Cara memperbaiki cctv yang tidak tampil di monitor pemantauan

Assalamuallaikum, wr, wb.

Pendahuluan

Halo...selamat pagi para pencari rupiah, semoga kita dalam keadaan sehat selalu, dimurahkan rezekinya. Hari ini saya akan berbagi pengalaman tentang cara memperbaiki cctv yang tidak tampil dialayar monitor. Untuk ini saya menulis artikel tentang judul diatas. Karna saya mengalami hal sama seperti judul diatas dan pernah memperbaiki cctv yang tidak tampil dimonitor tv atau display. Simak dan baca sampai habis.

Teori penunjang

Seperti yang kita ketahui cctv merupakan bagian pemantau jarak jauh atau video berupa rekaman yang bisa ditonton ulang, bisa juga siaran langsung untuk melihat kejadian-kejadian yang diangap penting baik dari segi pemantauan untuk karyawan, atau kejadian yang tidak dikehendaki.

Umumnya cctv dipasang diarea yang diangap penting untuk di pantau. bagi suatu perusahaan, karna cctv bisa memantau gerak-gerik seorang karyawan atau memantau wajah seseorang yang hendak melakukan tindak kriminal seperti mengambil barang untuk memperkaya diri, dengan tidak meberitahukan kepada siapapun (alias maling). Untuk itulah cctv dipasang sedemikian teroganisir.

Tapi adapun kendala dan beberapa penyebab dari cctv yang kita pasang seperti cctv yang rusak dan tidak tampil dilayar monitor pemantauan. Oleh karnanya saya ingin memberikan beberapa tips untuk mengatasi cctv yang eror dan cara memperbaiki cctv yang tidak tampil dilayar monitor.

Contoh keruskan-kerusakan yang saya alami berdasarkan pengalaman yang saya lakukan untuk memperbaiki cctv yang tidak bisa tampil dilayar monitor sebagai berikut.

Penyebab cctv tidak tampil dilayar monitor :

  1. Cctv rusak
  2. Terminal port cctv
  3. Socket (konektor  rj 45) kabel keport cctv
  4. Adaptor cctv
  5. Kabel cctv putus
  6. Socket (konektor rj 45) cctv 
  7. Adaptor port terminal cctv

Berdasarkan 7 point diatas. contoh masalah dan penyebab cctv yang tidak tampil dilayar monitor pantauan, untuk itu saya akan jabar dan memberikan penjelasan guna cctv yang tidak tampil dilayar monitor akan segera teratasi, insha alloh.

1. Cctv rusak

Pada kerusakan cctv yang rusak pada point pertama ini yang sering saya alami. Biasanya cctv yang rusak adalah akibat sambaran petir dan  mengakibatkan korsleting dan arus lebih. Umunya cctv rentan terhadap gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan petir. Untuk itu dalam mengatasi cctv yang tidak tampil dilayar monitor atau cara memperbaiki permasalahan ini dan yakni dengan cara menganti baru cctv, atau menekan tombol bagian bawah pada cctv seperti gambar dibawah ini :

Cara mengatasi cctv tidak tampil dilayar monitor.webp
Cctv rusak 
Bagian gambar diatas adalah tombol reset dengan membuka skrup yang ada maka anda akan melihat tombol reset ini fungsinya mengubah no ip dengan yang baru, salah satu cara ini kemungkinan berhasil 50/50, tidak salahnya untuk dicoba jika tidak berhasil ganti baru adalah opsi yang terbaik, atau servis. tapi  dalam hal servis apakah akan panjang usia pemakaian cctv tersebut.
Semoga saja panjang ya.
Apantu yang panjang..umur cctvnya vamvang.

Catatan

Pililah opsi yang menurut ada baik agar cctv anda bisa diperbaiki dan tampil dilayar monitor.


2. Terminal port cctv (desktop switch)

Pada  point bagian ini jika cctv anda tidak tampil dilayar monitor atau yang terbagi mejadi beberapa bagian dan salah satunya rekaman tidak tampil atau gambar berwarna hitam bisa jadi penyebabnya adalah port terminal cctv ini karna salah satu port  cctv mengalami kerusakan. Lihat contoh gambar dibawah ini adalah contoh maksud port cctv atau desktop switch untuk cctv :

Cara memperbaiki cctv yang tidak tampil di monitor pemantauan
Desktop switch cctv 8 port / 8 lobang

Pada gambar diatas adalah contoh port cctv yang sering mengalami keruskan sehingga gambar cctv tidak muncul dilayar pantauan monitoring. Saya jelaskan port ini sebentar yah..jadi port ini difungsikan untuk menghubungkan tiap-tiap kamera cctv ke terminal. Port terminal cctv ini mempunyai  8 socket lobang untuk mengirim dan menangkap gambar hasil dari kamera cctv, port cctv ini terdiri dari 8 buah lampu led. Biasanya jika lampu led berkedip cepat menandakan kondisi cctv sedang menangkap gambar dan mengirim sinyal artinya kondisi ini cctv bagus, alias tidak rusak.

