Cara membaca wiring diagram star-delta

Assalamuallaikum, wr, wb.

Genks...sahabat perbaikan peralatan listrik. Perlukah kita belajar cara membaca wiring Star delta?! Sangat diperlukan. Kenapa demikian?! karna dalam belajar cara membaca wiring diagram star delta kontrol hal ini berkaitan erat dengan pekerjaan yang ada tekuni terkhusus untuk tukang listrik.

Pada artikel saya kali ini saya akan memberikan pencerahan bagaimana cara membaca simbol-simbol yang ada pada wiring diagram star delta atau teori star delta. guna teman-teman dapat mandiri dan tidak lagi membutuhkan suatu wiring  diagram . saat teman-teman sudah paham bagaimana cara baca wiring diagram star delta untuk pemula dan cara memahami simbol yang ada pada rangkaian start delta ini.

Karna judul artikel ini Membaca wiring diaram star delta jadi saya fokuskan untuk membaca wiring diagram star-delta saja untuk prinsip kerja saya tidak akan membahasanya lagi, karna sudah saya jabarkan pada artikel sebelumnya tentang wiring diagram star-delta atau teman-teman dapat mengunjungi disini:

Link dibawah ini :



Oke genks mari kita selesaikan teori cara membaca wiring star delta.

Teori penunjang

Cara membaca Wiring diagram star-delta.webp
Cara membaca wiring diagram star-delta 

Dalam cara baca wiring diagram star delta, tentunya kita harus paham terlebih dahulu setiap komponen yang ada. Gambar diatas adalah contoh pemasangan komponen yang akan kita jadikan acuan sebagai gambar rangkaian kontrol listrik untuk pengendali motor 3 phase. Bisa untuk motor 1 phase? Jelas tidak bisa. Saya coba terangkan sedikit. Karena wiring  star delta diatas adalah terkhusus untuk motor 3 phase. Karna pada dasarnya motor ini dikendalikan secara otomatis dengan kata lain motor  3 phase ini memiliki kapasitas  daya yang besar untuk menjalankannya pun.

kita butuh start awal dan start awal ini untuk mendongkrak putaran pertama yang begitu memakan arus yang cukup besar. lihat saja trafo pengukuran arus yang ada pada indikator  digital panel star delta dan coba anda jalankan dengan menekan tombol push button hijau. Saat di start awal maka akan tampak arus terbaca, pada start awal setelah mendapatkan putaran normal berdasarkan timer delay relay yang telah disetting berdasarkan waktu setting. Maka motor akan berjalan normal dengan perpindahan dari hubungan star kemudian masuk ke delta.

Timer delay relay dan thermal over load relay berbeda ya teman-teman. Garis bawahi.

Penjelasan diatas adalah contoh sederhananya. Agar teman-teman enak memahami.

Sampai disini jelas?!!

Sekarang kita masuk pada judul artikel.
Artikel ini saya buat agar teman-teman dapat belajar cara memahami wiring diagram kontrol star-delta untuk membuat dan merakit berdasarkan melihat skema wiring diagram diatas.

Jadi begini...

Cara baca wiring diagram atau membaca wiring diagram star-delta, saya akan crop gambar agar teman-teman enak memahaminya.

Catatan gambar diatas adalah patokan untuk membaca wiring star-delta


  1. Power rangkaian 
Cara membaca wiring diiagram star-delta.webp
Power rangkaian star-delta

Pada Cara membaca wiring diagram pada gambar diatas power rangkaian star delta, Nah gambar ini mungkin yang sudah paham memang mudah, saya coba terangkan agar mendapatkan pencerahan terkhusus yang belum paham. Nah jadi gambar diatas adalah suatu power rangkaian kontrol untuk menggerakan kontaktor yakni tegangan listrik 1 phase atau 220 VAC dan terdapat dua buah kabel yaitu P artinya phase (sumber api) dan N artinya netral (nol) biru. Biasanya kabel phase akan terhubung ke semua kontak bantu kontaktor dan sumber koil kontaktor ( koil A1 dan A2 tidak mengapa terbalik) ambil enaknya aja dalam merangkai rangkaian kontrol start delta ini.

Lalu pada kabel N atau  netral biasanya akan terhubung ke koil A2 karna acuannya gambar diatas  maka dipastikan netral masuk ke A2.


2. Mcb, over load, dan tombol stop


Pada gambar diatas kita masuk pada cara membaca  wiring diagram start delta pada MCB, biasanya MCB pada rangkaian kontrol start delta adalah pemutus arus listrik ketika terjadi beban lebih, shor circuit dan lain sebagainya. Phasa datang masuk ke terminal mcb (atas) dari sumber  dan phase out dari mcb ke over load relay. Keluaran dari mcb masuk ke  thermal over load relay yakni kontak NC over load relay 95 dan 96 NC Thermal over load relay, dari 96 masuk ke tombol stop NC.

Catatan :

Dalam cara membaca wiring diagram star-delta tombol push button stop ( merah) terdapat 4 kaki terminal. Carilah tulisan yang bertuliskan NC. Biasanya pada  2 buah terminal bagian atas tombol push button stop.

Untuk MCB karena suatu rangkaian kontrol butuh sumber power. Maka phasa in dari sumber yang sudah disiapkan dan keluaran phasa dari MCB ke thermal over load relay yaitu NC 95 dan 96.

