Penyebab timbangan digital (skala ton) tidak akurat pada angka indikator

Assallamualaikum, wr, wb.

Halo genks hari ini saya ingin memberikan artikel tentang penyebab timbangan digital yang bersekala ton tidak akurat, nah memang ada beberapa hal yang menyebabkan timbangan digital skala ton tidak akurat genks. Apa saja itu. Nanti saya akan jelaskan dibawah genks yaks...simak yaks baca sampai habis agar timbangan digital agenk normal kembali.

Saya cerita sedikit genks, saya dan teman mengurus timbangan digital skala besar atau ton 3 unit genks dipastikan timbangan harus wajib normal tidak ada eror, harus akurat dan pastinya harus normal. Karna memang kita kerja dengan orang ya harus sebisanya timbangan wajib dalam keadan normal genks, saya anggap teman-teman paham nama pada peralatan timbangan ini, agar saya tidak perlu lagi menjelaskan apa itu load cell dan lain sebagainya.

Oke skuys kita teropong teori sedikit ya.

Teori Dasar

Penyebab timbangan digital ( skala ton ) tidak akurat pada angka indikator.png
Timbangan digital

Nah pada teori timbangan digital atau timbangan yang bersekala besar sering mengalami kerusakan yang berakibat angka pada indikator timbangan tidak normal, baik selisih angka ataupun eror angka, ini tidak lain timbangan perlu dilakukan pengecekan. apa saja sih penyebab utama dari timbangan digital atau timbangan skala besar yang tidak akurat atau selisih angka.

Skuys disimak genks.
  1. Indikator
  2. Load cell
  3. Junction box timbangan
  4. Monting
  5. Kabel
  6. Konektor ke indikator
  7. Table (meja timbangan)
  8. Baut pengunci table meja

Berdasarkan 6 point diatas adalah masalah pada timbangan digital yang tidak akurat atau selisih, nah 6 point diatas nanti saya jelaskan satu-persatu yang membuat timbangan digital anda eror, selisih dan tidak akurat.

1. Indikator

Mungkin bagian ini adalah masalah yang jarang terjadi karna memang saya belom pernah mengalami tidak akurat pada indikator yang rusak tetapi dalam point satu ini, eror bisa saja terjadi pada timbangan digital skala besar yakni skala ton. Karna timbangan digital memang menggunakan rangkaian elektronika, bisa saja mengalami kerusakan akibat sambaran petir, tidak ada masalahnya jika ingin melakukan pengecekan.

Catatan :

Ada baiknya jika merasa indikator bermasalah tidak ada salahnya mencoba menukar dengan indikator lain.

Nah dalam opsi perbaikan timbangan digital jika teman-teman mempunyai spare part ( penganti indikator baru ) untuk menggunakan indikator baru tidak ada salahnya dicoba, untuk mengganti indikator timbangan digital skala ton ini atau bisa menggunakan timbangan digital lainya.

2. Load cell

Nah ini bagian paling sensitif pada timbangan digital skala besar atau  timbangan skala ton, loadcell yang rusak bisa saja menyebabkan tidak akuratnya penimbangan teman-teman, timbangan skala ton biasanya memiliki 4 load cell, jika salah satu rusak maka timbangan digital tersebut otomatis tidak akan akurat angka yang terbaca pada indikator, lalu bagaimana cara kita mengetahui suatu load cell rusak dengan cara meletakan beban 1 saja pada table meja setiap kaki yang terdapat load cell :

Contohnya beban batu timbangan skala kecil misalkan 1 Kg letakan ke table (meja) satu-satu yang terdapat load cell untuk mengetehui kondisi dari salah satu load cell timbangan digital.

Lalu apa penyebab load cell timbangan skala ton ini rusak  yang menyebabkan selisih minus atau plus dari angka di indikator timbangan:

  • Umur
  • Korosi
  • Drat baut pada load cell
  • Resistansi 
Dari ke 4 penyebab timbangan skala ton rusak diatas maka teman-teman diwajibakan mengecek load cell yang sudah saya jelaskan diatas atau klik link dibawah ini.


Oke, sampai disini paham?!

Kita lanjut nomor 3.

3. Junction box timbangan digital

Nah pada point ini hampir sama dengan load cell, sangat berperan peting dalam tingkat akurasi suatu timbangan. oleh karnanya teman-teman harus mengukur kabel merah dan hitam untuk mengatur tegangan pengirim sinyal ke indikator timbangan. Berikut point penting penyebab timbangan digital tidak akurat.

  • Kurang kuatnya penguncian kabel
  • Korosi pada junction box
  • Tegangan pengirim sinyal kurang
  • Kabel patah atau putus
  • Debu

Pada beberapa point diatas lakukan pengecekan, setiap point diatas. Untuk memastikan tingkat akurasi timbangan digital bersekala ton atau bersekala besar bagus, lakukan pengecekan bertahap.

4. Monting timbangan digital

Monting juga sangat sensitif,  terhadap sensitifitas timbangan pada tingkat akurasi timbangan digital skala ton. Berdasarkan pengalaman monting yang tidak duduk pada kondisi mantap. Akan menyebabkan tingkat akurasi timbangan pada indikator beda selisih atau angka timbangan. Oleh karna itu timbangan digital harus dilakukan pengecekan pada monting atau kaki timbangan.

Berdasarkan penyebab timbangan tidak akurat :

1. Pasir pada kaki monting
2. Baut kaki monting tertindih
3. Drat baut abis
4. Bola besi korosi ( jika menggunakan bola)

Nah timbangan digital memang sangat perlu diperhatikan pada selisih angka timbangan, apalagi hal-hal yang menyangkut pada table timbangan yakni monting, load cell, kabel, junction box karna ini adalah bagian penting dari tingkat akurasi timbangan digital.

5. Kabel.

Pada penyebab timbangan digital tidak akurat menentukan angka bisa jadi dari kabel yang ada dibawah meja timbangan, karna digigit tikus. Tentunya kita tahu bahwa timbangan digital skala ton ini kabel load cell berada tepat dibawah table meja timbangan. Tentunya tikus senang bersarang maupun berdiam diri di bawah meja timbangan.

Catatan :

Perhatikan kebersihan timbangan digital.

6. Konektor indikator timbangan

Nah salah satu penyebab timbangan digital yang tidak akurat atau selisih dan angkanya berjalan. Bisa jadi konektor penyolderan kurang bagus, dan kabel satu sama lain bersentuhan.
Ini merupakan salah satu penyebab angka pada indikator berubah tidak tetap atau angka pada indikator timbangan tidak mengunci.

Oleh karna itu perhatikan penyolderan konektor timbangan dan cegah kabel konektor agar tidak bersentuhan.


7. Table meja timbangan

Nah genks table meja timbangan bisa jadi salah satu penyebab tingkat akurasi timbangan rendah, tidak rata pada meja timbangan menyebabkan load cell mengirim sinyal tumpang tindih. Hal ini berkaitan juga dengan monting yang tidak rata. Perhatikan setiap detail kedataran menggunakan waterpas.

8. Baut pengunci meja timbangan

Nah baut ini bisa jadi salah satu penyebab, timbangan yang tidak akurat dikarnakan bagian dari badan tabel tertahan oleh baut pengunci.

Catatan :

Pastikan baut table meja aman dari tindihan tabel agar tingkat akurasi timbangan akurat.


Penutup 

saya rasa cukup dan jelas genks tentang  Penyebab timbangan sekala ton yang tidak akurat atau angka selisih semoga bermanfaat, maaf kalau ada salah kata.

Saya akhiri

Terima kasih sudah berkunjung wassallammualaikum, wr wb.













Related Posts