Cara merubah motor 3 phase menjadi motor 1 phase

Assallammuallaikum, wr, wb


Pendahuluan

Selamat pagi, apa kabar genks?! Semoga kalian dalam keadaan sehat selalu, hari ini saya ingin menjelaskan mengenai cara merubah motor 3 phase menjadi 1 phase. Mungkin artikel ini sedikit memberikan pencerahan mengenai cara membuat motor 3 phase menjadi 1 phase untuk listrik rumah teman-teman. Motor listrik 3 phase disebut juga motor listrik 380 V dan motor listrik 1 phase disebut juga dengan motor listrik 220 V atau motor 1 phase (fase)

Simak dan baca sampai habis, agar tidak gagal paham.

Teori dasar 

Motor 3 phase memiliki kode pembacaan untuk konek ke power dan memiliki 3 koil setiap koil pada termibal motor bertuliskan  U1, V1 dan W1 ini biasanaya dianotasikan dengan awal kawat email kemudian ujung kawat email bertulisakan U2, V2 dan V3. Sebagai mana tiap-tiap kumparan ditandai huruf diatas seperti yang saya jelaskan. Motor 3 phase (dinamo 3 phase) biasanya digunakan pada listrik industri pada pabrik peleburan misalnya. Karna memang motor ini memiliki torsi yang kuat jika menggunakan listrik 3 phase (380 V).


Cara merubah motor 3 phase menjadi 1 phase.png
Cara merubah motor 3 phase menjadi 1 phase


Gambar diatas merupakan motor 3 phase, awas teman-harus paham mengenai motor satu phase dan 3 phase atau baca disini perbedaan motor 1 phase dan 3 phase.

Nah sudah dikunjungi artikel diatas?! Kalau sudah artikel diatas adalah contoh sederhana dari apa itu motor 3 phase dan motor 1 phase. Memang artikel ini saya buat agar teman-tekan tidak salah memilih motor listrik 3 phase dan motor listrik 1 phase. Karna saya perhatikan ada beberapa orang atau agan-agan yang salah  dalam membeli motor, maunya motor 1 phase tapi tidak tau apa saja patokan dalam memilih motor listrik 1 phase dan 3 phase. Alhasil sudah mendapatkan motor teryata motor 3 phase, jelas motor 3 phase tidak bisa digunakan untuk listrik rumah tinggal.
Karna memang motor 3 phase digunakan untuk motor listrik industri 380 V sedangkan listrik rumah 220V.

Jadi motor tersebut tidak bisa dipakai atau harus merogoh kocek lagi untuk merubah motor 3 phase ke 1 phase karna memang solusi ini yang paling baik dan betul tapi memang agak mahal.

Begitupun dengan pemilihan motor listrik 1 phase anda harus memperhatikan daya listrik rumah agan-agan sendiri karna daya listrik ini sangat berperan penting jika kita ingin menggunakan motor 1 phase dengan kekuatan yang kita inginkan.

Kemarin channel yotube saya ada pertanyaan tentang bisa tidak mesin pompa air 1 phase digunakan untuk buka pintu pagar secara otomatis?

Saya tanya kembali berapa berat pagar sama listrik rumah agan? 

Dia menjawab berat pagar sekitar 750 kg dan listrik rumah seingat saya cuma 4 Amper. Jelas tidak bisa digunakan karna memang berat beban beserta kemampuan motor tidak seuai.

Bukan berarti motor 3 phase bisa digunakan. Karna memang harus melihat kekuatan dari motor 3 phase ini sendiri, jika ingin merubah motor 3 phase ke satu phase.

Kita masuk lagi kejudul atau topik dalam merubah motor 3 phase ke 1 phase teman-teman harus menyiapkan kapasitor ini karna kapasitor berfungsi untuk  Star awal motor 1 phase atau motor induksi 3 phase.

Kemudian pemilihan kapasitor pun harus sesuai motor listrik ini agar koul dan kekuatan pada motor berfungsi normal.

Saya punya video untuk cara merubah 3 Phase menjadi 1 phase berikut link dibawah ini atau langsung ditonton :



Silakan tonton sampai habis pemahaman dalam merubah motor 3 phase ke satu phase. Semoga bermanfaat oh ya jangan lupa subscribe, like, coment dan share agar video bisa ditonton banyak orang, generasi penerus harus paham.


Penutup

Semoga artikel dan video ini bisa bermanfaat dalam memahami cara merubah motor  3 phase menjadi 1 phase.


Saya akhiri

Wassallamualaikum, wr, wb.

Bye-bye.....





Related Posts