Wiring diagram direct online starter

Assallamualikum.wr.wb

1. Pendahuluan

Hallo apa kabar  temen-temen mohon maaf beberapa hari ini tidak post artikel mengenai kelistrikan, untuk itu kali ini saya akan membahas tentang wiring diagram direct online starter, Atau penjelasan mengenai bagaimana cara merakit rangkaian kontrol direct online starter. mari kita simak beberapa ulasan dibawah ini tanpa banyak basa-basi.

2. Dasar Teori

Saya jelaskan kan dulu apa itu wiring diagram? 

Wiring diagram adalah suatu gambar atau skema gambar berupa komponen peralatan kelistrikan tentang tata cara pemasangan awal dan pemasangan  akhir dimana memudahkan seorang instalatir merakit komponen brupa kabel sampai ke pemasangan peralatan  utama seperti kontaktor,  timer delay relay dan lain sebagainya. 

Kita lanjutkan ke pembahasan pokok. 

Pada umumnya rangkaian direct online starter adalah suatu rangkaian yang pada dasarnya untuk menjalankan atau pengontrolan motor listrik 3 phasa dan 1 phase dengan putaran yang searah. Direct online pada pengaplikasianya menggunakan motor 1 phase contohnya pada motor listrik induksi blower angin. Lalu 3 phase pengaplikasianya degan motor burner olympia lt 61 w.

Rangkaian kontrol direct online seperti yang kita ketahui bisa juga digunakan untuk rangkaian direct online untuk motor 1 phase, biasanya rangkaian dol ini menggunakan 1 kontaktor.

Banyak sekali contoh pengaplikasian menggunakan rangkaian direct online ini. Teman-teman bisa melihat wiring diagram starter atau rangkaian kontrol motor putaran searah. Berikut contoh cara merakit rangkian kontrol untuk putaran searah. Seperti wiring diagram dibawah ini :


wiring diagram direct online starter

Wiring diagram direct online starter.webp
 Wiring diagram Direct online starter

Pada gambar diatas adalah contoh wiring diagram kontrol direct online motor starter atau skema diagram pemasangan rangkaian direct online starter.
Karena biasanya rangkaian kontrol pada untuk motor listrik 3 phase adalah rangkaian yang menggunakan arus listrik tegangan 220VAC ( rangkaian kontrol saja)  sedangkan kontak utama pada kontaktor untuk ke motor 3 phase. 

Oleh karna itu penerapan rangkaian kontrol listrik pada gambar wiring diagram diatas adalah sebagai acuan, taman-teman untuk merakit rangkaian kontrol direct online atau putaran searah Motor listrik 3 phase.

Penjelasan gambar diatas tentang wiring diagram direct online starter :

Persiapan dan peralatan Atau kompenen rangkaian kontrol dol (direct online)

Alat dan bahan dalam membuat rangkaian kontrol direct online starter atau biasanya disebut juga dengan rangkaian kontrol dol .

  1. Mcb 1 phase
  2. Thermal overload relay
  3. Lampu indikator (merah, kuning, hijau)
  4. Kabel penyambungan ke komponen peralatan kontrol
  5. Kontaktor
  6. Tombol pushbutton 2 buah
  7. Power

Diatas adalah suatu peralatan komponen untuk membuat rangkaian kontrol direct online starter.

Saya anggap teman-teman bisa membaca wiring diagram.

Atau bisa melihat video youtube saya pada link ini  cara merakit beserta penjelasan dan pemahaman rangkaian kontrol ini:

Kemudian untuk rangkaian daya pada motor listrik 3 phase seperti gambar dibawah ini :


Baca juga :

Saya anggap temen-temen sudah paham pada penjelasan diatas . Next lanjud.

3.2 rangkaian daya wiring diagram direct online

Wiring diagram daya direct online starter

Pada penjelasan diatas adalah contoh  rangkaian daya untuk motor 3 phase. nah teman-teman bisa melihat rangkaian daya diatas untuk merakit ke kabel ke motor induksi, saya anggap teman-teman paham akan cara baca wiring.

Catatan 
1. Diagram diatas adalah contoh pengaplikasian untuk pompa, motor blower, motor listrik, screw dan lain sebagainya.

Tonton juga video saya agar teman-teman bisa dengan mudah merakit rangkaian control motor 3 phase direct online :




Saran saya tonton sampai habis agar  Teman-teman bisa memahami rangkaian kontrol direct online starter ini, teman-teman bisa merakit rangkaian kontrol yang lain karna pada dasarnya direct online starter adalah rangkaian yang bisa dijadikan ajuan untuk belajar merakit rangkaian lainya.

Semoga teman-teman bisa menggunakan skema wiring diagram diatas dan membaca wiring diagram direct online starter atau rangkaian kontrol dol.

Saya ucapakan terima kasih telah berkunjung.
Wassallam.
Bye-bye.

Related Posts