Stop sama dengan pemutus rangkaian kontrol

3. Kontaktor 1 dan timer delay relay


Pada gambar diatas maka kita masuk pada cara membaca wiring diagram star-delta pada  komponen kontaktor 1 dan timer delay relay, berdasarkan simbol komponen. Bisa teman-teman lihat diatas. K1 no holding biasanya sebagai pengunci atau main kontaktor.

Lalu pada penjelasan sebelumnya yaitu nomor 2 tombol stop. Masuk ke tombol start ( NO ) disini terdapat 2 buah kabel phasa (phasa datang dari stop) dan phasa menuju kontak bantu NO holding pengunci kontaktor 1.

Kemudian pada terminal kaki push button yang satunya adalah jembatan penghubung arus listrik ke kontak NO (phasa perantara) menuju kontak NO kontaktor. Phasa masuk lagi ke Timer delay relay 2 dan 7 power TDR (timer delay relay) silakan bikin phasa Nomor 2 atau 7 bebas kemudian dijumper untuk menjalankan kontak relay yang akan kita gunakan.

Bagaimana bosku pusing?!
Pusing artinya anda mikir, hehehe.


3. Timer NC, K2 NC, K3 star


Gambar diatas terdapat beberapa simbol (T NC, K3 NC, K3 star), yang artinya  pada wiring diagram star-delta adalah sebagai berikut :

TNC = timer NC pada kontak relay timer saklar tertutup.

K2NC = kontak bantu NC pada kontaktor yakni dengan simbol 21 dan 22 kontak bantu.

K3 star = adalah kontaktor nomor 3 yakni star.

Catatan :

Kabel dari timer NC masuk ke kontak bantu kontaktor 21 ini biasanya masuk  Lagi phase ke kontaktor 2 NC (out) ke sumber untuk menggerakkan koil kontaktor A1. Karena sumber koil kontaktor bawah adalah 2 berdasarkan poin penjelasan diatas.

4. K3 NO, K1 NO, K1 main. Pada wiring diagram start delta



Dari penjelasan gambar diatas maka kita masuk dan pembacaan rangkaian wiring star-delta. Gambar diatas menunjukan sebagai berikut :

K3 NO, = kontaktor 3 kontak bantu NO
K1 NO, = K1 kontaktor 1 kontak bantu NO
K1 main = kontaktor K1 Sumber phasa A1 dan netral A2.

Catatan : kontaktor 2 dan kontaktor 3 dioperasikan oleh timer delay relay dengan settingan waktu yang ditentukan beberapa detik. Pada timer delay relay terdapat mode yang disetting ke mode A.


5. Lampu indikator panel start delta


Berdasarkan gambar diatas maka kita masuk pada cara membaca wiring diagram star-delta pada lampu indikator berdasarkan gambar diatas menunjukan.

Jadi pada saat distart maka lampu pada kontaktor digambar ON ( artinya rangkaian bekerja). Api melewati jalur K2 ( kontaktor 2) NO, kontak bantu. sumber phasa dari mcb. Netral jumper dari kontaktor A2.

Off lampu indikator biasanya lampu off adalah saat rangkaian kontrol tidak bekerja atau motor listrik 3 phase dalam keadaan OFF. Lampu OFF akan menyala apabila kita menghubungi rangkaian kontrol pada kontaktor K1 di kontak bantu NC. karna NC adalah kontak otomatis ketika  kontaktor bekerja Maka NC berubah menjadi NO dan sebaliknya. ketika koil kontaktor tidak bekerja atau OFF Pada kontaktor 1 maka Lampu merah OFF akan menyala.

Next lampu trip

Lampu trip biasanya mengambil phasa pada kontak bantu thermal over load relay yaitu 97 dan 98 ketika motor terjadi beban lebih maka pada kontak 97 dan 98 akan memutuskan rangkaian kontrol dan membuat lampu indikator berwarna kuning menyala atau hidup, karna hal ini dipengaruhi oleh karakteristik dari thermal over load relay, pada kontak bantu NO yang berubah saat terjadi beban lebih, maka NO pada thermal over load relay menjadi NC dan NC  (95 dan 96) menjadi NO...(jika terjadi beban lebih atau arus lebih)

Adapun bahan dalam pembuatan rangkaian kontrol strat delta ini

Bahan dan alat merangkai start-delta

  1. 3 buah kontaktor
  2. 1 thermal overload relay
  3. 1 buah TDR (time delay relay)
  4. Mcb 1 phase (amper cukup 10)
  5. Mcb 3 phase
  6. Lampu indikator panel (merah, kuning, hijau)
  7. 3 buah tombol push button (merah, hijau)

Berikut gambar start-delta yang sudah jadi genk :

Cara baca wiring diagram star-delta.webp
Rangkaian star-delta

Sori jika terdapat kesalahan penulisan saran dan kritik teman-teman yang baik dapat memotivasi saya dalam penulisan ini, jangan sungkan untuk berkomentar kita saling berbagi tukar pikiran.

Oh iya tonton juga video kami disini cara merakit dan memahami dengan cepat rangkaian kontrol star delta :



Jangan lupa yah like dan subscribenya demi kelanjutan hidup channel ini..makasih teman-teman semua.

Penutup

Saya rasa cukup dan jelas tetang bagaiamana cara membaca wiring diagram star-delta. 

Semoga bermanfaat dan membantu teman-teman.

Sampai jumpa the next artikel.



Related Posts