Cara merakit direct online starter ( dol) menggunakan saklar toggel

Assalammuallaikum, wr, wb.

Pendahuluan

Halo bosku, apa kabarrrrrr kalian?! semoga dalam keadaan baik-baik saja yaks. Semoga hari-hari kalian menyenangkan. Hari ini saya akan membahas mengenai direct online atau dol atau cara merakit rangkaian kontrol direct online (dol) starter menggunakan saklar toggel.

Apa sih bedanya sama push button?  Ya namanya direct online (dol) ya ngk ada beda cuma rangkaian ini menggunakan saklar toggel 2 kaki genks.

Perakitnyapun berbeda genks, oleh karna itu artikel ini saya buat atau saya bikin. Karna memang nantinya agan-agan atau teman-teman, akan memerlukan rangkaian ini.

Kita masuk pada pebahasanya genks...

Teori Dasar

Direct online starter atau rangkaian kontrol dol menggunakan saklat toggel memang sedikit berbeda dari direct online tombol push button.

Bedanya apa bang?

Bedanya yakni sebagai berikut :

1. Menggunakan saklar toggel 2 kaki.
2. Beda perakitan
3. Hemat kabel
4. Lebih murah
5. Ruang panel tidak ramai

Apakah teman-teman ada yang ingin menambahkan?

Umumnya  rangkaian kontril direct online atau rangkaian kontrol dol pakai saklar toggel bisa saja digunakan untuk kontrol motor 1 phase dan 3 phase karna memang rangkaian direct online starter atau rangkaian kontrol dol, difungsikan sebagai pengaman motor listrik putaran searah.

Apa saja bahan yang diperlukan dalam merakit direct online menggunakan saklar toggel?!

1. Kontaktor
2. Tor (thermal overload relay)
3. Saklar toggel 2 kaki
4. Kabel...heheh

Nah ini adalah alat dasarnyanya genks.
Kemudian direct online menggunakan saklat tooggel ini ragkaian dayanya sama dengan direct online pushbutton genks. Tidak ada perbedan rangkaian dayanya.

Semua sama.

Teman-teman bisa kunjungi artikel saya tentang direct online pushbuttton disini :



Apakah teman-teman kenal dengan saklar toggel dan cara merakit rangkaian dol menggunakan saklar toggel kalau belum bisa tonton videonya disini genks :




Nah penjelasan diatas mungkin sedikit memberikan pencerahan yakni bagaimana cara merakit rangkaian kontrol direct online starter (dol) menggunakan saklar toggel.

Semoga dengan adanya video diatas bisa menjawab apa yang anda alami.

Penutup

Saya rasa cukup  penjelasan diatas, semoga bermanfaat. Oh yah, jangan lupa suport dan dukung channel kita agar bisa memberikan manfaat untuk generasi sekarang dan yang akan datang. Like, subscribe dan koment adalah support yang kami perlukan.

Saya rasa cukup wassallamualaikum, wr. Wb.

Bye-bye genks






Related Posts