Cara membalikan Arah putaran motor listrik 3 phasa

Assallamuallaikum, wr , wb.

1. Pendahuluan 

Selamat pagi para pencari rezeki, apa kabar teman-teman?! Semoga dalam keadaan sehat dan rezekinya lancar berhubung hari ini, lagi kosong pekerjaan saya ingin menulis artikel tentang membalikan putaran motor  3 fasa / phase atau membalik putaran dinamo 3 phase...oke langsung saja. Oh iya genks jangan lupa mampir kechannel youtube ane yaks.

2. Dasar teori

Pada gambar dibawah adalah contoh motor listrik 3 phasa untuk industri peleburan biji timah sebagai berikut :

Cara membalikan arah putaran motor listrik / motor induksi.jpg
Cara membalikan putaran motor listrik 


gambar diatas adalah motor listrik yang saya gunakan untuk judul  artikel saya dan praktek pada video cara membalikan putaran motor 3 fase. Lalu bagaimana langkah dan cara membalikan  putaran motor 3 phase / fasa.  Sangat mudah sekali teman-teman. umunya motor 3 fase atau motor 3 phase, yang banyak dijumpai didunia industri misalnya peleburan tambang biji timah, yang menggunakan banyak motor listrik 3 phase, tapi semua itu kembali lagi kepada kebutuhan dari suatu pabrik industri tersebut. Motor listrik 3 (phase / fasa)  adalah alat merubah energi listrik menjadi energi mekanik. Namun ada perbadan  Pada motor listrik 1 phase dan motor 3 phase mememerlukan kapasitor untuk mendapatakan perbedaan phasa,  untuk motor 3 phasa  sudah didapat dari sumbernya atau catu daya nya sendiri.

Apabila motor listrik diberikan sumber listrik 3 phasa (pada kumparan stator) akan timbul medan putar, medan putar inilah yang akan memotong batang konduktor pada rotor dan mengakibatkan timbulnya GGL (gaya gerak listrik) induksi, saya anggap teman-teman sudah paham, penjelasan sederhanaya...

3 langkah membalikan putaran motor 3 phase?

3.1. Membalikan putaran motor  3 fase listrik di input motor listrik

Untuk membalik arah putaran motor 3 phase untuk seorang pemula tentulah binggung cara membalikan putaran motor 3 fase, ada beberapa versi cara untuk membalikan putaran motor listrik jika teman-teman bingung inilah berikut ulasan singkatnnya :

Cara membalikan arah putaran motor listrik 3 phasa / 380V.jpg
Cara merubah arah putaran motor induksi


Pada gambar diatas adalah input untuk power listrik motor 3 phase, temen-teman bisa membalikan putaran motor 3 fasa di power motor tersebut dengan menukar posisi kabel, pada gambar diatas terdapat kabel kuning, hitam dan biru teman-teman hanya menukarkan kabel input tersebut sebagai contoh pada gambar dibawah ini :

Cara merubah putaran motor induksi / motor listrik.webp
Kabel 3 phasa untuk memutar balikan putaran motor listrik 3 phasa

Kuning, hitam dan biru tukar posisi kabel menjadi hitam, kuning dan biru cukup menukarkan 1 posisi kabel saja guna merubah putaran motor 3 fasa tersebut.

3.2 membalikan putaran motor 3 phase. listrik melalui output kontaktor


Baca juga link :

1.  Pengenalan kontaktor
2.  Isi didalam mccb
3. Cara menurunkan nilai tahanan pembumian



Pada gambar diatas adalah kontaktor yang dikombinasikan dengan overload sebagai pengaman motor listrik, untuk memutar balikan putar teman-teman bisa mencoba menukarkan kabel power motor di overload 3 phasa, pada overload terdapat kabel 3 phasa yaitu dengan warna biru, hitam dan merah sama halnya dengan cara versi pertma dengan cara menukar posisi awal semula yaitu biru, hitam dan merah tukar ke posisi hitam, biru dan merah...

Lihat gambar dibawah ini :


Gambar diatas adalah kabel posisi awal yang belom ditukar dan berikut gambar setelah kabel ditukar untuk membalikan putaran motor listrik :

Cara memutar arah putaran motor listrik 3 phasa.jpg.webp
Cara membalikan arah putaran motor listrik 3 phasa


Saya rasa cukup dan jelas tentang artikel cara membalikan putaran motor listrik 3 phasa, semoga bertambah pengetahuan dan untuk artikel ini mohon maaf terdapat kesalahan dalam penulisan maupun penjelasan dasar teori, semoga bermanfaat.


Agar tidak gagal paham dan kurang mengerti ada baiknya teman-teman melihat video dibawah, simak video berikut ini :



Salam hangat dan salam kenal.

Wassallamualaikum, wr. Wb.








Related Posts