Tips Untuk kamu sebelum membeli motor listrik 1 phase atau motor induksi

Assallamualaikum, wr, wb.

Halo genks....sahabat ku, sahabat pencari artikel perbaikan peralatan listrik, pada kali ini saya akan memberikan artikel yang berakaitan dengan Tips Untuk kamu sebelum membeli motor listrik 1 phase atau motor induksi, pada pertanyaan yang sering saya temui, bang saya punya motor listrik 1 phase dengan daya 800 watt sedangkan MCB dirumah cuma 600  watt ( semisal ya), apakah ini benar dalam memilih motor listrik?! jelas ini salah dalam ya untuk kamu yang memilih motor listrik.

Langsung saja kita bahas judul artikel kali ini tips memilih motor listrik.

Teori Dasar

Motor listrik atau motor induksi
Tips Untuk kamu sebelum membeli motor listrik 1 phase atau motor induksi


Motor listrik atau motor induksi biasanya digunakan untuk memutar atau mendapatkan energi mekanis dari suatu motor listrik 1 phase atau motor induksi yang berguna mengerakan atau mendapatkan tenaga kuda yang dikonversi menjadi bahan siap jadi, contohnya :

Motor 1 phase digunakan untuk mengerakan sancin, motor 1 phase digunakan untuk kompresor, mengerakan kincir dan lain sebaginya. Intinya motor 1 phase digunakan untuk merubah energi gerak dan mendapatkan energi yang kita inginkan.

Lalu permasalahan yang terjadi beberapa dari kita tidak memahami dalam memilih motor listrik yang akan kita gunakan, kenapa demikian, karna kurangnya pengetahuan berkaitan dengan motor listrik dan kelistrikan.

Lah kok kelistrikan?! Iya genks sebagian dari kita tidak menyadari daya yang akan kita gunakan pada penggunaan motor listrik 1 phase ini.

Karna pada motor listrik atau motor induksi  biasanya mempunyai daya yang cukup besar sedangkan listrik dirumah kita dengan daya yang amat kecil.

Bagi kamu pemula yang ingin membeli motor listrik 1 pahse untuk digunakan dirumah harus dan wajib mengetahui daya yang digunakan karna jika anda salah dalam memilih motor listrik yang akan digunakan maka anda berisiap lah untuk mengeluarkan uang yang cukup membuat kantong jebol.

Lalu berikut tips untuk kamu yang ingin membeli motor listrik untuk digunakan sebagai bahan untuk mendapatkan energi mekanis dari motor listrik :

1. Daya rumah
2. Daya motor listrik 1 phase
3. Mehamai motor listrik 1 phase dan tiga phase
4. Amper motor 
5. Horse power 
6. Menggunakan poli atau gearbox

Nah dari kelima point diatas nanti saya akan jelaskan secara satu-persatu agar agan-agan tidak lagi salah memilih motor listrik yang akan digunakan.

Berikut penjelasan singkat untuk kamu yang ingin membeli motor listrik atau motor induksi :

1. Daya rumah

Dalam memilih motor listrik 1 phase dengan horse power yang kuat teman-teman harus mengetahui berapa daya listrik yang digunakan untuk kapasitas maksimal beban pada listrik rumah kamu, iya kamu...

Karna motor listrik semakin kuat horse power atau HP semakin besar daya yang digunakan contohnya 1 hp = 745 watt kalau tidak salah, mohon dikoreksi artinya motor listrik atau motor induksi yang agan gunakan memakan daya 745 watt. Pertanyaanya sederhana apakah listrik dirumah agan, sampai 745 watt?!! Dan perlu diingat ini belum beban yang lainya, seperti kulkas, tv agan, lampu agan. Pusing minum oskadon!!!!

Lalu apakah cukup 1 hp?

Ah sudahlah lanjut lagi no 2

2. Daya motor listrik 1 phase

Untuk kamu tips memilih motor listrik harus memahami daya dari motor listrik 1 phase ini, semakin besar horse power, semakin kuat torsi pada objek yang akan digunakan, mohon dikoreksi jika saya salah. 
Untuk tips memilih motor listrik pada daya Pahami saja daya motor listrik dan daya motor listrik 1 phase yang akan kamu beli daya rumah harus lebih besar dari daya motor listrik 1 phase kamu....iya kamu bambang.

