Cara menyambungan kabel serabut dengan kuat ( kabel NYAF)

Assallamualikum, wr. Wb.

1. Pendahuluan

Halo apa kabar semoga baik-baik saja, jangan lupa bersyukur atas nikmat yang ada, hari ini saya akan menjelaskan tips untuk teman-teman cara menyabung Kabel serabut atau lebih dikenal dengan NYAF, langsung saja.. Berikut ulasannya.

2. Teori dasar

   Baca juga link :
  1. Cara meperbaiki bobcat pada alarm hydroulic
  2. Cara membalik arah putaran motor listrik


Kabel serabut adalah atau yang lebih dikenal dengan kabel NYAF merupakan kabel tembaga murni atau dengan campuran yang dilapisi isolasi PVC kualitas menengah, kabel jenis ini atau NYAF sangat fleksibel cocok digunakan ditempat yang berbelok tajam. Kabel ini relatif mudah terkena korosi dalam jangka waktu yang lama oleh karna itu kabel ini cocok digunakan untuk tempat yang lembab dan basah seperti gambar dibawah ini :

Cara menyambung kabel serabut dengan kuat
(link gambar : https://skemaku.com/mari-mengenal-jenis-jenis-kabel-listrik-beserta-kegunaannya/)

Pada gambar diatas adalah jebis kabel yang ingin saya jadikan acuan dengan judul cara menyambung kabel serabut  (kabel NYAF) dengan kuat berikut langkah kerjanya.

3. Langkah Kerja penyambungan kabel

Simak gambar dibawah menyambung kabel serabut dengan kuat, ceks it's out :



Pada gambar diatas langkah kerja pertama memotong isolasi kabel 4 cm silangkan kabel dan tempelkan kedua ujung kabel yang terkelupas, berikutnya :


Pelintir kedalam bagian kabel sebelah  kanan fan kiri, sampai memenuhi sisi pertengahan kabel yang ada ditangan kanan dan kiri (dililit hingga kuat) setlah selesai lihat contoh gambat dibawah ini berikutnya :

Cara menyambung kabel serabut (NYAF) dengan kuat.jpg
 Cara penyambungan kabel serabut


Pada gambar diatas kabel tersebut yang setelah diputar pada setiap sisi  kabel hingga sampai keujung isolasi, gunakan tang pada ujung kabel tembaga yang terkelupas untuk memutar dan merapikan bagian kabel yang terlilit.

Cara menyambung kabel serabut dengan kuat
Cara menyambung kabel serabut

Setelah semua dirasa cukup rapi dan kuat coba teman-teman tarik kabel yang sudah disambung tadi dengan kuat, bagaimana kuat bukan penyambungan kabelnya , terima kasih sudah berkunjung .

4. Penutup

Saya rasa cukup jelas penjelasan tentang cara penyambungan kabel serabut dengan kuat,silakan komentar di kolom komentar tersedia di bawah postingan, saya ucapkan terima kasih, semoga bermanfaat.

Nah genks saya rasa kurang tepat jika tidak menonton praktek cara menyambung kabel serabut atau cara sambung kabel serabut dengan kuat ni videonya genks....



Tks for seeing my video...bre....


Sumber link :

  1. https://skemaku.com/mari-mengenal-jenis-jenis-kabel-listrik-beserta-kegunaannya/ 
  2. https://youtu.be/qHoyF4yKhjU


Wassallamulaikum, wr, wb.

Bye bye.



Related Posts