Penyebab pompa air shimizu mati mendadak

Assallammualaikum, wr, wb.
Pendahuluan

Haloo genks apa kabar, hari ini saya ingin membuat artikel tentang penyebab pompa air shimizu mati mendadak ( pompa air hidup sebentar kemudian mati begitu seterusnya)
Nah saya pernah memperbaiki pompa air yang mati mendadak genks, karna ada banyak sekali tutorial tentang bagaimana memperbaiki pompa air shimizu, mati mendadak? Tapi secara pasti tidak saya temukan. Memang kita harus membutuhkan pengecekan terlebih dahulu.

Nah saya ketemu masalahnya genks.

Lagsung saja kita masuk pada pembahasan teorinya genks.

Teori Dasar
Penyebab mati mendadak pompa air shimizu.webp
Pompa air shimizu

Seperti yang kita ketahui pompa air shimizu, digunakan untuk menghisap air. Ya iya lah..masak ya iya dong.  Biasanya pompa air shimizu dipasang diarea tandom air, Karna itu pompa air shimizu haruslah dipasang ditempat yang baik dan ditutupi oleh pengaman misalnya tempat teduh dan terhindar daru seranga atau semut. Semut sangat senang sekali masuk kedalam kumparan atau koil pompa air, hal ini pernah saya dapati ketika membokar pompa air terdapat semut didalam area kumparan pompa air shimizu ini genk.

Nah pompa air yang sering mati mendadak atau pompa air shimizu beberapa menit hidup kemudian mati dan ini terus terjadi ketika kita jalankan kembali.

Lalu apa penyebab matinya pompa air shimizhu ini?!!

1. Cooling fan

Cooling fan yang tidak terpasang pada pompa air menyebabkan panasnya kumparan pada motor pompa air shimizu ini genks. Karna fungsi dari cooling fan pompa air sebagai pendingin untuk motor pompa air bermerek shimizu ini lebih tepatnya sebagai pendingin kumparan pada pompa air genks.

Saran saya pasang cooling fan dengan baik dan benar untuk pendigin pompa air shimizu ini genks, agar motor pompa air dapat bekerja dengan baik ketika cooling fan pompa air shimizu beroperasi.

2. Bearing

Bearing yang tidak normal atau korosi dan pecah menyebabkan pompa air shimizu anda akan mengalami panas karna arus yang masuk ke kumparan tidak stabil atau memberatkan putaran rotor pada motor pompa air shimizu.

Ada baiknya agenks-agenk mengecek bearing bisa jadi ini salah satu penyebab pompa air shimizu mati mendadak.

3. Thermis atau thermal protection

Dibawah ini merupakan gambar dari bentuk thermis atau thermal protection, dari kata thermal kita dapat menyimpulkan bhawa thermal protection pada mesin pompa air difungsikan untuk mendeteksi panas berlebih. Hal ini lah yang sering terjadi pada mesin pompa air shimizu agenk sekalian.

Penyebab mati mendadak mesin pompa air shimizu.webp
Thermal protection

Penyebab pompa air mati mendadak adalah thermal protection inilah yang memutus arus listrik ketika motor listrik atau mesin pompa air shimizu kalian panas. Tentunya kita tahu thermal pada pompa air shimizu berkaitan erat dengan beban mesin air shimizu. Oleh karna kita harus mengecek beberapa point untuk memastika kenapa mesin pompa air shimizu kalian panas berikut penjelasan pengecekan yang harus dilakukan :


  • Cooling fan
  • Bering korosi
  • Ruangan wayer pompa air korosi
  • Per pada shaft rotor tidak normal
Beberpa point diatas adalah suatu penyebab motor pompa air shimizu cepat panas dan ini yang mengaktifkan thermal protection pada mesin pompa air bekerja alias mati mendadak, kenapa motor pompa air mati mendadak karna seperti pejelasan diatas genks. Sukur- sukur thermal masih bekerja kalau tidak? Bisa jadi kumparan akan rusak.

Nah biasanya thermal atau thermis pada motor listrik letaknya dikumparan. Lalu bagaimana cara mengatasi thermal protection pada pompa air shimizu mati mendadak berikut penjelasanya :
  •  sambung langsung ( tanpa thermal protection)
  • Pakai thermal protection
Nah pilihan yang pertama pada bagaimana cara mengatasi pompa air mati mendadak, bisa dengan tanpa penggunaan thermal protection tapi hal ini tentunya berakibat tidak baik pada kumparan mesin pompa air anda genks. Kenapa saya bilang tidak baik, karna thermis aktif ada indikasi kerusakan kumparan misalnya kumparan tersebut ada yang terputus atau ada yang sudah terbakar, jadi thermis ini akan aktif ketika panas yang dihasilakan motor listrik trsebut melebihi batas kemampuan thermis. Bisa dipahami.

Jadi dapat kita simpulkan penyebab mesin pompa air shimizu mati mendadak, adalah panas yang berlebihan dan aktifnya thermal protection yang dipasang pada motor pompa air kalian genks.

Nah ada baiknya penjelasan diatas dicermati dan dipergunakan sebaik mungkin karna jika salah penerapan maka takudnya pompa air teman-teman malah menjadi rusak parah.

Jadi bagaiman sampai disini oke?!
Paham?

Semoga saja teman-teman dapat memahami dan memperbaiki pompa air shimizu yang mati mendadak

Penutup

Saya rasa cukup dan jelas tentang penyebab mati mendadak pompa air shimizu temen-temen, semoga dengan adanya artikel ini sedikit memberikan pencerahan.

Terima kasih sudah berkunjung, oh ya jangan lupa mampir ke channel youtube ane ya.

Mohon maaf kalau-kalau ada salah kata dan tulisan.

Saya akhiri

Wassallamualaikum, wr, wb.


Related Posts