Catatan :

Pililahlah daya yang sesuai, karna daya sama dengan horses power ( tenaga motor listrik sendiri)

3. Memahami motor listrik 1 phase dan 3 phase

Nah bagi kamu yang ingin membeli motor listrik 1 phase harus memahami perbedaan motor 1 phase dengan 3 phase, atau baca artikel saya disini :


Maksud saya jika teman-teman sudah memahami apa itu motor listrik 3 phase dan 1 phase, teman-teman tidak salah dalam memilih motor listrik yang diinginkan, karna listrik 3 phase menggunakan tegangan 380 V dan 1 phase 220 V

Catatan 

Lihat name plate pada motor listrik guna mengetahui apa itu motor listrik 1 phase dan 3 phase beserta dari perbedaan masing-masing motor 1 phase dan 3 phase.

4. Amper motor listrik atau motor induksi

Berkaitan dengan Amper motor. nah jika teman-teman ingin membeli motor listrik atau motor induksi yakni motor 1 phase, teman-teman harus memahami amper pada motor listrik, karna jika tidak memahami pada amper motor maka motor tersebut bisa jadi akan cepat rusak.

Catatan

Amper  pada motor listrik adalah maksimal penggunaan beban yang di izinkan.

Contohnya 5 amper tidak boleh melebihi dari 5 amper yang ada dimotor listrik ( pada penggunaan beban energi mekanis.

Sebagai contoh motor listrik 1 phase digunakan untuk mengerakan kincir tambang udang misalnya.

5. Horse power motor listrik

Pada horse power ( HP ) atau PK teman teman harus memahami kekuatan dari motor karna HP  yang besar sama dengan penggunaan pada torsi dan itupun jika daya rumah kuat. Hp bisa dibilang dengan daya 1 hp = 745 watt.

Catatan :

Hp adalah kekuatan motor atau torsi pengerak yang akan agan gunakan untuk mengerakan atau memperoleh energi mekanis yang cukup sebagai pengerak, dengan acuan daya rumah sebagai sumber power motor 1 phase atau motor induksi.

6. Poli atau gearbox

Poli atau gearbox adalah salah satu acuan sebagai alat untuk memperkecil daya motor listrik yang agan gunakan, berkaitan dengan gearbox dan poli adalah sarana untuk memaksimalkan daya pada rumah sehingga tidak jeglek.

Karna yang saya tau gearbox memiliki gear primer dan skunder bedanya poli dan gearbox adalah sebagai berikut :

Gearbox sistem pelumas basah sedangkan poli bersifat kering dan tanpa pelumas, jika kita melihat dari segi biaya gearbox lebih mahal dari pada poli.

Saya cerita sedikit kami sempat memasang poli pada wayer cerobong beda poli 4 inchi di motor dan 6 in di as wayer menggunakan motor 3 phase saat pengujian ampermeter pada saat motor listrik jalan besar sampai 10 amper dan kapasitas maksimal motor 7,5 amper hal ini perlu perubahan karna motor akan bermasalah jika kita pasang poli seperti diatas.

Kemudian kita ganti dengan poli 6 in dan 7 in alhasil, singkat cerita amper turun menjadi kisaran 5 sungguh mantul kali bray....!!!

Jadi gini memperbesar poli sama dengan meringankan beban pada motor, seperti gear pada sepeda bergigi....kalau ente pernah pake gear sepeda yang bergigi, banyak.

Kek begitulah bosku.

Hehehe

Penutup

Semoga dengan adanya artikel ini teman-teman tidak lagi bingung membeli motor listrik dan dapat mencoba tips ini sebelum membeli motor listrik. agar teman-teman mendapatkan pencerahan mengenai beberapa hal yang sudah saya jelaskan diatas. Saya rasa cukup.

Mohon maaf apabila ada kesalah kata maupun penulisan.

Semoga bermanfaat untuk teman-teman.

Saya ucapkan wassallamualaikum, wr,wb.

Bye - bye.....

Related Posts