Penyebab mati total pompa air shimizu & cara mengatasinya

Assallammualaikum wr. wb.

Pendahuluan

Hallo sahabat teknik maintenance workshop, dimanapun anda berada hari ini saya akan sedikit memberikan pencerahan terkait artikel baru saya kali ini yang berjudul. penyebab pompa air shimizu mati total dan cara mengatasinya, sebelumnya saya pernah membahas atau menulis artikel yang berjudul penyebab mati mendadak pompa air shimzu. Jadi tentunya artikel ini berbeda dengan aritkel saya yang saya jelaskan tadi. Ya iyalah pasti beda ya genks....

Langsung saja tanpa banyak basa-basi lagi mari kita gasken.

Teori Dasar

Penyebab mati total pompa air shimizu dan cara mengatasinya.webp
Pompa air shimizu

Nah genks tentunya mesin pompa air shimizu merupakan pompa air yang sebenarnya sangat bagus dan harganyapun tergolong lumayan mehong atau mahal. Berdasarkan harga di daerah saya tinggal belitung pompa air shimizu ini berharga  Rp 500.000. Nah sayang duit kan kalau mesin pompa airnya rusak.

Nah beberapa pengalaman yang saya lalui selama bekerja menjadi mekanik listrik, saya pernah memperbaiki mesin pompa air bermerek shimizu yang rusak dan mati total. Hal ini perlu pengecekan satu - persatu terlebih dahulu dan membongkar mesin pompa air shimizu ini genks, pompa air shimizu menggunakan motor listrik 1 phase atau mesin pompa air satu phase dan menggunakan rotor sangkar serta memiliki kumparan (stator). Prinsip kerja pada mesin pompa air menghisap air melalui pipa degan katup valve dari karet sebagai pembantu untuk mengumpulkan air kedalam pipa dan didorong oleh wayer yang terdapat di dalam motor pompa air ini genks.
Biasanya pompa air shimizu memiliki tabung penampung air yang berguna untuk memancing atau mengumpan air untuk keluar. Mohon dikoreksi jika terdapat kesalahan.

Lalu yang jadi masalah apa sih penyebab pompa air mati total?!
Dan apa sih yang akan saya lakukan dalam pengecekan pompa air shimizu ini.

Oke genks lansung saja kita masuk pada beberapa point penyebab pompa air shimizu mati total :
  1. Power atau sumber listrik
  2. Kapasitor
  3. Thermal protection
  4. Kumparan terbakar
  5. Bering
  6. Wayer macet
  7. Otomatis pompa air shimizu

Nah 7 poin di atas adalah beberapa penyebab mati totalnya mesin pompa air  shimizu dan cara mengatasi pompa air mati total ini genks lalu saya akan menjelaskan dari beberapa urutan nomor diatas  dari 1 sampai ke nomor 7.

Langsung saja skuys kita simak penjelasan  7 penyebab mati totalnya pompa air shimizu sebagai berikut :

1. Power atau sumber listrik

Salah satu penyebab pompa air shimizu mati total bisa jadi sumber listrik yang terpasang ke motor putus, hal ini sangat sering terjadi karna beberapa ganguan alam ataupun ganguan hewan (kabel power tertarik). Tidak ada salahnya melakukan pengecekan jika motor pompa air mati total. Dalam cara mengatasi pompa ait mati total adalah dengan mengecek beberapa bagian dari sumber listrik yakni kabel disteker, kabel dimotor pompa air, dan kabel di otomatis.

Sampai disini oke genks?! Kita lanjud ke no 2

2. Kapasitor

Salah satu penyebab pompa air shimizu mati total bisa jadi dari kapasitor. Kapasitor pada pompa air berperan peting dalam mati hidupnya pompa air kalau kapasitor sudah rusak otomatis mesin pompa air shimizu tidak dapat hidup oleh karnanya lakukan pengecekan secara visual dan secara pengukuran dengan menggunakan alat ukur AVO meter.

Cara mengatasi pompa air mati total cukup mudah teman-teman yakni dengan melakukan pengukuran kapasitor terlebih dahulu putar ke OHM meter atau baca disini cara cek kapasitor bagus atau rusak disini

Setelah mengetahui kondisi kapasitor jika bagus pasang lagi tapi jika rusak ganti baru saja karna harga kapasitor pompa air murah sekali Rp. 10000, untuk ukuran kapasitor pompa air biasanya 8 mikro farad.

Oke sampai disini paham?!!

Lanjud no 3

3. Thermal protection

Penyebab pompa air mati total dan cara mengatasinya.webp
Thermal protection

Salah satu penyebab pompa air tidak menyala bisa jadi dari thermal protection karna thermal pada pompa air shimizu berperan penting dalam hidup dan mati pompa air ini genks,  nah thermal protection pada pompa air jika terjadi beban lebih atau panas pada kumparan hal ini akan menyebabkan putus permanen atau putus sementara thermal dan ini akan membuat pompa air yang kita pakai mati total.