Bisa juga dibilang port terminal ini semacam wirelles. Desktop switch cctv ini  dioprasikan  dengan arus listrik DC mengunakan adaptor 12VDC.

Kemudian Jika salah satu lampu port tidak menyala ada 2 penyebab yaitu kabel socket (konektor rj 45) ke port terminal dan lobang socket atau terminal port desktop switch tersebut, jadi perbaikaanya sekitar area switch desktop saja.

Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut :

1. Potong socket kabel ( ganti socket yang baru dengan penyolderan  kabel atau hubung pelintir) bisa juga dengan menganti kabel keseluruhan dengan langsung ada socketnya.

2. Terminal port 8 port atau 8 lobang desktop switch dan 8 lampu led seperti yang saya jelasakan diatas, biasanya dengan menukar socket kabel ke lobang lain (switch desktop) cara ini tergolong ampuh.

Saran saya lakukan penukaran antar lobang socket port dengan catatan jika lampu menyala berkedip cepat artinya cctv sudah diperbaiki dan jika berkedip lambat artinya port switch ini bisa teman-teman ganti Karna sudah rusak.

Aman yah...?

Next kita lanjud ke poin 3 penyebab cctv tidak tampil dimonitor.

3. socket kabel cctv

Bagian ini hampir sama dengan point 2 dua. Kabel socket cctv dari kamera ke port desktop switch ini yang sering mengalami rusak penyebabnya kawat  Listrik (kabel) pada port patah, cara mengatasi dan memperbaiki cctv yang tidak tampil di monitor teman-teman bisa melihat point no 2.

4. Adaptor cctv

Teman2 pasti sudah tidak asing dengan adaptor. Nah pada adaptor cctv sering sekali mengalami kerusakan dikarnakan arus pendek atau kompenen diadaptor rusak sehingga menyebabkan cctv tidak tampik dimonitor pantauan atay pengawasan.

Cara mengatasinya :

Cara mengatasi dan memperbaiki cctv yang rusak atau mati pada monitor teman-teman dengan menganti adaptor atau ke jasa servis elektronik.

Atau menggunakan pengecas/charger handpone.

Dengan catatan

Lihat name plate adaptor yang rusak nilai tegangan yang digunakan dan skala amper. Jika sama silakan gunakan carger hape. Kabelnya tidak sama bang?!! Kabel bisa pasang dan gunakan merah dan hitam. Ambil bagian colokan adaptor lalu gantikan usb charger hp,  mengunakan colokan adaptor.



Ada pertanyaan silakan tulis dikolom komentar.

5. Kabel cctv putus

Pada point no 5 ini adalah penyebab tidak tampilnya gambar di monitor pantauan (blank warna hitam).
Teman-teman dapat melakukan pengecekan setiap jalur kabel dari bagian port box terminal jalur cctv.

Langkah pengecekan dilakukan untuk melihat dimana kabel tersebut yang putus.

Cara mengatasi :

Dengan melakukan penyambungan kabel yang putus atau m mengecek setiap jalur kabel kamera cctv ke port desktop switch.

Kita lanjut no 6 gas!!!

6. Socket cctv

Umumnya cctv memiliki socket untuk mengirim gambar ke DVR. Biasanya socket cctv ini sering rusak karna debu atau longarnya socket atau malahan patah pada bagian lock (pengunci socket cctv) seperti gambar dibawah ini saya akan jabarkan :




Pada gambar diatas adalah bentuk socket terdapat lingkaran merah, lihat gambat diatas. Pada langkah perbaikanya dan cara mengtasi cctv yang mati bisa jadi rusaknya socket dan adaptor cctv pada adapotr, ada 2 bagian socket yaitu :

1. Socket ke desktop switch
2. Socket colokan adaptor

Kedua penjelasan diatas adalah socket yang terdapat dikamera gambar diatas.

Cara mengatasinya :

Cukup cabut dan bersihkan bagian socket kamera cctv, jika masih tidak bagus pilih opsi penjelasan no 1 yakni reset, servis dan ganti baru.


7. Adaptor port terminal desktop switch cctv

Kita tahu untuk menjalankan port terminal cctv membutuhkan power dari adaptor, Cara mengatasinya cukup ukur keluaran tegangan adaptor agar dapat mengetahui kondisi adaptor dengan menggunakan multitester jika bagus pasang lagi jika rusak ganti atau servis.

Penutup

Saya rasa cukup dan jelas bagaimana cara mengatasi cctv yang tidak tampil dilayar monitor atau yang tidak tampil dilayar pantauan.

Mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan dan kata - kata saya yang kurang berkenan dihati teman-teman.
Karna dalam penulisan ini saya menggunakan handpone. Jika terdapat ketikan typo mohon maaf.

Semoga bermanfaat.


Jangan lupa untuk selalu bersyukur, tapi jagan pernah puas apa yang diraih. Buju buneng...gayaks loh bah.

Oh ya jangan lupa untuk main-kechannel youtube ane gan yaks.
Suport anda sangat saya butuhkan.
Subribe, like dan share adalah suport yang paling terbaik brother.

Salam hangat







Related Posts