Penyebab cosmos nasinya basi dan cara mengatasinya

 Assalammualaikum, Wr, Wb.


Hai genks apa kabar semoga dalam keadaan sehat selalu, jadi kali ini kita akan membahas mengenai penyebab cosmos nasinya basi atau penyebab cosmos tidak bisa menghangatkan dan bagaimana mengatasi hal ini genks.

Jadi cosmos anda mau ukuran kecil dan besar sama saja genks pada kerusakan cosmos atau magic com anda yang nasinya basi atau magic com penghangat nasi tidak panas

Jangan buru-buru dibuang dulu genks cosmos anda. Karena memperbaiki hal ini tidak begitu mahal genks.

Jadi kita langsung saja ke teori dasar genks.


Teori Dasar


Penyebab cosmos nasi cepat basi
Penyebab cosmos nasi cepat basi


Pada dasarnya Cosmos atau magic com sering mengalami kerusakan dikarenakan memang sudah saatnya rusak. Hehe. Nah genks untuk mengatasi cosmos nasinya yang basi karena saya pernah memperbaiki hal ini jadi saya berikan agenks tutorial cara mengatasi cosmos nasinya basi genks.

Penyebab cosmos nasinya basi 

  • Cek kabel body yang terisolasi menggunakan alumunium foil
  • Cek limit switch
  • Cek thermostat
Nah pada dasarnya cuma kedua point ini genks penyebab cosmos anda nasinya basi atau penyebab magic com nasinya basi

Dalam hal ini agenks harus melihat kabel yang ada di body panci tempat cosmos anda memasak, yang terdapat alumunium foil dan didalamnya ada kabel.

Atau langsung ukur menggunakan multi tester digital maupun analog dengan pengerahan ke skala ohm atau buzzer ( suara speaker ).

Atau bisa cek kabel cosmos  dengan mata kita, yakni dengan melihat dan mencurigai kabel yang terdapat putus ataupun hangus atau bisa juga. Dengan menarik kabel tersebut menggunakan tangan anda, agan dapat melihat foto dibawah ini kabel body panci cosmos yang putus :

Penyebab cosmos nasi basi
Penyebab cosmos nasinya basi


Nah Genk gambar diatas saya buka alumunium foil dan kabelnya saya tarik ternyata kabel tersebut langsung repuh atau rapuh.

Saran saya anda dapat membeli kabel pemanas cosmos di online dengan harga kisaran 15 ribu atau anda bisa langsung ke toko elektronik di kota terdekat.


Kita ke point no 2. 

Penyebab cosmos nasinya basi dan cara mengatasinya yakni pada limit switch cosmos ukur atau anda dapat melihat simbol yang ada di body limit switch 3 kaki ada kontak NO dan NC pada saat tuas limit switch tanpa tekanan maka kontak atau saklar bagian yang atas kondisi NC ( saklar terhubung ) dan begitupun sebaliknya NO.

Bisa dipahami ya.

Adalagi pertanyaan seperti ini. Kenapa magic com cosmos berair?
Jadi pada dasarnya magic com atau cosmos yang berair menandakan ada kerusakan alat yang dimana untuk mode pemanas atau mode cook tidak bekerja dengan baik, Hal ini biasanya ditandai dengan kerusakan yang ada di dalam cosmos seperti termostat dan juga kabel body yang ada di wadah cosmos anda.

Untuk point penjelasan cosmos anda kenapa cepat berair dan basi anda dapat Menganti termostat yang ada di wadah tempat memasak nasi biasanya termostat jika putus atau rusak akan membuat nasi pada cosmos anda akan cepat basi, berikut point bagaimana cara mengecek termostat bagus atau rusak.

Cara cek termostat cosmos sebagai berikut :

  • Cabut termostat yang ada di wadah cosmos
  • Kemudian ukur menggunakan multi tester digital ataupun multi tester analog dengan skala probe mode buzzer atau mode suara
  • Letakan kedua kabel probe dari multi tester dikedua kaki penghubung kabel termostat cosmos.
  • Jika termostat bagus maka multi tester akan mengeluarkan suara tittttt
  • Begitupun sebaliknya jika rusak termostat cosmos anda tidak menimbulkan suara apapun.   
Untuk opsi perbaikan cosmos yang nasinya basi dan anda tidak dapat menggunakan alat ukur ada baiknya anda membawa contoh termostat langsung ke toko elektronik di daerah anda minta ukur dan langsung beli dengan contoh yang sama atau beda biasanya termostat cosmos dengan suhu batasan yang digunakan 85 Drajat dan lebih 100 Drajat tidak masalah namun akan memakan daya yang lumayan besar, alias kWh anda akan cepat habis.


Dan untuk opsi kabel wadah cosmos. Jika tidak mau ambil pusing anda dapat membeli langsung kabel pemanas dan limit switch total harga kisaran 25 ribu Genk, untuk kedua alat ini.

Oke genks ya saya rasa itu saja yang dapat saya sampaikan ke agenk semua.

Jangan lupa untuk mampir ke channel YouTube saya genks dan jangan lupa juga untuk subscribe.


Baca juga artikel kami berikut :








Related Posts