Perbedaan motor listrik 1 phase dan Motor 3 phase (fase)

asallamualaikum,  wr,  wb

Pendahuluan

Halo sahabat teknik maintenance workshop pada artikel saya kali ini saya akan membahas tentang perbedaan motor listrik 1 phase Beserta contoh keggunaanya dan motor listrik AC 3 phase / fase, apa sih perbedaan motor 1 phase dan 3 phase (fase).  semoga saja dengan adanya artikel ini dapat sedikit memberikan pencerahan, bagi agenks-agenks semua... 

Kuy disimak, baca sampai habis, tidak paham ada kolom komentar

Dasar Teori

Perbedaan motor 1 phase dan motor 3 phase.wepg
Perbedaan motor 1 phase dan 3 phase


Pada umumnya motor listrik ac 1 phase dan motor listrik ac 3 phase, sangat lah berbeda baik dari segi visual maupun komponen tambahan Pada motor listrik induksi.  untuk melihat perbedaan dari motor 1 phase dan motor induksi 3 phase banyak sekali yang teman-teman harus pahami, lalu teman-teman wajib membaca, artikel saya tentang penjelasan motor listrik 1 phase, sekema dan komponen lainya link dibawah :


Silakan diklik ye...

Nah jadi saya hanya akan menjelaskan motor 3 phase saja oke gas...

Saya coba jelaakan atau terangkan sedikit, agar agenk-agenk tidak kecewa. Motor satu phase umumnya cuma memiliki 2 kumparan,  kumparan utama dan kumparan bantu. Apa itu kumparan pada motor induksi atau motor 1 phase AC,  kumparan adalah suatu gulungan yang terdapat pada motor induksi elektromagnetik, kumparan ini berguna untuk menggerakan rotor pada tiap-tiap motor induksi baik satu phase dan 3 phase arus AC. Memang ada arus DC (3 phase) sepegetahuan saya tidak ada,  jika kita berbicara motor 1 phase DC ada atau tidak jelas ada genks ya. 

Lalu dimana letak perbedaan motor 1 phase dan 3 phase (fase). penjelasanya sebagai berikut :

 Penjelasan Motor AC 1 phase

Ciri-ciri Motor 1 phase adalah motor yang bekerja pada rating arus listrik 220 VAC memiliki kumparan (stator)  utama dan kumparan (stator)  bantu dan juga perbedaan pada rotor, rotor sangkar dan rotor belitan, kurang lebih begini. Saya saran baca link yang saya sudah masukan diatas, untuk penjelasan motor 1 phase lebih lanjut agar bisa mengetahui perbedaan motor 1 phase dan 3 phase. 

Lalu berikutnya ciri-ciri motor 3 phase arus AC dan Motor AC 1 phase sebagai berikut. :


Penjelasan Motor 3 phase

Perbedaan motor 1 phase dan 3 phase. Webpg
Motor 3 phase

Motor 3 phase atau motor induksi 3 phase adalah motor yang dioperasikan menggunakan listrik 3 phase (fasa) teridiri dari 3 kabel (api) dan 1 kabel netral, dengan rating tegangan 380-450 volt arus listrik AC. pada conection motor 3 phase umumnya netral tidak terpakai, motor 3 phase dioperasikan dengan 3 phase saja pada hubung bintang atau start tergantung dari kondisi yang hendak dipakai. Adapun Ciri-ciri Motor 3 phase (fase) memiliki 3 kumparan (stator)  yang sama. baik pada lilitan, diameter kawat,  jumlah kumparan, jumlah lilitan kumparan, jumlah alur kumparan dan langkah alur. Dimana pada satu kumparan, menggunakan 1 phase saja. 

Motor 3 phase umumnya memiliki 3 kumparan dimana pada kumparan biasanya ditanda dengan huruf kode U1, V1 Dan W1.

pada tiap kumparan gulungan kawat, misalnya contohnya sebagai berikut U1, V1 dan W1 adalah awal gulungan sedangkan U2, V2 dan W2 adalah akhir gulungan dan dijalankan dengan rating arus listrik bertegangan 380VAC. 

Pada tiap terminal, Pada motor listrik 3 phase memiliki 6 buah terminal. Masing-masing kumparan atau stator awal dan akhir. pada gulungan motor 3 phase dikelompokan berdasarkan  huruf U1 dan U2 (awal dan akhir gulungan).

Catatan :

untuk pemakain motor kapasitas yang besar yakni motor listrik 3 phase. maka akan beda lagi genk. Beda dalam penggunaan kabel power (koneksi start delta) dengan kapasitas 5 kw keatas. Jika kit berbicara koneksi kabel.

Fungsi kegunaan motor 1 phase dan 3 phase :

Umumnya penggunaan fungsi motor 3 phase untuk beban pemanfaatan energi mekanik yang tergolong besar dan berat. Maka diwajibkan menggunakan motor 3 phase. dan motor 1 phase difungsikan untuk motor yang penggunaan beban energi mekanik tergolong ringan.

Contoh kegunaan motor 3 phase

Motor untuk staring, motor pemotong bata api,  motor gearbox 3 phase dan lain sebagainya.

Contoh kegunaan  motor 1 phase

Untuk blower,  untuk pagar otomatis rumah,  untuk pompa air,  motor bor tangan,  motor grinda dan lain sebagainya.

Kelebihan dan kekurangan motor 3 phase / fase

Motor listrik AC 3 phase memiliki kelebihan pada penggunaan motor induksi dengan pemanfaatan energi mekanik yang tergolong berat dan besar. Waduh besar pulak katanya. Misalnya untuk digunakan memutar exsos ( cerobong asap)  horses power atau hp yang begitu besar. 

Adapun kekurangan dari motor 3 phase tidak dapat menggunakan  pada listrik runah tinggal yang bertegangan 220VAC dan memakan daya listrik yang besar dan lain sebagainya. Kok tidak bisa kemarin saya liat diyutube bisa!!!.... Memang bisa tapi sudah beda putaran dan hp nya.

Kelebihan dan kekurangan motor 1 phase

Kelebihan motor 1 phase pada rpm atau kecepatan putaran yang sangat besar, memiliki kumparan (stator yang sedikit), diameter kawat kecil, jelas sangat menguntungkan dalam mengulung dinamo 1 phase.

Kekurangan motor 1 phase

Kekurangan motor 1 phase tidak bisa digunakan pada rate tegangan 380VAC.
Hp kecil,  menggunakan kompenen tambahan seperti kapasitor jelas menambah biaya jika kerusakan pada kapasitor.

Mungkin ada yang lebih paham dengan kekurangan dan kelebihan pada masing-masing  motor 1 phase dan  motor 3 phase silahkan tambahkan dikolom komentar. Apakah teman-teman sudah paham mengenai penjelasan singkat dari perbedaan motor 1 phase dan motor 3 phase yang sudah saya jelaskan.


Kesimpulan singkat

Bagaimana cara melihat perbedaan motor 3 phase dan 1 phase cukup melihat name plate pada body  motor listrik 1 phase atau motor 3 phase. Dengan acuan tegangan di name plate motor listrik 1 phase adalah 220 volt artinya ini motor  1 phase sedangkan motor 3 phase pada name plate tertulis 380 Volt artinya ini motor 3 phase.

Aman jelas. Oke gasken.

Penutup

Semoga dengan adanya artikel ini sedikit memberikan pencerahan perbedan dari motor 1 phase dan motor 3 phase.

Jangan lupa main ke channel youtube saya...dan jangan lupa subscribe kalau ngk retak ginjal kalean.. Hheheh.



Related Posts