Cara membuat timbangan digital bersekala ton

 Assalammualaikum, wr, wb.


Selamat sore semoga hari ini dalam keadaan sehat selalu jadi genks pada video kali ini kita akan membahas mengenai cara pembuatan timbangan digital bersekala ton, jadi genks ada beberapa hal yang perlu diketahui jika teman-teman ingin membuat timbangan digital. Yuk kita bahas seperti apa cara membuat timbangan digital bersekala ton.


Slebeew...


Teori Dasar

Pada gambar dibawah ini anda dapat melihat contoh timbangan dan indikator serta pemasangan load Cell dan adapun colokan atau stop kontak yang dipasang untuk power dari timbangan atau indikator digital.

Cara membuat timbangan digital bersekala ton
Cara membuat timbangan digital bersekala ton


Timbangan merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengetahui berat massa suatu benda dalam satuan kilogram ( Kg ). Jadi sebelum kita membahas pembuatan timbangan digital maka disini saya akan menerangkan bahan dan alat yang akan kita gunakan genks.

Bahan dan Alat Membuat Timbangan Digital Bersekala Ton

  • Indikator timbangan  sesuai kapasitas
  • Load cell
  • Junction box
  • Plate timbangan untuk beban
  • Konektor sesuai indikator
Nah dari beberapa point diatas alat dan bahan sesuai yang akan anda gunakan dalam kelima point diatas bahan dan alat membuat timbangan digital kalian dapat mengetahui harga dari kelima bahan dan alat serching di google. Atau bisa kontak ke saya dibawah, about me untuk no handpone yang sudah saya siapkan. 

Saya akan menjelaskan point - point diatas oke guaskuen.

  • Indikator Timbangan Digital
Pada cara pembuatan timbangan digital bersekala ton anda harus membeli indikator timbangan seperti sayaki, sonic atau A12 e. Pada indikator timbangan digital banyak macam dan bentuk adapula kemampuan kapasitas timbangan tersebut hal ini perlu diketahui agar nantinya anda tidak salah dalam pembelian antara loadcell dan indikator sesuai kapasitas.

Anda juga harus mengetahui cara kalibrasi dari tiap - tiap indikator. Karena nantinya anda tidak perlu repot memangil ahli timbangan digital.

  • Load Cell 
Nah pada timbangan juga terdapat load Cell untuk mengetahui nilai beban yang akan kita timbang, dalam pemilihan load Cell juga terdapat beberapa kapasitas ratusan kilo bahkan ratusan ton. Load Cell yang kalian pilih juga harus sesuai dengan indikator tetapi biasanya indikator ini kapasitasnya besar. Load Cell memiliki  kabel untuk pengiriman sinyal ke indikator guna mengetahui berat beban yang akan ditimbang.

Load Cell terdiri dari 5 kabel yakni

1. Merah
2. Hitam
3. Hijau
4. Putih
5. Grounding

Lima kabel ini nantinya akan kita sambung ke junction box.

Jika teman - teman membeli load Cell otomatis pada kaki atau mounting dari load Cell ini sepaket alias free.


  • Junction Box

Junction box merupakan alat konektor atau peghubung load Cell dan indikator pada setiap load Cell dan indikator ini terhubung satu sama lain jadi junction box ini semacam terminal penghubung. Pada junction box juga terdapat trimpot untuk mengatur akurasi dari tegangan input sehingga setiap load Cell mempunyai nilai tegangan yang sama hal ini biasanya digunakan untuk ketepatan dan keakurasian dalam penimbangan beban. 

Junction box juga memiliki beberapa terminal untuk penyambungan kabel  dan kode pembacaan timbangan seperti dibawah ini :

  • Ext +
  • Ext -
  • Sig +
  • Sig -
  • Grounding
Ext merupakan kepanjangan dari excitation, exictarion +  atau excitation - pada timbangan digital atau pada kabel load cell merupakan kabel sumber untuk load Cell yakni positif dan negatif. Biasanya load Cell bertegangan 10 volt DC tergantung pada load Cell ataupun indikator yang dibeli. Sedangkan signal + dan signal - merupakan sinyal yang diterima load Cell pada saat menimbang beban dan dikirim ke indikator sebagai nilai tampilan angka beban pada tampilan layar monitor timbangan.

Sedangkan grounding sendiri kita tahu betul ini sebagai pengaman meminimalisir kerusakan yang ada.


  • Table Meja Timbangan
pada timbangan digital terdapat meja, nah meja ini digunakan sebagai media untuk meletakan beban, saya rasa teman-teman paham betul. Heheh. Jika disini kita membuat meja timbangan maka ukuran tergantung anda semua mau lebar seperti apa yang penting pas buat meletakan beban.

Pada tabel meja juga terdapat kedudukan buat loadcell dan beberapa tempat kabel untuk merapikan kabel loadcell, oke genks ya disini aman ya genks.


  • Konektor Kabel Timbangan
Konektor pada timbangan tentunya mempunya tipe pada masing-masing konektor ada sentronic ada juga DB 9 konektor juga memiliki jenis soket baik male dan female ini digunakan untuk penyambungan dari keseluruhan load Cell ke indikator timbangan.

Oke aman ya di sini.


Disini saya ada beberapa tambahan untuk spesifikasi indikator. Indikator mempunyai adaptor nah adaptor ini output ini berarus DC dan input 220 volt DC. Adapun untuk kalibrasi setelah membuat timbangan digital dan pemasangan selesai maka anda harus mengkalibrasi timbangan agar timbangan anda akurat.

Buat teman-teman saya sudah membuat video tentang cara membuat timbangan di YouTube untuk link videonya disini :


Pada link diatas anda akan diarahkan langsung ke video YouTube dan masuk ke aplikasi YouTube anda sendiri, jika ada yang bertanya aman atau tidak link diatas ? Jawabnya 100 persen aman. 

Sampai disni saya rasa ini saja yang dapat saya sampaikan terkait cara membuat timbangan digital bersekala ton, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua. 

Sampai jumpa diartikel berikutnya.


Related Posts