diawal pengukuran kabel merah multitester ke positif kapasitor dan negatif multitester ke negatif kapasitor ketika jarum bergerak naik dan turun lagi (kondisi kapasitor baik) temen-temen wajib membalikan pengukuran tersebut jika temen-temen  ingin melakukan pengukuran 1x lagi. (balik pengukuran kabel probe multitester hitam multitester ke positif kapasitor dan merah multitester ke  negatif kapasitor).

Perlu diingat jarum yang bergerak  naik besar keatas dan jarum langsung turun hitungan detik akan menandakan kapasitor kondisinya baik / bagus. jika kita sudah cek kapasitor dengan menggunakan multimeter analog tapi jarum tidak bergerak berarti kapasitor  rusak.

4. Langkah pengukuran kapasitor dan cara melihat kapasitor (rusak / baik) dengan  multitester digital

Bagaimana dirumah saya ad multitester digital ? bagaimana cara nya?! Berikut ulasanya, asiappp ?! Asiaaaappp!!

Cara mengukur kapasitor dengan multitester digital.jpg
Cara mengukur kapasitor dengan multitester digital

Pada gambar diatas adalah cara mengukur kapasitor dengan multitester  digital dan cara melihat kodisi kapasitor (baik/rusak) berikut ulasanya :

4.1 Penjelasan pengukuran
Dari gambar angka dan panah kita jabar berikut penjelasanya :

1. Hasil dari pengukuran kapasitor (baik/rusak) dengan kapasitas 12 mikro farad, dengan hasil yang dibulatkan (menandakan kapasitor bagus) jika terukur kapasitor diangka yang ada pada nameplate kapasitor

2. Arahkan selektor jika ingin mengukur kapasitor ke tahanan (ohm), mengukur kondisi kapasitor dan mengukur kapasitor seperti gambar diatas.

3. Tekan tombol select untuk mengatur pengukuran kapasitor (baik/rusak) pada gambar diatas pada simbol mF.

Saya rasa cukup dan jelas mengenai judul cara mengukur kapasitor mengunakan multister analog dan digital, dan cara cek kondisi kapasitor (baik / buruk),

Tonton video youtube  berikut agar tidak gagal paham, dukung dan suport channel mamang :




Sekian.
Terima kasih.
Wassalam.





Related Posts