Wiring diagram rangkaian kontrol kontaktor motor 3 phase untuk kincir tambak udang

 Assalammualaikum, wr, wb.


Halo brother apa kabar semoga kalian dalam keadaan sehat selalu. Jadi kali ini saya akan menulis artikel tentang rangkaian kincir motor 3 phase untuk tambak udang atau Rangkaian  kontrol kontaktor motor 3 phase motor untuk kincir tambak udang, Bagi teman-teman pemula mungkin rangkaian ini terasa sulit, akan tetapi teman-teman tidak perlu bingung lagi dengan adanya artikel ini teman-teman bisa memahami seperti apa cara merakit rangkaian kincir motor tambak udang.


Are you ready.....


Slebew...


Teori Dasar


Wiring diagram rangkaian  kontrol kontaktor motor 3 phase untuk kincir tambak udang


Motor kincir tambak udang atau kincir air tambak udang biasanya menggunakan motor 3 phase 380 volt yakni bagian power untuk menghidupkan ( ON ) motor kincir tambak udang. Sebenarnya ada beberapa rangkaian yang bisa digunakan untuk membuat rangkaian kincir tambak udang, seperti rangkaian dol dan lain sebagainya. Pada dasarnya pada artikel ini rangkaian motor 3 phase kincir tambak udang yang saya rakit ini lebih ke efisiensi dikarna menghemat biaya, karena jika kita mengunakan sistem dengan satu motor satu rangkaian kontrol maka dipastikan akan banyak menelan biaya, dikarnakan ya itu tadi 1 kontaktor 1 kontrol.


Dalam hal terkait merakit rangkaian kincir motor 3 phase tambak udang kita harus untung gede pangkas pembelian peralatan bukan begitu Joni? Ya kan. Terkait Rangkaian  kontrol kontaktor motor 3 phase motor untuk kincir tambak udang adapun bahan dalam merakit rangkaian kontrol tersebut yakni sebagai berikut :

  1. MCB 3 phase
  2. MCB 1 hase
  3. Kontaktor 
  4. Thermal overload relay
  5. Selektor on/off toggel
  6. Lampu indikator
  7. Sepatu kabel atau skun kabel
  8. Kabel AWG 0,8 atau 0,68
Nah beberapa point ini adalah bahan-bahan yang harus disiapkan untuk Rangkaian  kontrol kontaktor motor 3 phase motor untuk kincir tambak udang. Sebelum kita ke cara merakitya saya ingin menjelaskan mengenai skema diagram wiring diagram rangkaian kincir tambak udang sebagai berikut :

Rangkaian kontaktor motor 3 phase tambak udang
Wiring diagram rangkaian motor kincir tambak udang

Pada skema diagram diatas atau wiring diagram rangkaian kontrol motor tambak udang digunakan dengan 2 buah kontaktor dan 2 buah motor listrik 3 phase. Adapun terdapat lampu indikator teman-teman dapat melihat skema dan gambar diatas untuk cara pemasangan rangkaian daya dan rangkaian kontrol motor 3 phase.


Prinsip Kerja Rangkaian Motor 3 Phase Kincir Tambak Udang :
  • Pada saat selektor atau saklar posisi ON maka kontaktor akan mengunci
  • Motor kondisi ON
  • Thermal overload relay di pasang dengan cara dijumper untuk thermal overload 1 dan thermal overload 2
  • Pada kondisi motor 3 phase kincir tambak udang mengalami masalah maka kedua kontaktor akan OFF dikarnakan thermal overload berfungsi mengatasi arus lebih pada motor 3 phase kincir tambak udang
  • Lampu indikator akan on pada kondisi motor ON ( hijau )
  • Lampu indikator OFF pada kondisi motor 3 phase kincir tambak udang OFF ( lampu merah)
  • Lampu indikator trip pada kondisi motor mengalami masalah kelistrikan atau beban lebih (Lampu Kuning )
  • Sumber listrik dari PLN 380 volt
  • Rangkaian kontrol kontaktor bertegangan 220 volt.

Pada prinsip kerja diatas semoga dapat dipahami dengan penjelasan yang saya tulis dan semoga dapat menambah wawasa seputar dunia kelistrikan.

Adapun video yang YouTube untuk menambah pemahaman yang dimana jika artikel ini teman-teman belum benar - benar memahami bisa klik link video YouTube saya disini



Pada link diatas anda akan diarahkan ke aplikasi YouTube langsung dari handpone anda dan langsung menonton video yang sudah ada.

Saya rasa itu saja yang dapat saya sampaikan terkait hal ini dimana artikel ini berjudul Wiring diagram rangkaian kontrol kontaktor motor 3 phase untuk kincir tambak udang, semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah mampir diartikel maintenance workhsop

Related Posts