Cara membalikan putaran kipas angin

 Assallamualikum, wr, wb.


Halo genks, hari ini saya ingin memberikan artikel perbaikan peralatan listrik dengan judul cara membalikan putaran kipas angin atau cara merubah putaran kipas angin. Berdasarkan pengalaman yang saya temui cukup mudah genk untuk membalikan putaran kipas angin ini genks, tapi sebelum masuk ke penjelasannya ada baiknya agenk main ke channel youtube ane diatas ya. my channel youtube tinggal klik saja genk.

Langsung saja tanpa banyak basa-basi lagi...


Skuys kita simak penjelasanya cara merubah putaran kipas angin atau cara membalikan putaran kipas angin, berikut penjelasanya :


Teori dasar


Mesin kipas angin


Kipas angin atau lebih dekenal dengan kipas bau badan..heheh becanda genks, kipas angin biasanya sering kita temui di rumah, pabrik, kantor dan lain sebagainya.

tentunya kipas angin pada prinsip kerjanya adalah merubah energi listrik menjadi energi gerak. Didalam kipas angin terdapat kumparan yang dimana kumparan tersebut untuk membuat medan elektromagnetik ketika diberi sumber listrik dan mengerakan rotor berputar ( penjelasan sederhananya)

Bisanya terdapat kapasitor kotak untuk membantu putaran awal agar kipas dapat bergerak.

Tapi saya ingin bertanya kenapa anda ingin merubah putaran kipas angin?

Apakah anda membongkarnya dan putarannya berubah?

Jika iya berarti kita sama genks.

Saya pernah membongkar kipas angin tetangga kipas angin, portable yang bisa diletakan dimana saja. Setelah saya bongkar putaranyapun berubah genks, apa sih penyebab putaranya berubah? Eits tunggu dulu ente harus baca sampai habis biar artikel ane bisa mantul dipencarian google.wkwkkw.


Jadi genks ada yang salah pasang pada tahap saya selesai memperbaiki, saya tidak sempat foto satu persatu. Tentunya dalam merubah putaran kipas angin agenks harus merubah posisi kumparan misalanya agenk lihat gambar dibawah ini :


Kipas angin
Cara membalikan putaran kipas angin


Nah gambar diatas merupakan bekas kumparan kipas angin yang sudah rusak tetapi dalam cara merubah putaran kipas angin atau cara membalikan putaran kipas angin. Kita hanya membalikan putaran posisi kumparan yang dimana gambar diatas kita balik kumparan depan jadi kebelakang dan belakang jadi kumparan depan.

Penyebab terbaliknya putaran kipas angin :

Tentunya adapula penyebab putaran kipas angin anda menjadi terbalik atau memang anda menginginkan putaran kipas angin putaran dibalik. 

Penyebab terbaliknya putaran kipas :

Agan-agan salah masuk posisi kumparan yang dimana awalnya kumparan kipas angin dari bawaan pabrik jarang sekali terbalik. Tanpa sadar agan yang tadinya sedang memperbaiki kipas angin salah memasang posisi kumparan, pada saat ntah agan sedang mengecek bearing kipas angin atau hal yang berkaitan dengan kerusakan kipas angin sehingga memaksa agan untuk membongkar pada bagian dalam kipas angin ini.


Sudah yah mudah kok membalik putaran kipas, ok kita tutup dulu.


Penutup

Semoga dengan adanya artikel cara membalik putaran kipas angin ini, bisa sedikit memberikan pencerahan kepada agan yang sedang bingung untuk merubah putaran kipas angin, saya rasa cukup dan jelas. Moho maaf jika ada salah kata pada tulisan dan ucapan.


Semoga bermanfaat 


Salam hangat genks.


Bye-bye...





Related Posts