Cara pasang remot control crane hoist kapasitas 5 ton menggunakan wireless

 Assalammualaikum, wr, wb.

Halo bosku apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat selalu jadi kali ini saya akan menulis artikel terkait judul di atas yakni Cara pasang remot control crane hoist kapasitas 5 ton menggunakan wireless. Crane hoist juga memiliki rangkaian dengan menggunakan kabel saya sudah pernah membahas crane hoist yang menggunakan remot kabel. Karena crane ini menggunakan wireless jadi kita fokus ke wireless crane hoist saja.

Oke kita ke teori dasar


Teori Dasar

Pada gambar dibawah seperti yang anda lihat ini adalah contoh pemansagan crane hoist dengan wireless remot kontrol atau remot kontrol wireless

Cara pasang remot control crane hoist kapasitas 5 ton menggunakan wireless
Cara pasang remot control crane hoist kapasitas 5 ton menggunakan wireless


Apa itu crane hoist adalah crane hoist adalah suatu peralatan kelistrikan pada industri yang berguna sebagai alat pengangkat beban serta memindahkan beban dengan kapasitas maksimal yang beragam. Crane hoist pada pabrik industri sangat berguna untuk membantu dan menunjang kelancaran operasional suatu pabrik industri. Biasanya crane hoist juga memiliki operator khusus yang bersertifikat untuk mengoprasikan crane hoist agar terhindar dari suatu hal yang tidak kita inginkan.


Crane hoist memiliki motor dengan sistem kelistrikan 3 phase seperti  dibawah ini.

  • Motor long travel
  • Motor up / down
  • Motor cross travel
Berdasarkan 3 motor diatas yakni motor 3 phase menjadi titik dasar sebagai acuan tentang pemasangan wireless crane hoist Mitsubishi ini. Dimana nantinya dibeberapa rangkaian terdapat rangkaian control crane hoist dengan rangkaian forward reverse. Pada tiap motor dioperasikan dengan dua 2 unit kontaktor 1 motor 2 kontaktor dengan rangkaian forward reverse.

Lantas bagaimana cara merakit crane hoist pada sistem kelistrikan yang menggunakan wireless tersebut?

Pada gambar dibawah ini tentang wiring diagram pemasangan set box wireless crane hoist :

Cara pasang remot control crane hoist kapasitas 5 ton menggunakan wireless
Skema wireless crane hoist

Pada gambar diatas ada 12 kabel keseluruhan pemasangan crane hoist wireless dimana 9 buah kabel yang akan nantinya kita pasang. Pada kabel sumber di box wireless crane hoist terdapat rate tegangan  220 volt dan adapun kabel com yakni common sebagai media phase masuk untuk ke box wireless crane hoist.

Skema gambar diatas tertulis dengan marking atau kode pembacaan di kabel box wireless alseperti west, up, down dan lain sebagainya. Adapun keterangan simbol pada gambar diatas.
Dalam cara pemasangan crane hoist pada crane yang menggunakan wireless anda harus memperhatikan kabel agar tidak salah dalam pemasangan yang bisa menyebabkan korsleting.

Bagi teman-teman saya punya video pemasangan crane hoist yang ingin menggunakan wireless yakni video YouTube saya dibawah sini :

Link : Cara pasang wireless pada crane hoist

Link diatas anda akan langsung menonton video tersebut ke dalam aplikasi YouTube anda sendiri dan langsung diarahkan ke video tersebut.


Bagi teman - teman yang belum paham rangkaian Crane hoist seperti apa anda tinggal menyamakan dengan kabel dan wireless untuk link rangkaian kontrol crane hoist yang menggunakan kabel bisa klik link artikel saya disini :

Link : rangkaian kontrol crane hoist yang menggunakan kabel 

Link diatas merupakan link artikel yang saya sudah buat akan tetapi link tersebut dengan rangkaian Crane hoist yang menggunakan kabel. Buat teman-teman jangan lupa subscribe, like, dan komentar jika ada saran dan pertanyaan , semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang belajar dikelistrikan, sekedar menambah wawasan di dunia kerja.

Saya rasa ini saja yang dapat saya sampaikan ke brother-brother semua semoga artikel ini dapat bermanfaat apalagi terkait judul diatas biar ente - ente pade kagak bingung.


Ok terima kasih sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.


Bye - bye

Related Posts