Apa itu mccb dan isi didalam mccb

Assallamualaikum.wr.wb

1. Pendahuluan

Halo gaes apa kabar...!? Semoga dalam keadaan baik-baik saja. Semoga selalu dalam lindungan ALLAH S.W.T, begini gaes pada beberapa waktu yang lalu, cerita dikit boleh?! Asiaaaaaaapp, asiaaaaapp. Saya penasaran apa isi didalam MCCB jadi saya bongkar dan melihat proses trip mccb dan isi di dalamnya, dan saya look-look hehehe, lihat maksud nya, ada beberapa elemen yang mungkin belum saya pahami fungsi dan cara prinsip kerjanya, jadi saya akan bercerita tentang yang saya pahami saja ya,  dan jika para master yang lebih paham isi didalam mccb bolehlah sapa-sapa dikolom komentar, oke langsung saja gaes, inilah dia fungsi mccb dan isi didalam mccb. Beserta penjelasan  elemen, mccb asiap berikut penjelasanya.

2. Teori Dasar

Mccb singkatan dari moulded case circuit breaker dari artinya saja kita tahu box alat segi empat sebagai pemutus jaringan listrik, penghubung,  maupun beban lebih sudah tau wujudnya ini dia gaes wujud dari mccb :

Apa itu mccb dan isi didalam mccb.jpg
moulded case circuit breaker (MCCB)

Mccb atau molded case circuit breaaker, umunya digunakan untuk keperluan industri, dan banyak kita temui dipabrik-pabrik industri, sebagai pengaman jaringan listrik dengan kapasitas  medium bahkan low, fungsi dari mccb sebagai pemutus  dan penghubung aliran arus listrik maupun beban lebih jika pada arus listrik melewati batas arus maksimum pada mccb maka akan terjadi trip otomatis, nah pada beberapa minggu yang lalu saya dan teman-teman mengalami trouble di motor listrik 15 kw dengan mccb yang digunakan  sebesar 30 amper jelas sekali ini sangat kurang dan alias akan  trip pada beban lebih...karna umumnya motor listrik  ini dijalankan menggunakan rangkaian  starting-delta membutuhkan, pengerak awal dengan beban yang berat,  otomatis arus listrik yang dibutuhkan cukup besar distart awal, membutuhkan 30 amper lebih dikitlah ( pull up torque ), dengan kapasitas mccb 30 amper otomatis langsung "jeleddek" (trip), 30 amper ini kita pakai selama 1 bulan, karna barang stok kosong dan menunggu datang mccbnya. Barulah kita ganti, bagaimana untuk ON distart awal jika menggunakan mccb 30 amper, kita memainkan tombol start dengan menekan on (hijau) push button dan mematikan off  tombol merah (dengan cara menekan start dan off berulang sampai putaran motor listrik bener-bener memasuki 80 % kecepatan penuh  stabil). Mccb ini mempunyai pilihan kutub pole yaitu :

1. 1 pole
2. 2 pole
3. 3 pole 
4. 4 pole 

Yang sering digunakan di industri mccb 3 pole ini gaes...meski tersedia mccb 1 pole, 1 pole ini jarang digunakan gaes, mccb  banyak digunakan  di daya yang cukup besar yaitu sistem jaringan listrik 3 phasa dengan tegangan 380 V, yang memerlukan kapasitas breaking capacity lebih besar. Mccb memiliki kapasitas amper yang lebih besar yaitu 1000 A, dengan begini pantas la mccb sebagai alat yang digunakan untuk  pabrik industri.

3. Pengenalan isi didalam mccb

Jika temen-temen panasaran isi didalam mccb ini dia isi nya brother berikut gambar jelasnya :

Pengenalan Isi didalam mccb.jpg
Isi didalam mccb
Pada gambar diatas nanti saya jabar penunjukan angka, tapi sebelum itu teman-teman pernah kah melihat isi mccb? Pusing liatnya?!...langsung saja gaes urutan penjelasan no angka pada mccb, asiaaaaaap....asiaaap :) :

1. Elemen konduktor berbentuk seperti besi yang digunakan untuk menghubungkan sumber listrik atau memutus aliran listrik pada saat beban lebih, saya perjelas gambar seperti gambar dibawah ini :

Fungsi dan kegunaan Elemen didalam mccb.jpg
Elemen mccb

Nah terdapat 3 elemen konduktor penghubung, untuk menghubungkan sumber listrik maupun, memutus sumber listrik, ini. Elemen ini bergerak berdasarkan saklar indikator ON / OFF.

2. No 2 ini adalah kegunaanya untuk mencegah busur api atau pembatas  sebagai pengaman ketika busur api muncul pada saat terjadi beban lebih maupun arus pendek, bentuk dan gambar jelas :

Fungsi alat ini didalam isi Mccb.jpg
Elemen penahan busur api didalam mccb

Pada gambar diatas teman-teman bisa melihat 4 elemen konduktor, ini bisa di pasang maupun dilepas dengan case berupa matrial plastik.

3. Ini adalah indikator trip maupun ON / OFF mccb ketika trip posisi skalar Pada ON/OFF mccb berada ditengah untuk menghidupkanya kembali teman-teman wajib menunggu dingin, setelah dingin tarik saklar indikator ke posisi OFF baru gulir ke atas posisi ON, diposisi bawah indikator saklar ON/OFF terdapat spring pegas yang mengarahkan kita pada posisi ON/OFF yang diinginkan.

4. Nah ini adalah konduktor berupa kawat serabut tembaga, yang menghubungkan 3 phasa posisi bawah katakanlah input listrik, nah elemen konduktor ini terhubung pada kaki  no 1 gaes... Elemen konduktor serabut ini tidak bisa bergarak seperti no 1 yang bisa bergerak (main dari ON /OFF mccb)

5. No lima ini adalah input maupun output sumber listrik, 3 phasa.

Mccb ini punya casing nya gaes seperti gambar dibawah ini :

Casing mccb dan box luar mccb.jpg
Case mccb 

Ini adalah case depan pada mccb, teman-teman bisa lihat sendiri, pada panah dan keterangan digambar.

Catatan :

Untuk nama mekanisnya saya belom bener-bener paham, mungkin temen-temen atau para master listrik bisa kasih saran atau sapa dikolom komentar, ok sekian dulu cuma ini bisa saya berikan info untuk mccb semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan, mohon maaf jika terdapat kesalahan atau kekurangan.

Teriam kasih telah berkunjung.
Salam hangat.
Wassallamulaikum.wr.wb.

Jika ada salah dalam penulisan, silakan beri saran dan masukanya kita sambil belajar genks ya. 



Related Posts