Cara merakit rangkaian crane hoist mitsubishi kapasitas 5 ton

 Assalamualaikum wr, wb.


Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara merakit rangkaian crane hoist mitsubishi yang berkapasitas 5 ton nah sebelumnya saya pernah membuat konten tentang hal ini, tetapi video tersebut lebih ke penjelasan singkat dan merakitnya. Oleh karenanya artikel ini mungkin akan sedikit memberikan teori dasar dan penjelasan yang jelas. Nah sebelum saya ke inti dari artikel ini, Baiknya temen-temen mengenal terlebih dahulu teori dasar tentang crane hoist mitsubishi ini, agar tidak salah dalam pemahaman merakit rangkaian crane hoist tipe s berkapasitas 5 ton.

Gas ngk ni....?

Guaskuen genks....!!


Teori dasar

Crane hoist pada peralatan industri digunakan sebagai pengangkat beban, memindahkan beban yang tergolong berat. Kapasitas crane juga terdapat beberapa tipe serta maksimal pengakatan beban yakni 5 ton, 3 ton dan diatas 5 ton. Crane hoist pada sistem kelistrikan ya terdapat beberapa rangkaian kontrol yang digunakan dan rating dari tegangan yang biasanya atau pada umunya digunakan yakni 380 volt AC. 

Pada crane hoist mitsubishi juga terdapat beberapa motor, motor up down, cross travel, long travel. Crane hoist mitsubishi ini juga terdapat trafo donat untuk membuka canvas pada motor up down, hal ini biasanya untuk menghindari benturan yang terjadi ketika motor  crane hoist pada kondisi up dan down.

Crane hoist mitsubishi tipe S (small) memilik rel untuk menunjang laju dari crane hoist. Adapun pada crane hoist terdapat beberapa safety untuk  menghindari crane hoist dari tabrakan, kerusakan kelistrikan dan pengaman motor 3 phase seperti thermal overload, limit switch dan fuse.

Lantas bagaimana cara merakit crane hoist atau seperti apa rangkaian listrik crane hoist ini ?

Pada crane hoist memiliki beberapa kontaktor magnetik sebagai kutub yang bisa hidup dan matikan lewat rangkaian kontrol. Jadi berapa unit kontaktor yang dibutuhkan dalam merakit crane hoist ini? Oke kita akan Jabar bahan dan alat yang akan kita gunakan.

Bahan dan alat untuk merakit crane hoist mitsubishi tipe S atau bahan - bahan untuk merakit rangkaian crane hoist sebagai berikut :

  • Kontaktor 5 unit
  • Kabel kontrol
  • Kabel AWG 
  • Dioda bridge
  • Resistor 10 Kohm
  • Limit switch up down
Bahan diatas adalah bahan yang akan perlu kita rakit untuk menjalankan motor pada crane hoist, seperti yang sudah saya jelaskan yakni motor up down, motor cross travel, motor long travel. Nah bahan ini adalah bahan yang bisa dibilang bahan utama untuk merakit rangkaian crane hoist mitsubishi. Jadi saya akan memisahkan rangkaian menjadi 3 bagian agar teman-teman bisa memahami lebih lanjut menjadi yakni sebagai berikut :

  • Rangkaian crane hoist long travel
  • Rangkaian Crane hoist cross travel
  • Rangkaian Crane hoist up / down

Kita langsung saja ke inti cara merakit rangkaian control crane hoist :

  • Rangkaian Crane Hoist Long Travel

Nah pada bagian ini saya akan menjelaskan dengan gambar di bawah ini seperti berikut :

Rangkaian Crane Hoist Long Travel
Rangkaian Crane hoist long travel

Nah gambar diatas adalah potongan dari penjelasan saya diatas yakni kita akan merakit rangkaian crane long travel seperti gambar diatas. Adapun kontaktornya menjadi 2 unit untuk crane long travel beserta tombol control crane dengan connection ke kontaktor nah bagian ini kita menyambung kabel di tombol dengan huruf atau marking bertuliskan east dan west ( timur dan barat ).

Pada bagian ini kontaktor dirakit mengunakan rangkaian forward reverse tanpa pengunci atau bisa dibilang membuatnya bergerak melalui tombol pushbutton saat kita menekan tombol dan ketika kita melepas tombol tersebut maka kontaktor tidak akan berenergi (off).

  • Rangkaian Crane hoist cross travel
Cross travel pada crane hoist adalah lintas perjalanan atau bisa di bilang kiri kanan untuk memindahkan barang. Nah pada point kedua ini saya akan menjabarkan mengenai hal ini karena crane hoist mitsubishi ini tidak banyak bahan yang digunakan dan bisa dibilang crane dengan bahan kelistrikannya simpel, Berikut rangkaian crane hoist mitsubishi type S berkapasitas 5 ton :

Rangkaian Crane hoist mitsubishi kapasitas 5 ton
Rangkaian Crane hoist cross travel

Pada gambar diatas merupakan suatu rangkaian Crane hoist yang saya buat menggunakan software PP. Terdapat 2 unit kontaktor dan MCB 3 phase besert MCB 1 phase dengan rangkaian hampir sama dengan long travel karena pada dasarnya rangkaian Crane hoist cross travel ini tidak berbeda sama sekali dengan long travel yakni dengan rangkaian forward reverse tanpa pengunci. Kenapa saya menyebutnya dengan rangkaian tanpa pengunci. Karena kontaktor disini tidak menggunakan pengunci berupa kontak NO pada kontaktor hanya memanfaatkan triger koil pada kontaktor dengan gaya tekan di-pushbutton maka listrik akan langsung masuk ke koil. Jika ingin memperbesar gambar silakanolik gambar lalu perbesar melalui handpone teman-teman.


  • Rangkaian Crane Hoist Mitsubishi Type S  ( Up / Down )
Nah rangkaian ini beberapa bahan tambahan seperti penjelasan saya diatas dengan limit switch, resistor 10 Komh dan dioda bridge berikut rangkaiannya :

Rangkaian Crane Hoist Up / Down

Pada gambar diatas terdapa beberapa koneksi yang dioda bridge dengan input 220 dan output yakni arus searah arus akan tetapi resistor inilah mengendalikan arus listrik pada suatu rangkaian untuk membuka katup canvas pada crane hoist, untuk sambungan kabel dikontaktor 2 terkoneksi dengan limit switch apabila crane digunakan sedang menaikan beban sampai atas limit switch bertugas untuk memutus rangkaian kontrol tersebut. Untuk rangkaian ya silakan diperhatikan terlebih dahulu. 

Untuk lebih lengkap apalah arti teori tanpa praktek jadi saya sudah membuat video tentang cara merakit rangkaian kontrol crane hoist Mitsubishi ini. Video nya bisa ditonton disini :



Nah Jiak teman-teman masih belum puas menonton disini silakan langsung ke YouTube dengan link ini :

https://youtu.be/zXmN4nyKS9I 

Nantinya anda akan diarahkan langsung aplikasi YouTube biar teman-teman santai dan enjoy.

Penutup

Oke itulah sedikit pemaparan terkait judul artikel yakni Cara merakit rangkaian crane hoist mitsubishi kapasitas 5 ton. Mohon maaf apabila terjadi kesalahan kata ataupun tulisan, Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semu jika ada pertanyaan silakan tulis dikolom komentar genks ya. 


Sehat selalu buat kalian semua genks...


Terima kasih banyak sudah mampir diartikel saya.





Related Posts