Cara memperbaiki thermal overload relay (tor) yang rusak

Assallammualikum,wr,wb.


Pendahuluan

Hallo bosku, apa kabar kalian disana semoga dalam keadaan sehat selalu, berakaitan post artikel blog tentang perbaikan peralatan listrik saya kali ini saya akan mengajak teman-teman untuk memperbaiki thermal overload relay atau cara memperbaiki thermal overload relay tor hal ini saya rasa cukup membantu dalam menghemat keuangan anda...


Mari kita teropong.....


Teori Dasar

Pada gambar dibawah ini anda dapat melihat nama dari suatu alat yang bernama thermal overload relay (tor). Thermal overload relay biasanya dikombinasikan dengan kontaktor, berikut gambar penampkan dibawah ini :

Thermal overload relay
Thermal overload relay


Penjelasan tentang Thermal overload relay tentunya kalian tahu, kalau belum tahu saya jelaskan intinya saja, thermal overload relay adalah suatu alat yang digunakan sebagai pengaman motor listrik 3 phase (motor 3 phase) atau sebagai alat untuk menjaga motor listrik dari keruskan yang disebabkan beban lebih pada motor 3 phase. 

Jadi kalian harus menggunakan thermal overload relay jika punya motor 3 phase.

Bisa nggak om thermal overload relay untuk motor 1 pahse? Jelas bisa brother. Tapi apakah kalian bisa merakit dan mesetting thermal overload relay berdasarkan kegunaan untuk motor 1 phase?! Pasti la ane yakin kalian orang hebat tidak mungkin tidak bisa. Ya kan tejo?!!

Kalian bisa melihat artikel saya sebelumnya jika kalian belom memahami fungsi thermal overload relay. Cari saja kata kunci fungsi thermal overload relay diserch situs ane. 

Atau teropong disini : fungsi thermal overload relay

Saya ingin bertanya kenapa kalian ingin memperbaiki thermal overload relay? Silakan koment.

Kalau kita melihat thermal overload relay (tor) pada harga beli alat pengaman motor 3 phase ini jelas sangat mahal sekali ya brother. Ini pun tergantung pada amper yang kita gunakan, semakin tinggi amper semakin mahal suatu thermal overload relay artinya jika duit kita ehmm bolong dikit, maka kita dapat memilih opsi dengan cara memperbaiki thermal overload relay yang rusak, tapi jika uang ente banyak maka dipastikan opsi lembiru ( lempar beli baru ) jadi pilihan utama.

Thermal overload relay
Harga thermal overload relay versi belitung
Harga thermal overload relay di belitung lrd 10 sama dengan IDR 460000.


Jadi thermal overload relay ini memiliki solid konduktor alias 3 solid kunduktor yang terhubung ke 2T1 4T2 dan 6T3. Hal ini sering mengalami kerusakan dan alhasil solid konduktor pada thermal overload relay ini bagian atas tidak terhubung ke out bagian bawah arus listrik untuk menggerakan atau menjalankan motor 3 phase ( penyaluran arus listrik ke motor listrik 3 phase)

Kita bahas saja kerusakan yang sering terjadi pada thermal overload relay :

1. Kontak NO dan NC pada thermal overload relay tidak berfungsi

2. Kontak utama solid konduktor tidak terhubung ke out keluaran arus listrik bagian bawah pada thermal overload relay.

Nah 2 bagian ini yang paling sering terjadi pada kerusakan suatu thermal overload relay.

Apa penyebabnya? 

  • Bunga api
  • Arus yang melewati melebihi kapasitas maksimal thermal overload relay atau tor
  • Suhu operasi alias IP Suatu peralatan
  • Setting thermal atau aux set kurang tepat
  • Beban motor lebih besar dari penggunaan thermal overload relay
5 point ini bisa jadi penyebab rusaknya suatu thermal overload relay, lantas akan mengakibatkan rusaknya thermal overload relay. Contohnya pada kontak bantu thermal overload relay NO dan NC  serta kontak utama seperti yang dijelaskan diatas (2T1, 4T2, 6T3). Kontak bantu pada  thermal ketika sering trip maka dipastikan pada akan memicu kerak pada lapisan plat laminasi tembaga jika dibiarkan terlalu lama dipastikan kerak tersebut akan menutupi bagian pertemuan kontak bantu dan solid konduktor yang terhubung ke bawah.

Lantas bagaimana cara memperbaiki thermal overload relay yang rusak parah mari baca dan teropong dengan santuy :

Thermal overload relay (tor)
Cara memperbaiki thermal overload relay (tor) yang rusak 

Gambar diatas adalah contoh dari gambar yang sedang saya perbaiki untuk kontak utama dengan menambah bahan berupa tembaga untuk menyambunng in ke kontaktor dan out ke motor, hal inilah yang sering menyebabkan kontak utama thermal overload relay rusak.

Alhamdullilah saya sudah siapkan sebuah video untuk judul artikel kali ini tentang Cara memperbaiki Thermal overload relay yang rusak cara menguji bagus atau rusak suatu thermal overload relay. Jangan lupa subscribe, like dan koment.



Video diatas ada beberapa bagian yang menjelaskan tentang bagaimanna cara menguji thermal overload relay rusak atau bagus dalam arti menguji untuk memastikan thermal overload relay rusak atau bagus menggunkan multitester digital.

Artikel ini mewakili video yang saya buat guna mempermudah teman-teman  untuk memperbaiki dan mengatasi thermal overload relay rusak parah adapun cara untuk mengecek kondisi thermal overload rusak atau bagus.


Video tersebut berdurasi kurang lebih 17 menit. Nonton sampai habis agar tidak gagal paham. Semoga bermanfaat untuk kamu boskue.


Penutup


Itulah sedikit pembahasan teori dan  video yang saya buat bagaimana kita memperbaiki thermal overload relay atau tor. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata maupun penulisan. Yang kurang  berkenan.


Saya akhiri wassallammulaikum, wr, wb.



Bye-bye.....



Related Posts