Cara menghemat paket data internet pada handphone android

 Assallammu'allaikum wr. Wb.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips dan trick agar paket data anda tidak boros, hal ini di karenakan akan sangat menyebabkan anda kewalahan dalam membeli paket data anda yang boros apalagi paket internet anda sangat mahal pada pembelian paket data, contohnya seperti saya 88 ribu dapet 20 giga,  dalam sebulan. 


Langsung saja kita ke pembahasan genks yakni Cara menghemat paket data internet pada handphone android anda atau penyebab paket data android  internet boros.


Teori Dasar 


Pada dasarnya paket internet di gunakan sebagai media untuk berselancar di internet untuk melihat aplikasi - aplikasi yang ada pada hanpone android anda seperti YouTube, Instagram, Facebook dan lain sebagainya.

Tapi apakah anda pernah mengecek atau melihat seberapa besar pemakaian paket data anda? Jika paket data anda boros anda harus melakukan beberapa hal untuk menghemat paket data anda dibawah ini :

  • Klik pada aplikasi
Pada handphone android anda anda harus menekan aplikasi yang jarang anda gunakan dengan cara tekan dan tahan maka akan muncul tampilan seperti info aplikasi, kemudian klik info aplikasi lalu klik penggunaan data, seperti gambar dibawah ini 


Cara menghemat paket data android
Cara menghemat paket data internet pada handphone android


Pada gambar diatas anda dapat melihat contoh dan tulisan kemudian anda klik pada penggunaan data lalu akan muncul gambar seperti ini :

Penyebab paket data boros
Paket data boros

Pada gambar diatas anda harus memilih bagian yang akan di tekan, untuk mengatasi paket data anda selalu boros anda harus mengklik latar belakang dinonaktifkan saja. 

Catatan : Apabila anda jarang sekali menggunakan aplikasi anda dapat menonaktifkan paket data dan dinonaktifkan.

Pada penggunaan handpone seperti gambar diatas saya menggunakan redmi note 10 pro.

Sama saja sih, untuk android tinggal cari aplikasi yang tidak kita gunakan dan dinonaktifkan latar belakangnya.


Pada cara ke dua masuk ke aplikasi, klik setting seperti gambar dibawah ini :

Penyebab paket data boros
Cara menghemat paket data pada handphone android


Setelah mengklik aplikasi kemudian cari kelola aplikasi seperti gambar dibawah ini : 




Lalu anda akan masuk di setiap pilihan dimana aplikasi - aplikasi yang ingin anda matikan paket datanya atau aplikasi yang jarang anda gunakan anda dapat mematikan paket datanya, terus lakukan seperti penjelasan saya diatas matikan latar belakang dan paket data.

Catatan : jika anda ingin menggunakan aplikasi yang sudah anda nonaktifkan paket data, anda harus mengaktifkan paket datanya lagi, sehingga anda dapat berselancar di internet.


Adalagi opsi mematikan paket data sebelum anda tidur yang dimana berguna untuk menghemat paket data anda.


Saya rasa cukup jelas penjelasan yang saya jelaskan untuk menghemat paket data, dimana aplikasi yang tidak digunakan tidak akan memakai paket data anda tanpa sepengetahuan anda.


Itulah cara menghemat paket data untuk android, 


Saya rasa itu saja yang dapat saya sampaikan terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.


Sampai jumpa diartikel berikutnya 



Related Posts