Cara mengatasi pompa air mati total pada thermal protection bisa disambung lagsung  akan tetapi ini beresiko, silakan pilih mau dipasang atau tidak, karna fungsi thermal protection menjaga kumparan agar tetap aman.

Oke sip dan fix lanjud lagi genks.

4. Kumparan terbakar

Penyebab pompa air shimizu mati total.webp
Kumparan / koil


Salah satu penyebab pompa air shimzu mati total adalah pada kumparan (koil) yang terbakar. Hal ini dipastikan penyebabnya panas atau hal lain seperti bering rusak, otomatis mesin pompa air rusak dan penyebab ini sangat sering terjadi pada pompa air genk, kita dapat melihat secara visual pada kumparan jika sudah terbakar, artinya dalam cara mengatasi pompa air shimizu mati total cukup digulung ulang. Tapi apakah gulung ulang sudah cukup baik, tergantung kawat email jenis apa yang digunakan agar motor mesin pompa air tetap bekerja dengan baik. 

Nah jika kita sudah melihat secara visual kondisi kawat pada gulungan motor pompa air bagus maka kita harus melakukan pengecekan menggunakan multitester dengan skala ohm, gunakan (hubungkan) kabel probe merah multitester ke kabel positif ( + ) power motor dan kabel probe hitam ke body motor pompa air hal ini berfungsi mengecek kumparan pada mesin pompa air shimizu apakah kondisinya bagus atau sudah rusak. perhatikan jarum pada multitester jika jarum bergerak artinya kumparan sudah rusak dan begitupun sebaliknya.

Saya anggap teman-teman sudah paham menggunakan multitester.

5. Bearing ( klaher)

Penyebab mati total pompa air shimizu bisa jadi dari bearing pada shaft rotor yang sudah tidak berputar, lekat hal ini perlu diperhatikan jika pada bearing rusak seperti korosi, pecah dan gimbal jelas ini menggangu kinerja dari pada motor itu sendiri.

Sebaiknya lakukan pengecekan pada bearing pompa air, jika sudah tidak layak pakai ada baiknya bearing diganti baru.

6. Wayer pompa air shimizu

Pada penyebab pompa air shimizu mati total bisa jadi dari wayer pompa air yang menghisap pasir dan korosi bodi pada motor pompa air shimizu biasanya korosi disebabkan air yang mengandung banyak asam hal ini bisa memicu korosi bodi pada mesin pompa air anda, sendangkan pasir disebabkan air sumur yang mulai kering atau tidak sengaja menghisap benda-beda yang memicu wayer pada pompa air macet hal ini akan menyebabkan motor pompa air shimizu anda mati total dikarnakan seperti penjelasan saya diatas.

Cara mengatasinya cukup melihat secara visual pada wayer dan memutar cooling fan pada pompa air shimizu anda.

7. Otomatis pressure switch pompa air shimizu

Penyebab mati total pompa air shimizu dan cara mengatasinya.webp
Otomatis pompa air

Tentunya kita tahu sendiri bawah pompa air shimizu memiliki otomatis dan otomatis  pressure switch  Pompa air difungsikan untuk memutus dan menghidupakan mesin pompa air anda. Artinya dari sini jika penyebab salah satu pompa air mati total bisa jadi dari otomatis yang rusak, karna otomatis pompa air terkopel langsung dari power motor ( kumparan ) bisanya kabel pressure switch pompa air pada kabel berwarna abu - abu. Lakukan pengecekan menggunakan tespen pada pressure switch pompa air atau teman-teman dapat menekan bagian saklar switch otomatis pompa air. Pada kontak switch saklar pressure pompa air sering juga mengalami keruskan, karna panas pada lapisan tembaga sering terkikis dan hangus akibat bunga api yang ditimbulkan saat otomatus pompa air hidup dan mati.

Jangan lupa lakukan pengecekan step - by step. Agar pompa anda bisa menyala kembali dari  penyebab yang ada.

Itulah 7 penyebab pompa air mati total genks.

Artikel terkait pompa air mati mendadak baca  disini

Dan berikut video tentang penyebab mati total mesin pompa air shimizu  tonton dibawah genks yaks:





Penutup

Saya rasa cukup genks, semoga dengan adanya artikel ini sedikit memberikan pencerahan mengenai  penyebab pompa air mati total dan cara mengatasi pompa air mati total ini. Oh ya genks jangan lupa main kechannel ane ya ngk ada salahnya kalian klik subcribe agar channel ini bisa bermanfaat bagi generasi sekarang dan seterusnya.

Saya akhiri genks....

Wassallamualikum, wr, wb.

Bye-bye.....

Related Posts