Penyebab Genset 10 kw drop ( turun tegangan)

 Assallamuallaikum,wr,wb.


Halo brother apa kabar?! hari ini saya akan sedikit memberikan pencerahan mengenai penyebab genset 1 kw  dengan daya 10000 watt (10 kva) drop atau tegangan turun hal ini pernah saya alami dengan sedikit pengalaman yang saya miliki, mungkin artikel ini sedikit memberikan pencerahan genks.

Berikut penjelasan singkatnya.

Teori Dasar

Seperti yang kita ketahui genks generator pada mesin diesel yang berdaya rendah, memiliki sikat brush. Umunya pada genset 1  phase ataupun genset 3 phase 10 kw memiliki rotor belitan dan pada komutator (bisanya komutator diganti dengan slip ring sebagai penguat medan magnet pada gesekan sikat brush ( kol ) yang dikombinasikan dengan slip ring. Genset 10 Kw yang saya temui menggunakan sistem kelistrikan 3 phase, tetap menggunakan sikat brush pada slip ring. Fungsi slip ring yakni menghubungkan tegangan induksi menuju generator. Adapun amartur main stator yang berfungsi untuk membuat induksi magnetik, pada teori singkat ini adalah dasar yang akan kita bahas mengenai judul penyebab genset 10 kw drop tegangan.

Saya cerita sedikit kemarin kita memasang motor serumi penyedot air dengan daya 2 kw. Kemudian menggunakan generator 10 kw. Alhamdullilah berhasil kita pasang walupun ada sedikit problem pada salah satu phase genset. Serumi yang kita pasang menggunakan listrik 3 phase atau tegangan 380 VAC. Tentunya kita tahu bahwa jika peralatan listrik menggunakan tegangan 380 V kita tidak boleh mengurangi angka tegangan untuk pengorasian peralatan listrik ini. Jika secara lama penggunaan peralatan listrik seperti serumi ini pada tegangan dibawah 380 V maka torsi tidak akan kuat bahkan akan menyebabkan serumi tidak bisa jalan.
Lah kok jadi bahas serumi?! Oke genk kita atasi masalah pada penyebab genset 10 kw drop pada teganganya.

Beberapa hal penyebab genset daya 10 kw teganganya drop :

1. Dioda silikon
2. Slip ring
3. Sikat brush
4. Bearing
5. Tegangan tidak seimbang

Saya rasa 4 point ini adalah hal peting dalam penyebab genset 10 kw drop yang pernah saya perbaiki, nanti penjelasanya saya akan jabar genks, dari 5 nomor penyebab genset 10 ke drop tegangan, artikel ini bisa jadi acuan untuk perbaikan peralatan yang akan kita gunakan pada genset anda.

1. Dioda


Dioda silikon genset
Dioda silikon genset

Generator 10 Kw ini biasnaya memiliki dioda 4 kaki atau dioda bridge biasanya ada juga yang menyebutnya dengan dioda silikon, fungsi dari dioda silikon ini untuk membuat arus DC ke sikat brush sebagai memperkuat medan magnet. Jika pada genset 10 kw anda drop bisa jadi dioda tidak bagus lagi dan ini perlu diganti. 

Atau bisa dicek menggunakan alat ukur multitester pada skla ohm, bisanya untuk mengecek dioda silikon kita harus mengecek setiap kaki, jika pada + dan - dioda silikon genset biasanya untuk keluaran arus DC ukur saja menggunakan tester ke skala ohm lalu tempelkan kabel tester merah ke positif dan kabel hitam ke negatif kaki dioda jika jarum bergerak artinya rusak.

Sama halnya dengan kaki dioda pada lambang arus AC berbentuk seperti gelombang.
Oke sip paham.

Next no 2.

2. Slip ring

Penyebab tegangan genset 10 kw drop atau turun.webp
Slip ring genset
(sumber : www.sparesinmotion.com)

Penyebab Pada genset 10 Kw turun tegangan bisa jadi slip ring genset yang termakan atau sudah terkikis hal ini sudah menyebabkan tumpang tindih pada sikat brush. Untuk itu perbaiki slip ring yang sudah termakan. ada kok jual slip ring, masalah harga yah murah lah, heheh.

3. sikat brush (kol)

Penyebab genset 10 Kw drop atau tegangan turun karna sikat brush yang kurang tekan pada slip ring rotor hal dan menyebabkan ketidakseimbangan sebagai penerus tegangan, oleh karna itu sangat penting memperhatikan sikat brush ( kol ) pada kedudukan antara sikat brush dan slip ring yang masih memiliki celah udara. Kemudian pastikan juga gaya tekan pada sikat brush ke slip ring benar- benar mantul ( mantap betul ).

4. Bering / klaher

Beraing adalah salah satu penyebab yang membuat tegangan drop, karna ketidakseimbangan pada bearing menyebabkan cincin atau slip ring pada genset memeiliki celah udara hal ini tentunya sangat mempengaruhi genset dalah ketidakstabilan main stator. Lalu jika kita ingin mengecek bearing perhatikan suara yang terdapat pada ujung shaft rotor, jika berisik maka dipastikan rusak pada bearing genset.

5. Tegangan tidak seimbang

Penyebab drop tegangan pada genset 10 kw yang saya temui adalah bisa jadi pada kabel atau output genset yang pada salah satu phase genset mengalami kerusakan atau putus pada kabel, jelas ini menyebabkan genset tersebut tidak stabil karna keluaran pada kabel dari ketiga phase terdapat kerusakan salah satu phase di kawat pengahantar.

Bagaimana cara mengatasinya cukup dengan mengukur kabel 3 phase yakni R dan S, S dan T, T dan R masing-masing phase terukur 380 V AC karna genset yang kita gunakan 3 phase.

Saran :

Jika kita menggunakan genset 3 phase ada baiknya kita membeli stabilizer atau stavolt yang 3 phase untuk keseimbangan tegangan hal inj juga untuk memperpanjang usia genset yang secara tidak langsung genset anda akan awet karna penggunaan beban tidak langsung ke generator, sehingga genset anda akan ringan.

Adapun tegangan pada genset 10 kw harus memperhatikan volt amper  Pada penggunaan tegangan yang akan kita pakai jika kita menggunakan 3 phase harus menggunakan tegangan 380 V. Lalu satu phase nya gimana bang, satu phase cukup 2 kabel yang digunakan dari ketiga phase ambil satu saja pahse dan kemudian gunakan kabel netral. Seperti yang kita ketahui 1 phase sama dengan 1 phase dan Nol atau netral.

Penutup

Oke saya rasa cukup penjelasan tentang penyebab genset 10 kw drop  atau tegangan turun, semoga sedikit mendapatkan pencerahan. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan maupun perkataan begitupun pejabaran penjelasan diatas, silakan dikoreksi jika terdapat kesalahaan, saya hanya pemula yang ingin memberikan sedikit pengelaman.

Terima kasih sudah berkunjung

Salam hangat.

Saya akhiri

Wassallamulaikum, wr, wb.







Related Posts