Cara menghemat token listrik

 Assallammualikum, wr ,wb.


Halo bosku, apa kabar semoga dalam keadaan sehat selalu, jadi kali ini saya akan menjelaskan tentang penghematan token listrik atau cara menghemat kebutuhan kelistrikan untuk rumah tinggal. Jadi pada dasarnya listrik dirumah anda sering boros ada beberapa hal yang harus anda lakukan untuk menemukan solusi mengapa listrik dirumah anda sangat boros atau seperti apa cara menghemat kebutuhuna listrik rumah.


Teori Dasar 


Penyebab token listrik boros dan cara menghemat token listrik
Penyebab token listrik boros dan cara menghemat token listrik


Pada dasarnya listrik rumah anda adalah bertegangan 220 volt dan kebutuhan listrik rumah juga mempengaruhi token listrik. Semakin banyak beban semakin besar pula tagihan yang akan kita bayar atau semakin banyak beban maka semakin banyak pula token listrik terkuras.

Listrik rumah merupakan energi untuk membuat peralatan listrik anda bisa digunakan ( sederhannya ) energi listrik adalah merupakan fenomena fisika  yang membawa muatan listrik yang menimbulkan berbagai macam efek seperti petir, listrik statis, arus listrik dan lain sebagainya.

Sebelum kita masuk pada inti artikel ada baiknya anda memahami beban seperti apa sih yang ada dirumah kita. Beban listrik merupakan peralatan listrik yang ada dirumah teman-teman seperti kulkas, rice cooker, tv dan lain sebagainya.

Beban listrik rumah terdiri dari 3 jenis seperti :

  • Beban induktif
  • Beban kapasitif
  • Beban resistif
Beban induktif adalah beban yang dimana  berupa kumparan yang dililitkan pada inti besi, biasanya beban induktif ini menyerap arus yang sangat besar biasanya terdapat pada pompa air, trafo dan mesin las.

Sedangkan beban kapasitif merupakan beban yang menghalangi perubahan nilai tegangan yang terdapat pada kapasitor dimana kapistor menyimpan energi listrik dan melepaskannya sesaat.
Contoh peralatan dirumah Kipas angin, mesin pompa air dan lain sebagainya.

Beban resistif adalah beban yang bersifat murni pada peralatan listrik dimana tidak terjadi pergeseran phase dan tegangan, misalnya setrika, lampu, rice cooker dan lain sebagainya.

Pada penjelasan diatas beberapa hal yang perlu diketahui ketika teman-teman mengunakan peralatan rumah seperti penjelasan diatas maka energi listrik yang terpakai pada peralatan akan otomatis dihitung pada kwh meter rumah teman-teman. Saya rasa semua pada paham.

Untuk lebih memahami Kemudian pada peralatan  listrik rumah teman-teman ada yang namanya daya semakin besar daya semakin besar pula token listrik terkuras. Angaplah peralatan tersebut misalkan seperti mesin bor ini dimana mesin bor dengan daya 320 Watt dipakai selama 2 jam dan dikonversikan ke kwh anggaplah anda menggunakan listrik golongan 900 VA  subsidi Rp 1350 kwh. Untuk non subsidi 1300 VA Rp 1467, 58 kwh

320 × 2 = 640 Watt

640 : 1000 = 0.64 kwh dipakai selama 7 hari 

0.64 × 7 = 4,48 kwh x 1350 =  Rp 6048 rupiah

Apabila sebulan ini baru satu beban. 

Bagaimana dengan beban lainya tv, kulkas, lampu, AC dan lain sebagainya dikalikan sebulan.

Nah pertanyaannya bagaimana cara menghemat token listrik?

  • Penggunaan lampu hemat energi
Lampu hemat energi salah satu opsi untuk menghemat kelistrikan rumah anda misalnya anda menggunakan lampu led, dengan daya misalkan 3 Watt semakin kecil daya semakin bagus.

  • Membatasi penggunaan heater elemen beban resistif
Pada bagian ini dirumah anda apakah mempunyai dispenser, rice cooker yang aktif 24 jam jika ia segera matikan dan anda dapat memasak air dengan kompor gas saja. Sedangkan memasak nasi anda dapat mematikan rice cooker jika nasinya sudah matang. Rice cooker berkapasitas 400 watt sedangkan dispenser 300 Watt. Bayangkan dikalikan sebulan 24 jam non stop apa kagak bengek nafas anda. Hehehe bercanda gaes ya.


  • Mematikan peralatan listrik yang tidak perlu
Nah bagian ini tergantung pada anda apakah anda malas dalam mematikan listrik jika ia silakan siapkan tagihan listriknya. Hehe.

Note : matikan saja lampu dan peralatan yg listrik yang tidak digunakan.

  • Komputer gaming ( PC )
Apakah dirumah anda ada komputer gaming? Jika iya inilah alasan anda tidak bisa menghemat listrik dimana komputer PC  berkapasitas daya 60 sampai 600 watt. Ngeri kali bah. Jadi usahakan saja menggunakan laptop yah.


  • Pemilihan barang peralatan listrik dengan daya kapasitas rendah
Alangkah baiknya anda memilih peralatan elektronik dengan memperhatikan daya dimana semakin kecil waat semakin kecil juga listrik yang anda akan bayar. Misalkan menggunakan AC dengan kapasitas daya 225 Watt alias setengah PK.

  • Pemasangan kapasitor pada MCB bagian dalam rumah
Pada pemasangan kapasitor ini sebenarnya  saya juga masih ragu karena takut  akan adanya denda pada pihak PLN  ke kita alias anda bisa di sangsi, ini masih opini saya sendiri. Akan tetapi ada juga yang mengatakan hal ini tidak akan terkena dampak sangsi dari pihak PLN. Nah pemasangan kapasitor pada bagian dalam rumah mungkin tidak akan berdampak sangsi karena jalur listrik sudah masuk kawasan kita.
Untuk pemasangan kapasitor dirumah bisa cek di YouTube punya orang. Heheh.


  • Memasak nasi dengan air panas
Dalam cara menghemat token listrik anda dapat menggunakan air panas dalam memasak nasi yang berguna meminimalisir pemakaian rice cooker. Karena air panas membantu mempercepat penanakan nasi.

  • Mengecek instalasi listrik rumah ( arus bocor )
Pada bagian ini instalasi listrik rumah juga perlu diperhatikan seperti arus bocor dimana arus bocor juga akan mengakibatkan tagihan listrik anda membengkak contohnya jika pada kabel rumah anda terkelupas dan mengenai bagian besi katakanlah baja ringan maka baja ringan tersebut akan menjadi beban dan lama kelamaan jika anda tidak mengetahui hal ini dipastikan kwh anda mocor terus dihisap oleh bajaringan tersebut. Bahahah. Kikuk-kikuk. Solusinya anda dapat menggunakan ELCB untuk melihat apakah ada arus bocor atau dengan mengecek sendiri ke atas rumah anda dengan memperhatikan kabel yang baik dan tidak.


Nah mungkin ini saja yang dapat saya sampaikan ke teman-teman semua untuk artikel penyebab token listrik boros dan cara menghemat token listrik, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Oh iya jika ada tambahan silakan tulis di kolom komentar untuk tambahan artikel ini nanti saya edit dan publikasi.

Jangan lupa tetap jaga kesehatan 

Salam hangat dari mamang.




















Newest Older

Related Posts