Fungsi thermal overload relay dan prinsip kerja thermal overload relay (tor)

Assallamualaikum.wr.wb

1. Pendahuluan

Selamat siang para pencari rezeki berkah, apa kabar?  Semoga dalam keadaan sehat, rezeki lancar, dan selalu dilindungi, amin. Hari ini berdasarkan percoban yang saya lakukan lebih tepatnya pengalaman dan rasa ingin tahu, saya akan menjelaskan apa itu thermal overload relay, fungsi thermal overload relay, prinsip kerja thermal overload relay dan bagaimana cara setting arus pada thermal overload relay tersebut. Oke kita gas aje.

2. Dasar Teori

Thermal Overload  relay  atau biasa dipanggil  dengan kata tor pada dasarnya adalah suatu pengaman, proteksi terhadap suhu panas yang disebabkan arus yang megalir dibimetal thermal overload pada batas maksimum atau pada batas kemampuan  thermal overload relay sesuai angka current setting atau angka amper pada tor. adapun penyebab thermal overload relay trip bisa jadi ada konsleting, motor menggunakan 2 phase (yang satu putus) serta kerusakan external dan internal pada motor listrik yang memaksa dan menyerap arus pada saat motor 3 phase terbebani kerusakan yang ada sehingga dapat mengaktifkan mode proteksi pada thermal overload relay mucul huruf T (trip)

Prinsip kerja thermal overload relay.jpg
Prinsip kerja thermal overload relay

Pada gambar diatas adalah bentuk dari suatu thermal overload relay, thermal adalah suatu kata panas, jadi. Prinsip Kerja thermal overload relay ( tor) adalah mendeteksi panas dari suatu beban lebih  atau  arus pendek pada motor listrik, didalam thermal overload relay ada kompenen bimetal yang mendeteksi panas pada kemampuan batas maksimum dari pengaturan cureent setting untuk motor listrik yang akan melengkung,  jika terjadi beban lebih atau arus pendek.

Fungsi thermal overload relay.jpg
Fungsi thermal overload relay

Pada gambar diatas adalah gambar dari thor (thermal overload relay) yang saya edit agar temen-temen bisa lebih paham, yang nantinya akan saya jelaskan satu-persatu dari panah penunjukan angka berikut penjelasanya :

1. Tombol hijau pada thermal overload relay adalah suatu tombol dimana motor yang Trip akan bertuliskan huruf  T  pada nomor 4 Trip positif off motor listrik atau konsleting bisa juga beban lebih fungsi tombol biru inilah yang akan mereset huruf T (motor listrik mati) menjadi normal dan  menjalankan motor listrik kembali, bisanya tombol biru pada thermal bisa ditekan atau direset ketika bimetal sudah dingin.

2. Tombol merah adalah sama dengan push button merah pada umunya  di rangkain control, fungsinya juga sama untuk mematikan laju motor listrik (OFF)

3. Nomor tiga ini adalah bagian current  setting pada motor listrik untuk pengaman motor listrik umumnya sebagai skala waktu amper untuk menseting motor listrik agar tidak rusak tapi saya tidak membahas bagaimana cara setting terhadap motor dan ini hanya pengenalan saja nanti insha alloh akan saya bahas.

4. Nomor 4 ini adalah sama dengan nomor 1, ketika motor listrik bermasalah akan terjadi trip atau huruf T, yang muncul yang otomatis mengoffkan motor listrik. Untuk itu perlu beberapa menit mereset huruf T Yang ada pada thermal overload relay agar dapat bekerja kembali, karna pada bimetal overload ketika terjadi beban lebih dan hubungan pendek maka sekitika bimetal pada overload relay tersebut melengkung memutuskan rangkain power secara otomatis.

Lantas bagaimana cara setting arus pada thermal oveoad relay?

Nah saya sudah siapakan video agar teman-teman lebih paham dan mengerti fungsi maupun prinsip kerja thermal overload relay dan bagaimana cara menentukan  settingan thermal overload relay ini berikut videonya :



Bagaimana temen-temen apakah paham dengan penjelasan saya semua

Jika ada pertanyaan jangan sungkan ajukan dikolom komentar, komentarlah dengan selayaknya, terima kasih.

Wassalamualaikum.wr.wb

Bye-bye....

Related Posts